Sunday, November 30, 2025

Kisi-Kisi agama Kelas 4

 

KISI-KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2025/ 2026

Kelas/ Fase                 : IV (Empat)/ B

Semester                     : 1 (Ganjil)

Mata Pelajaran          : PAI Dan Budi Pekerti

FASE

MATA PELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI

INDIKATOR SOAL

 

B

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Al-Qur’an dan Hadist

Peserta didik mampu membaca surat-surat pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik. Peserta didik mengenal hadist tentang kewajiban shalat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Hujurat/49:13 dan Hadist tentang  Keragaman

Disajikan pernyataan tentang Q.S. Al-Hujurat, peserta didik dapat menemukan nomor Q.S Al-Hujurat.

Disajikan tabel pernyataan , peserta didik dapat menentukan sikap yang harus dilakuakan sebagai makhluk sosial agar tercipta hubungan baik antar sesama.

Disajikan potongan ayat Q.S. Al-Hujurat, peserta didik dapat menentukan arti/ terjemah nya.

Disajikan pernyataan tentang jumlah ayat dalam Al-Qur’an, peserta didik dapat menentukan jumlah ayat Q.S. Al-Hujurat.

Disajikan narasi tentang sikap iri dengki, peserta didik dapat menentukan kalimat dalam hadits yang sesuai dengan arti iri dengki.

Disajikan narasi tentang sifat tajassasu, peserta didik dapat menentukan arti tajassasu

Disajikan cerita singkat tentang tentang cerminan sikap menjaga hubungan baik antar sesama, peserta didk dapat menentukan sikap menjaga perasaan teman.

Disajika salah satu kata yang terdapat dalam hadits tentang cara menjaga hubungan baik antar sesama, peserta didik dapat mengartikan kata tersebut

Disajikan sebuah kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Hujurat, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan tajwidnya

Disajikan pernyataan tentang penerapan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menuliskan contoh penerapan hadits menjaga hubungan baik antar  sesama.

 

  Akidah

Peserta didik memahami sifat-sifat bagi Allah, beberapa asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani.

Teladan Mulia Asmaul Husna

Disajikan penggalan ayat tentang Asmaul Husna, peserta didik dapat menentukan dalil/firman Allah Swt tentang Asmaul Husna.

Disajikan pernyataan tentang adab berdoa dengan menggunakan Asmaul Husna, peserta didik dapat menentukan jumlah Asmaul Husna.

Disajikan tabel pernyataan tentang sikap meneladani Asmaul Husna, peserta didik dapat menunjukkan sikap Asmaul Husna Al-Malik.

Disajikan pernyataan tentang sikap meneladani Al-Quddus, peserta didik dapat menentukan salah satu sikap menjaga kesucian diri secara lahir/ dhahir.

Disajikan arti sebuah hadits tentang Asmaulhusna, peserta didik dapat menentukan sumber hadits tersebut.

Disajikan pernyataan tentang sikap cara meneladani Asmaul Husna, peserta didik dapat menentukan nama Asmaul Husna yang sesuai dengan sikap tersbut.

Disajikan narasi tentang Asmaul Husna, peserta didik dpat menentukan sikap cara meneladani Asmaul Husna Al-Mu’min.

Disajikan pernyataan tentang cara meneladani salah satu Asmaul Husna, pesrta didik dapat menuliskan Asmaul Husna yang sesuai dengan sikap tersebut.

Disajikan pernyataan tentang Asmaul Husna, peserta didik dapat menuliskan artikan salah satu Asmaul Husna.

Disajikan pernyataan tentang Asmaul Husna, peserta didik dapat menuliskan beberapa Asmaul Husna dan artinya.

 

Akhlak

Pada elemen akhlak, peserta didik menghormnati dan berbakti kepada orang tua dan guru, dan menyampaikan ungkapa-ungkapan positif (kalimah thayyibah) dalam keseharian. Peserta didik memahami arti keragaman sebagai ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullah).Peserta didik mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman

Disajikan pernyataan tentang indahnya keragaman, peserta didik dapat menentukan tujuan Allah Swt. menciptakan keragaman.

Disajikan beberapa pernyataan tentang ajran kebaikan dari agma Islam dan selain Islam, peserta didik dapat menentukan yang bukan merupakan ajaran kebaikan dalam pernyataan tersebut.

Disajikan pernyataan tentang ajaran kebaikan dimana saja, peserta didik dapat menentukan contoh ajaran kebaikan di lingkungan sekolah

Disajikan tabel pernyataan tentang berbuat baik kepada makhluk hidup, peserta didik dapat menunjukkan ajaran berbuat baik terhadap makhluk hidup

Disajikan cerita singkat tentang ajaran kebaikan dari ajaran Islam dan selain Islam, peserta didik dapat menentukan sikap yang diajarkan dari semua agama.

