بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
KISI-KISI
SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Jenjang Sekolah :
SD / MI
Kelas / Fase :
2 (Dua) / A
Tahun Ajaran :
2025/2026
|
NO |
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKTOR
SOAL |
NO SOAL |
LEVEL
COGNITIF |
BENTUK
SOAL |
|
1. 2. |
Al-Qur’an
dan Hadist Akidah Akhlak |
peserta
didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung,
dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik. Peserta
didik terbiasa mempraktikan nilai yang baik dalam kehidupan sehari-haridalam
ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orangtua
dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran
islam.meraka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta
didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinyadan belajar
menghargai pendapat yang berbeda. |
Surah An-Nās |
Disajikan narasi dalam bentuk
jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke
berapa. |
1 |
L1 |
PG |
|
Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas
,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang
sebenarnya. |
2 |
L1 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas |
4 |
L2 |
PG |
||||
|
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas |
11 |
L2 |
PG |
|||
|
|
Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu
menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa |
1 |
L3 |
ISIAN |
|||
|
|
|
|
|
|
|||
|
huruf
hijaiyah bersambung |
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan,
peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah |
5 |
L2 |
PG |
|||
|
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf
hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya |
6 |
L2 |
PG |
||||
|
|
Disajikan narasi pendek tempat keluarnya makhorijul huruf |
3 |
L2 |
PG |
|||
|
|
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf |
15 |
L2 |
PG |
|||
|
Pesan pokok surah An-nas |
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah. |
16 |
L2 |
PG |
|||
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan |
13 |
L2 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
mengetahui arti asmaul husna |
7 |
L2 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mengetahui berapa jumlah asmaul husna |
8 |
L2 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu arti asmaul husna |
9 |
L2 |
PG |
||||
|
Mengenal
Asmaul Husna Al-Ḥafīẓ,
Al-Walī,
Al-‘Alim,
Al-Khabīr Berprilaku terpuji, sayang kepada sesama . Empati Jujur |
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu mengartikan salah satu asmaul husna |
4 |
L2 |
ISIAN |
|||
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya |
17 |
L2 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari
tiga asmaul husna |
3 |
L3 |
URAIAN |
||||
|
Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang
lain. |
3 |
L2 |
ISIAN |
||||
|
Disajikan narasi
tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik. |
10 |
L2 |
PG |
||||
|
Disajikan narasi
tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan. |
5 |
L2 |
ISIAN |
||||
|
Disajikan narasi
tentang perilaku sayang kepada sesama. |
2 |
L2 |
ISIAN |
||||
|
Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji |
4 |
L3 |
URAIAN |
||||
|
3. 4. |
Fikih Sejarah Peradaban Islam |
Peserta
didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata
cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. Peserta
didik dapat mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata
cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat. Peserta Didik mampu menceritakan secara sederhana
kisah beberapa nabi yang wajib di Imani. |
Azan Sholat Fardu Nabi Nuh |
Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan. Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya
sholat fardu. Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat. Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu
yang dikerjakan pada siang hari. Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan
sholat. Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir
dalam sholat. Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan syarat wajib sholat. Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat. Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan 5 solat wajib. Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya. Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya. Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau
beriman. Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil
dari kisah nabi nuh. |
12 14 18 6 7 8 1 2 5 19 20 9 10 |
L2 L2 L2 L2 L2 L2 L3 L2 L3 L2 L2 L2 L2 |
PG PG PG ISIAN ISIAN ISIAN URAIAN URAIAN URAIAN PG PG ISIAN ISIAN |
|
INDIKTOR
SOAL |
|
Disajikan narasi dalam bentuk
jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke
berapa. |
|
Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas
,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang
sebenarnya. |
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas |
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas |
|
Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu
menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa |
|
|
|
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan,
peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah |
|
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf
hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya |
|
Disajikan narasi pendek tempat keluarnya makhorijul huruf |
|
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf |
|
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah.
|
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan |
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
mengetahui arti asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mengetahui berapa jumlah asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu arti asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu mengartikan salah satu asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari
tiga asmaul husna
|
|
Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang
lain. |
|
Disajikan narasi
tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik.
|
|
Disajikan narasi
tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan. |
|
Disajikan narasi
tentang perilaku sayang kepada sesama.
|
|
Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji
|
|
Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan. Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya
sholat fardu.
Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat.
Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu
yang dikerjakan pada siang hari. Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan
sholat.
Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir
dalam sholat.
Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan syarat wajib sholat.
Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat.
Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan 5 solat wajib.
Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya.
Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya.
Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau
beriman.
Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil
dari kisah nabi nuh. |
|
INDIKTOR
SOAL |
|
Disajikan narasi dalam bentuk
jumlah surah an-nas ,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas yang ke
berapa. |
|
Disajikan narasi dalam bentuk jumlah surah an-nas
,peserta didik mampu mengetahui surah an-nas berapa jumlah ayat yang
sebenarnya. |
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui bacaan surah an-nas |
|
Disajikan narasi dalam bentuk salah satu ayat surah
an-nas ,peserta didik mampu mengetahui ayat surah an-nas |
|
Disajikan narasi dengan ayat diatas, siswa mampu
menunjukkan surah an-nas ayat yang keberapa |
|
|
|
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk bacaan,
peserta didik mampu menyambungkan tulisan huruf hijaiyah |
|
Disajikan narasi huruf hijaiyah dalam bentuk memilih huruf
hijayah yang bisa disambung dan tdiak bisa disambung dengan huruf setelahnya |
|
Disajikan narasi pendek tempat keluarnya makhorijul huruf |
|
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik membedakan mencari tempat keluarnya huruf |
|
Disajikan narasi pendek makhorijul huruf, peserta
didik mampu membedakan huruf yang keluar dari lidah. |
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
membedakan mana yang baik dan buruk, menghindar dari perbuatan godaan setan |
|
Disajikan narasi pendek, peserta didik mampu
mengetahui arti asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mengetahui berapa jumlah asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu arti asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu mengartikan salah satu asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, peserta didik
mampu memilih salah satu asmaul husna yang tepat dengan artinya |
|
Disajikan narasi tentang asmaul husna, arti dari
tiga asmaul husna |
|
Disajikan narasi tentang mengerti perasaan orang
lain. |
|
Disajikan narasi
tentang perilaku, peserta didik mampu memberi contoh perilaku yang baik. |
|
Disajikan narasi
tentang siswa yang mengerjakan soal ulangan. |
|
Disajikan narasi
tentang perilaku sayang kepada sesama. |
|
Disajikan narasi menyebutkan perilaku terpuji |
|
Disajikan narasi tentang yang mengumandangkan azan. Disajikan narasi dengan singkat mengenai hukumnya
sholat fardu. Disajikan narasi dengan singkat mengetahui Gerakan sholat. Disajikan narasi dengan singkat tentang sholat fardu
yang dikerjakan pada siang hari. Disajikan narasi dengan singkat ,seruan mendirikan
sholat. Disajikan dengan singkat, tentang gerakan terakhir
dalam sholat. Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan syarat wajib sholat. Disajikan dengan singkat, pengertian rukun sholat. Disajikan dengan singkat, syarat siswa dapat
menyebutkan 5 solat wajib. Disajikan kisah kaum nabi nuh apa yang disembahnya. Disajikan narasi kisah nabi nuh tentang mukjizatnya. Disajikan narasi kisah putra nabi nuh yang tidak mau
beriman. Disajikan narasi sikap teladan yang dapat diambil
dari kisah nabi nuh. |








0 comments:
Post a Comment