Sunday, November 30, 2025

kisi agama kelas 5

 

KISI-KISI SOAL SAS GANJIL PAI

KELAS V  MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

TAHUN PELAJARAN 2025 - 2026

FASE/KELAS

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TP

MATERI

INDIKATOR SOAL

LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

C / V

Al - Qur'an Hadis

Memahami beberapa surah pendek dan Ayat Al-Qur'an serta hadis keagamaan.

Murid dapatmengidentifikasi bacaan surah Al-Ma'un dengan baik dan benar setelah menyimak contoh pelafalan dari guru

Surah Al-Ma'un

Peserta didik dapat mengidentifikasi bacaan surah Al-Ma'un dengan baik dan benar setelah menyimak contoh pelafalan dari guru

C1

PG

1,2

Murid dapat menjelaskan makna pokok dan Kandungan surah Al-Ma'un serta hubungannya dengan hadis tentang anak yatim setelah berdiskusi kelompok

Makna surah Al-Ma'un

Peserta didik dapat menyebutkan makna pokok dan Kandungan surah Al-Ma'un serta hubungannya dengan hadis tentang anak yatim setelah berdiskusi kelompok

C1

PG

3,4

ISIAN

1

Murid dapat menjelaskan hukum bacaan tajwid (ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, izhar syafawi) dala membaca Q.S. Al-Ma'un dengan benar.

hukum bacaan tajwid dalam membaca surah Al-Ma'un

Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan tajwid (ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, izhar syafawi) dala membaca Q.S. Al-Ma'un dengan benar.

C2

PG

5,6

Murid dapat menganalisis relevansi surah Al-Ma'un dan hadis tentang anak yatim dengan perilaku empati dan peduli terhadap sesama di lingkungan sekitar, ditunjukkan dengan membuat studi khusus sederhana.

Makna surah Al-Ma'un

peserta didik dapat mencontohkan makna surah Al-Ma'un dan hadis tentang anak yatim dengan perilaku empati dan peduli terhadap sesama di lingkungan sekitar, ditunjukkan dengan membuat studi khusus sederhana.

C1

PG

7,8

ISIAN

2

Akidah

Memahami beberapa asmaulhusna, iman kepada hari akhir, qada' dan qadar.

Murid dapat menyebutkan makna dari asmaulhusna Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Ba'its setelah menyimak penjelasan guru.

Menyebutkan Makna Asmaulhusna

Peserta didik dapat menyebutkan makna dari asmaulhusna Al-Qawiyyu, Al-Qayyum, Al-Muhyi, Al-Mumit, dan Al-Ba'its setelah menyimak penjelasan guru.

C1

PG

9,10

ISIAN

3

Murid dapat menjelaskan relevansi asmaulhusna Al-Muhyi (Maha Menghidupkan) dan Al-Mumit (Maha Mematikan) dengan kehidupan manusia dan alam semesta.

Menjelaskan Asmaulhusna

Peserta didik  dapat menjelaskan relevansi asmaulhusna Al-Muhyi (Maha Menghidupkan) dan Al-Mumit (Maha Mematikan) dengan kehidupan manusia dan alam semesta.

C2

PG

11,12

ISIAN

4

Murid dapat menerapkan perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap asmaulhusna Al-Qawiyyu (Maha Kuat) dan Al-Qayyum (maha berdiri sendiri) dalam sikap percaya diri dan mandiri, ditunjukkan dengan contoh nyata.

Menerapkan perilaku Asmaulhusna

Pesrta didik dapat menerapkan perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap asmaulhusna Al-Qawiyyu (Maha Kuat) dan Al-Qayyum (maha berdiri sendiri) dalam sikap percaya diri dan mandiri, ditunjukkan dengan contoh nyata.

C3

PG

13,14

Murid dapat mengevaluasi dampak positif dari keyakinan terhadap asmaulhusna Al-Ba'its (maha membangkitkan) dalam memotivasi prilaku baik dan persiapan diri untuk akhirat.

Dampak positif dari Asmaulhusna

Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari keyakinan terhadap asmaulhusna Al-Ba'its (maha membangkitkan) dalam memotivasi prilaku baik dan persiapan diri untuk akhirat.

C5

PG

15,16

ISIAN

5

Akhlak

Memahami akhlak terhadap Allah Swt. Dengan berdoa dan betawakal kepada-Nya, akhlak terhadap teman, tetangga, non-muslim, hewan, dan tumbuhan.

