Sunday, November 30, 2025

Kisi-Kisi Agama KELAS 2

 

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

KISI-KISI

 SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

 

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Jenjang Sekolah          : SD / MI

Kelas / Fase                 : 2 (Dua) / A

Tahun Ajaran              : 2025/2026

 

NO

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI

INDIKTOR SOAL

NO SOAL

LEVEL COGNITIF

BENTUK SOAL

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

Al-Qur’an dan Hadist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akidah Akhlak

peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik terbiasa mempraktikan nilai yang baik dalam kehidupan sehari-haridalam ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orangtua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran islam.meraka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinyadan belajar menghargai pendapat yang berbeda.

 

 

 

Surah

An-Nās

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke berapa.

1

L1

PG

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang sebenarnya.

2

L1

PG

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas

4

L2

PG

 

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas

11

L2

PG

 

Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa

1

L3

ISIAN

 

 

 

 

 

huruf hijaiyah bersambung

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan, peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah

5

L2

PG

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya

6

L2

PG

 

Disajikan narasi pendek  tempat keluarnya makhorijul huruf

3

 L2

PG

 

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf

15

 L2

PG

 

 

 

 

 

 

Pesan pokok surah

An-nas

 

 

 

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah.

 

16

L2

PG

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan

13

L2

PG

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu mengetahui arti asmaul husna

7

L2

PG

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mengetahui berapa jumlah asmaul husna

8

L2

PG

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu arti asmaul husna

9

L2

PG

Mengenal Asmaul Husna 

 

Al-Ḥafīẓ,

 

Al-Walī,

 

Al-‘Alim,

 

Al-Khabīr

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berprilaku terpuji,

 

sayang kepada sesama .

 

Empati

 

Jujur

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu mengartikan salah satu asmaul husna

4

L2

ISIAN

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya

17

L2

PG

Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari tiga asmaul husna

 

 

 

 

 

 

 

3

L3

URAIAN

Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang lain.

3

L2

ISIAN

Disajikan narasi tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik.

 

10

L2

PG

Disajikan narasi tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan.

5

L2

ISIAN

Disajikan narasi tentang perilaku sayang kepada sesama.

 

2

L2

ISIAN

 

 

 

 

 

 

Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji

 

4

L3

URAIAN

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 4.

Fikih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Peradaban Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat.

Peserta didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta Didik mampu menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib di Imani.

 

Azan

 

 

 

 

 

 

 

Sholat Fardu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nabi Nuh

 

Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan.

Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya sholat fardu.

 

Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat.

 

Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu yang dikerjakan pada siang hari.

Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan sholat.

 

Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir dalam sholat.

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan syarat wajib sholat.

 

Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat.

 

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan 5 solat wajib.

 

 

 

 

Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya.

 

 

Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya.

 

 

 

Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau beriman.

 

 

Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil dari kisah nabi nuh.

12

 

 

14

 

 

 

18

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

L2

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

L3

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

 

L3

 

 

 

 

 

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

L2

 

 

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

ISIAN

 

 

 

ISIAN

 

 

 

ISIAN

 

 

 

URAIAN

 

 

 

 

 

 

URAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

URAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

ISIAN

 

 

 

 

ISIAN

 

 

INDIKTOR SOAL

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke berapa.

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang sebenarnya.

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas

Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa

 

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan, peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya

Disajikan narasi pendek  tempat keluarnya makhorijul huruf

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf

 

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah.

 

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu mengetahui arti asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mengetahui berapa jumlah asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu arti asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu mengartikan salah satu asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya

Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari tiga asmaul husna

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang lain.

Disajikan narasi tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik.

 

Disajikan narasi tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan.

Disajikan narasi tentang perilaku sayang kepada sesama.

 

Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji

 

Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan.

Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya sholat fardu.

 

Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat.

 

Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu yang dikerjakan pada siang hari.

Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan sholat.

 

Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir dalam sholat.

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan syarat wajib sholat.

 

Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat.

 

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan 5 solat wajib.

 

 

 

 

Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya.

 

 

Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya.

 

 

 

Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau beriman.

 

 

Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil dari kisah nabi nuh.

INDIKTOR SOAL

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke berapa.

Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang sebenarnya.

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas

Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas

Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa

 

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan, peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah

Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya

Disajikan narasi pendek  tempat keluarnya makhorijul huruf

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf

 

Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah.

 

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan

Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu mengetahui arti asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mengetahui berapa jumlah asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu arti asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu mengartikan salah satu asmaul husna

Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya

Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari tiga asmaul husna

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang lain.

Disajikan narasi tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik.

 

Disajikan narasi tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan.

Disajikan narasi tentang perilaku sayang kepada sesama.

 

Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji

 

Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan.

Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya sholat fardu.

 

Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat.

 

Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu yang dikerjakan pada siang hari.

Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan sholat.

 

Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir dalam sholat.

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan syarat wajib sholat.

 

Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat.

 

 

Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat menyebutkan 5 solat wajib.

 

 

 

 

Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya.

 

 

Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya.

 

Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau beriman.

 

 

Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil dari kisah nabi nuh.

0 comments:

Post a Comment