Disajikan pernyataan tentang pokok ajaran Islam , peserta didik dapat menentukan salah satu  pokok ajaran Islam.

Disajikan Q.S.Al-kafirun ayat terakhir, peserta didik dapat menentukan arti dari ayat tersebut.

Disajikan pernyataan tentang ajaran kebaikan dari agama Islam dan selain Islam, peserta didik dapat menuliskan arti dari Rahmatan lil ‘alamin.

Disajikan pernyataan tentang keragaman sebagai sunatullah, peserta didik dapat menuliskan tujuan Allah Swt. menciptakan keragaman.

 

Fikih

Pada elemen fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, shalat Jum’at dan shalat sunah dengan baik, memahami konsep baligh dan tanggung jawab yang menyertainya (taklif)

Tanda-Tanda Baligh

Disjikan pernyataan aturan beribadah yang di syari’atkan Islam, peserta didik dapat menentukan salah satu  ilmu yang membahas hukum tersebut.

Disajikan tabel pernyataan tentang tanda-tanda baligh, peserta didik dapat menunjukkan tanda tanda baligh anak perempuan menurut Ilmu Biologi.

Disajikan pernyataan tentang kewajiban setelah memasuki usia baligh, peserta didik dapat menentukan salah satu diantara kewajiban setelah memasuki usia baligh.

Disajikan cerita singkat tentang sikap seorang anak yang telah mengetahui batal dan haram, peserta didik dapat menentukan kesimpulan dari cerita tersebut.

Disajikan  pernyataan tentang kewajiban menutup aurat, peserta didik dapat menetukan batas aurat  bagi anak laki-laki.

Disajikan pernyataan tentang kewajiban menuntut ilmu, peserta didik dapat menentukan arti dari kata iqra.

Disajikan tabel pernyataan tentang manfaat menutup aurat, peserta didik dapat menunjukkan manfaat menutup aurat sesuai syari’at Islam..

Disajikan pernyataan tentang kewajiban setelah memasuki usia baligh, peserta didik dapat menuliskan istilah yang sesuai dengan pernyataan tersebut.

Disajikan pernyataan tentang tanda-tanda baligh menurut ilmu fiqih, peserta didik dapat menuliskan kewajiban yang harus dilakukan seseorang yang telah mengalami hadats besar.

Disajikan pernyataan tentang kewajiban setelah memasuki usia baligh, peserta didik dapat menuliskan 3 contoh diantara kewajiban tersebut.

22

23

24

25

26

27

28

7

8

4

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L2/L2

L1/C1

L1/C1

L1/C1

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

Isian

Isian

Uraian

Sejarah Peradaban Islam

Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah

Hijrahnya Nabi Muhammad saw.

Disajikan pernyataan tentang turunnya perintah hijrah dari Allah Swt., peserta didik dapat menentukan dalil/ firman Allah tentang perintah berhijrah.

Disajikan pernyataan tentang menyusun rencana hijrah, peserta didik dapat menentukan nama shabat Nabi yang menemani Rasulullah saw. hijrah.

Disajikan tabel pernyataan tentang penyebab hijrahnya Nabi Muhammad saw. Ke Madinah, peserta didik dapat menunjukkan sikap kaum Quraisy terhadap dakwah Rasululluh saw.

Disajikan pernyataaan tentang perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, peserta didik dapat menentukan nama unta yang ditungganginya.

Disajikan pernyataan tentang tujuan perintah hijrah dari Allah Swt., peserta didik dapat menentukan nama tempat untuk hijrah, sekarang bernama kota Madinah.

Disajikan cerita pendek tentang sikap meneladani hijrahnya Nabi Muhammad saw. ke Madinah, peserta didik dapat menentukan salah satu teladan  yang ditunjukkan anak tersebut.

Disajikan pernyataan tentang hikmah hijrah Nabi Muhammad saw., peserta dididk dapat menentukan salah satu diantara hikmah hijrah Nabi Muhammad saw.

Disajikan pernyataan tentang perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, peserta didik dapat menuliskan istilah/ sebutan bagi penduduk Madinah yang menolong kaum muslimin.

Disajikan pernyataan tentang perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, peserta didik dapat menuliskan nama tempat persinggahan pertama kali dalam perjalanan hijrah Rasulullah saw. beserta kaum muslimin.

Disajikan pernyataan tentang hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, peserta didik dapat menuliskan 2 diantara hikmah tersebut.

29

30

31

32

33

34

35

9

10

5

L3/C3

L3/C3

L2/C2

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L3/C3

L1/C1

L1/C1

L1/C1

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

Isian

Isian

Uraian

                                                                                               

0 comments:

Post a Comment