|
KISI-KISI SOAL SAS GANJIL PAI |
||||||||
|
KELAS V
MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
||||||||
|
TAHUN PELAJARAN 2025 - 2026 |
||||||||
|
FASE/KELAS |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TP |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
|
C / V |
Al - Qur'an Hadis |
Memahami beberapa surah pendek dan Ayat Al-Qur'an serta hadis keagamaan. |
Murid dapatmengidentifikasi bacaan surah Al-Ma'un dengan baik dan benar setelah menyimak contoh pelafalan dari guru |
Surah Al-Ma'un |
Peserta didik dapat mengidentifikasi bacaan surah Al-Ma'un dengan baik dan benar setelah menyimak contoh pelafalan dari guru |
C1 |
PG |
1,2 |
|
Murid dapat menjelaskan makna pokok dan Kandungan surah Al-Ma'un serta hubungannya dengan hadis tentang anak yatim setelah berdiskusi kelompok |
Makna surah Al-Ma'un |
Peserta didik dapat menyebutkan makna pokok dan Kandungan surah Al-Ma'un serta hubungannya dengan hadis tentang anak yatim setelah berdiskusi kelompok |
C1 |
PG |
3,4 |
|||
|
ISIAN |
1 |
|||||||
|
Murid dapat menjelaskan hukum bacaan tajwid (ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, izhar syafawi) dala membaca Q.S. Al-Ma'un dengan benar. |
hukum bacaan tajwid dalam membaca surah Al-Ma'un |
Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan tajwid (ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, izhar syafawi) dala membaca Q.S. Al-Ma'un dengan benar. |
C2 |
PG |
5,6 |
|||
|
Murid dapat menganalisis relevansi surah Al-Ma'un dan hadis tentang anak yatim dengan perilaku empati dan peduli terhadap sesama di lingkungan sekitar, ditunjukkan dengan membuat studi khusus sederhana. |
Makna surah Al-Ma'un |
peserta didik dapat mencontohkan makna surah Al-Ma'un dan hadis tentang anak yatim dengan perilaku empati dan peduli terhadap sesama di lingkungan sekitar, ditunjukkan dengan membuat studi khusus sederhana. |
C1 |
PG |
7,8 |
|||
|
ISIAN |
2 |
|||||||
|
Akidah |
Memahami beberapa asmaulhusna, iman kepada hari akhir, qada' dan qadar. |
Murid dapat menyebutkan makna dari asmaulhusna Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Ba'its setelah menyimak penjelasan guru. |
Menyebutkan Makna Asmaulhusna |
Peserta didik dapat menyebutkan makna dari asmaulhusna Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Ba'its setelah menyimak penjelasan guru. |
C1 |
PG |
9,10 |
|
|
ISIAN |
3 |
|||||||
|
Murid dapat menjelaskan relevansi asmaulhusna Al-Muhyi (Maha Menghidupkan) dan Al-Mumit (Maha Mematikan) dengan kehidupan manusia dan alam semesta. |
Menjelaskan Asmaulhusna |
Peserta didik dapat menjelaskan relevansi asmaulhusna Al-Muhyi (Maha Menghidupkan) dan Al-Mumit (Maha Mematikan) dengan kehidupan manusia dan alam semesta. |
C2 |
PG |
11,12 |
|||
|
ISIAN |
4 |
|||||||
|
Murid dapat menerapkan perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap asmaulhusna Al-Qawiyyu (Maha Kuat) dan Al-Qayyum (maha berdiri sendiri) dalam sikap percaya diri dan mandiri, ditunjukkan dengan contoh nyata. |
Menerapkan perilaku Asmaulhusna |
Pesrta didik dapat menerapkan perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap asmaulhusna Al-Qawiyyu (Maha Kuat) dan Al-Qayyum (maha berdiri sendiri) dalam sikap percaya diri dan mandiri, ditunjukkan dengan contoh nyata. |
C3 |
PG |
13,14 |
|||
|
Murid dapat mengevaluasi dampak positif dari keyakinan terhadap asmaulhusna Al-Ba'its (maha membangkitkan) dalam memotivasi prilaku baik dan persiapan diri untuk akhirat. |
Dampak positif dari Asmaulhusna |
Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari keyakinan terhadap asmaulhusna Al-Ba'its (maha membangkitkan) dalam memotivasi prilaku baik dan persiapan diri untuk akhirat. |
C5 |
PG |
15,16 |
|||
|
ISIAN |
5 |
|||||||
|
Akhlak |
Memahami akhlak terhadap Allah Swt. Dengan berdoa dan betawakal kepada-Nya, akhlak terhadap teman, tetangga, non-muslim, hewan, dan tumbuhan. |
Murid dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji sebagai bukti hidup indah dan saling menghargai sebagai khalifah Allah setelah menyimak video. |
Menjelaskan Pengertian Akhlak terpuji |
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji sebagai bukti hidup indah dan saling menghargai sebagai khalifah Allah setelah menyimak video. |
C2 |
PG |
17,18 |
|
|
ISIAN |
6 |
|||||||
|