Murid dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji sebagai bukti hidup indah dan saling menghargai sebagai khalifah Allah setelah menyimak video.

Menjelaskan Pengertian Akhlak terpuji

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji sebagai bukti hidup indah dan saling menghargai sebagai khalifah Allah setelah menyimak video.

C2

PG

17,18

ISIAN

6

Murid dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku saling menghargai dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (sekolah, rumah, masyarakat).

Mengidentifikasi contoh-contoh prilaki

Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku saling menghargai dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari (sekolah, rumah, masyarakat).

C1

PG

19,20

ISIAN

7

Murid dapat menganalisis dampak positif sikap saling menghargai terhadap terciptanya kerukunan dan kedamaian di lingkungan sosial, ditunjukkan dengan membuat poster.

Menganalisis Dampak Positif

Peserta didik dapat menganalisis dampak positif sikap saling menghargai terhadap terciptanya kerukunan dan kedamaian di lingkungan sosial, ditunjukkan dengan membuat poster.

C4

PG

21,22

Murid dapat menciptakan narasi atau cerita pendek tentang pengalaman pribadi atau fiksi yang menggambarkan pentingnya saling menghargai sebagai khalifah di bumi.

Menciptakan narasi tentang pengalaman pribadi

Peserta didik dapat menciptakan narasi atau cerita pendek tentang pengalaman pribadi atau fiksi yang menggambarkan pentingnya saling menghargai sebagai khalifah di bumi.

C6

PG

23,24

Fikih

Memahami makna memahami puasa sunah, zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan dan minuman yang halal dan haram.

Murid dapat mengidentifikasi perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan tepat setelah membaca materi.

Mengidentifikasi perbedaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah

Peserta didk dapat menyebutkan perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan tepat setelah membaca materi.

C1

PG

25,26

ISIAN

8

Murid dapat menjelaskan makna dari infak, zakat, sedekah, dan hadiah serta dasar hukumnya dalam islam dengan benar.

Menjelaskan makna infak, zakat, sedekah, dan hadiah

Peserta didik dapat menjelaskan makna dari infak, zakat, sedekah, dan hadiah serta dasar hukumnya dalam islam dengan benar.

C2

PG

27,28

ISIAN

9

Murid dapat menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan guru.

menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah

Peserta didi dapat menerapkan praktik infak, sedekah, atau hadiah dalam kehidupan sehari-hari dengan bimbingan guru.

C3

PG

29,30

ISIAN

10

Murid dapat mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah terhadap kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi umat.

Mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah

Peserta didik dapat mengevaluasi dampak positif dari pelaksanaan zakat, infak, sedekah, dan hadiah terhadap kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi umat.

C5

PG

31

ESAY

1

Sejarah Peradaban Islam

Memahami kisah Nabi Muhammad saw.  Periode madinah dan khulafaurasyidin.

Murid dapat mengidentifikasi sebab-sebab peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah dengan benar setelah membaca teks.

mengindentifikasi peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah

Peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab peristiwa penting terjadinya Fathu Makkah dengan benar setelah membaca teks.

C1

PG

32

ESAY

2

Murid dapat menjelaskan makna dan peristiwa penting dalam Haji Wada, termasuk khutbah terakhir Nabi Muhammad saw.

Menjelaskan peristiwa penting dalam Haji Wada

Peserta didik  dapat menjelaskan makna dan peristiwa penting dalam Haji Wada, termasuk khutbah terakhir Nabi Muhammad saw.

C2

PG

33

ESAY

3

Murid dapat menganalisis hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada dalam membentuk perilaku terpuji.

Menganalisis hikmah dan pelajaran dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada

Peserta didik  dapat menganalisis hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari peristiwa Fathu Makkah dan Haji Wada dalam membentuk perilaku terpuji.

C4

PG

34

ESAY

4

Murid dapat menciptakan drama singkat atau simulasi tentang salah satu peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada dengan pesan moral yang relevan.

menciptakan simulasi tentang peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada

Peserta didik  dapat menciptakan drama singkat atau simulasi tentang salah satu peristiwa Fathu Makkah atau Haji Wada dengan pesan moral yang relevan.

C6

PG

35

ESAY

5

0 comments:

Post a Comment