Murid dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku saling menghargai dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (sekolah, rumah, masyarakat). |
Mengidentifikasi contoh-contoh prilaki |
Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku saling menghargai dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (sekolah, rumah, masyarakat). |
C1 |
PG |
19,20 |
|||
|
ISIAN |
7 |
|||||||
|
Murid dapat menganalisis dampak positif sikap saling menghargai terhadap terciptanya kerukunan dan kedamaian di lingkungan sosial, ditunjukkan dengan membuat poster. |
Menganalisis Dampak Positif |
Peserta didik dapat menganalisis dampak positif sikap saling menghargai terhadap terciptanya kerukunan dan kedamaian di lingkungan sosial, ditunjukkan dengan membuat poster. |
C4 |
PG |
21,22 |
|||
|
Murid dapat menciptakan narasi atau cerita pendek tentang pengalaman pribadi atau fiksi yang menggambarkan pentingnya saling menghargai sebagai khalifah di bumi. |
Menciptakan narasi tentang pengalaman pribadi |
Peserta didik dapat menciptakan narasi atau cerita pendek tentang pengalaman pribadi atau fiksi yang menggambarkan pentingnya saling menghargai sebagai khalifah di bumi. |
C6 |
PG |
23,24 |
|||
|
Fikih |
Memahami makna memahami puasa sunah, zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan dan minuman yang halal dan haram. |
Murid dapat mengidentifikasi perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan tepat setelah membaca materi. |
Mengidentifikasi perbedaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah |
Peserta didk dapat menyebutkan perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan tepat setelah membaca materi. |
C1 |
PG |
25,26 |
|
|
ISIAN |
8 |
|||||||
|
Murid dapat menjelaskan makna dari infak, zakat, sedekah, dan hadiah serta dasar hukumnya dalam islam dengan benar. |
Menjelaskan makna infak, zakat, sedekah, dan hadiah |
Peserta didik dapat menjelaskan makna dari infak, zakat, sedekah, dan hadiah serta dasar hukumnya dalam islam dengan benar. |
C2 |
PG |
27,28 |
|||
|
ISIAN |
9 |
|||||||
|
Murid dapat menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan guru. |
menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah |
Peserta didi dapat menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan guru. |
C3 |
PG |
29,30 |
|||
|
ISIAN |
10 |
|||||||
|
Murid dapat mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah terhadap kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi umat. |
Mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah |
Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah terhadap kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi umat. |
C5 |
PG |
31 |
|||
|
ESAY |
1 |
|||||||
|
Sejarah Peradaban Islam |
Memahami kisah Nabi Muhammad saw. Periode madinah dan khulafaurasyidin. |
Murid dapat mengidentifikasi sebab-sebab peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah dengan benar setelah membaca teks. |
mengindentifikasi peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah |
Peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah dengan benar setelah membaca teks. |
C1 |
PG |
32 |
|
|
ESAY |
2 |
|||||||
|
Murid dapat menjelaskan makna dan peristiwa penting dalam Haji Wada, termasuk khutbah terakhir Nabi Muhammad saw. |
Menjelaskan peristiwa penting dalam Haji Wada |
Peserta didik dapat menjelaskan makna dan peristiwa penting dalam Haji Wada, termasuk khutbah terakhir Nabi Muhammad saw. |
C2 |
PG |
33 |
|||
|
ESAY |
3 |
|||||||
|
Murid dapat menganalisis hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada dalam membentuk perilaku terpuji. |
Menganalisis hikmah dan pelajaran dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada |
Peserta didik dapat menganalisis hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada dalam membentuk perilaku terpuji. |
C4 |
PG |
34 |
|||
|
ESAY |
4 |
|||||||
|
Murid dapat menciptakan drama singkat atau simulasi tentang salah satu peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada dengan pesan moral yang relevan. |
menciptakan simulasi tentang peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada |
Peserta didik dapat menciptakan drama singkat atau simulasi tentang salah satu peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada dengan pesan moral yang relevan. |
C6 |
PG |
35 |
|||
|
ESAY |
5 |
|||||||







0 comments:
Post a Comment