Sunday, November 9, 2025

Pembelajaran Seni, 10 November 2025

            


Hari/Tgl            : Senin , 10 November 2025

Kelas                 : 1a
Tema                 : Nabi dan Rosul Panutan Ku
Topik                 :Mengenal Nabi dan Rasul
Elemen/CP        : Sejarah Kebudayaan Islam
ATP                    : Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri serta berani menyanyikan lagu atau selawat yang berisi tentang nabi dan rasul yang memiliki kisah kehidupan sederhana dan mukjizatnya sehingga dapat menumbuhkan sikap sederhana dalam kehidupan.

Alat Peraga       :    

3. Capaian Pembelajaran 
    Murid dapat Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri serta berani menyanyikan lagu atau selawat yang berisi tentang nabi dan rasul yang memiliki kisah kehidupan sederhana dan mukjizatnya sehingga dapat menumbuhkan sikap sederhana dalam kehidupan.

4. Taujuan Pembelajaran 

1.        Meyakini adanya nabi dan rasul;

2.        Membiasakan diri berperilaku sederhana;

3.        Menjelaskan pengertian nabi dan rasul dengan benar;

4.        Membedakan pengertian antara nabi dan rasul dengan benar;


5. Materi


Perbedaan Nabi dan Rasul 
Perbedaan utama nabi dan rasul adalah tugasnya dalam menyampaikan wahyuRasul adalah nabi yang mendapatkan wahyu dari Allah dan memiliki tugas untuk menyampaikannya serta membawa syariat baru kepada umat manusia, terutama kepada kaum yang ingkar. Sementara itu, nabi juga menerima wahyu, tetapi tidak memiliki kewajiban untuk menyampaikannya secara umum atau hanya bertugas untuk dirinya sendiri dan umatnya yang sudah beriman dengan syariat yang ada. 






6. Evaluasi

A. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda (✔) pada huruf a, b, atau c!

  1. Nabi dan rasul sama-sama mendapat __________ dari Allah.
    a. Hadiah
    b. Wahyu
    c. Makanan

  2. Rasul bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada __________.
    a. Semua orang
    b. Dirinya sendiri
    c. Temannya saja

  3. Nabi hanya menyampaikan ajaran kepada __________.
    a. Orang yang belum percaya
    b. Kaumnya yang sudah beriman
    c. Semua orang di dunia

  4. Rasul membawa __________ baru dari Allah.
    a. Cerita
    b. Syariat (ajaran)
    c. Lagu

  5. Semua rasul adalah nabi, tetapi tidak semua nabi adalah __________.
    a. Rasul
    b. Malaikat
    c. Manusia


✍️ B. Isian Singkat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Nabi dan rasul sama-sama orang pilihan __________.

  2. Rasul mendapat tugas untuk __________ wahyu kepada umat manusia.

  3. Nabi tidak wajib menyampaikan wahyu kepada __________.

  4. Perbedaan nabi dan rasul terletak pada __________ mereka.

  5. Nabi dan rasul mengajarkan kita agar selalu __________ kepada Allah.


💬 C. Soal Uraian Pendek

Jawablah dengan kalimatmu sendiri ya!

  1. Apa perbedaan antara nabi dan rasul?

  2. Siapa yang memberi wahyu kepada nabi dan rasul?

  3. Mengapa kita harus meneladani nabi dan rasul?

7. Kesimpulan 

Hari/Tgl            : Senin ,  10 November 2025

Kelas                 : 2a
Tema                 :  Azan, Iqamah, Shalat Fardu
Topik                 : Shalat Fardu
Elemen/CP        : 
TP                      : Murid dapat Memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.

ATP                    : Murid mampu  Memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.
Metode             :  Modelling The Way (Mencontohkan Praktik), Drill and Practice, Simulasi.

Alat Peraga      : Poster Gerakan Sahalat

                                                                  
3. Capaian Pembelajaran 
        
Murid dapat Memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.


4. Taujuan Pembelajaran 
 Setelah mempelajari materi berikut diharapkan murid mampu 
Pertemuan 1: Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan dan mempraktikkan lafal azan. 
Pertemuan 2: Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan dan mempraktikkan lafal ikamah. 
 Pertemuan 3: Peserta didik dapat menjelaskan ketentuan dan mempraktikkan urutan gerakan salat fardu dengan benar

5. Materi

🌼 Materi Pembelajaran PAI Kelas 1 SD

Tema: Belajar Salat dan Adzan dengan Benar


1. Melafalkan Bacaan Azan dan Iqamah dengan Lancar dan Benar

📖 Pengertian

  • Azan adalah panggilan untuk memberitahukan kepada umat Islam bahwa waktu salat telah tiba.

  • Iqamah adalah tanda bahwa salat berjamaah akan segera dimulai.

📜 Bacaan Azan

Allāhu akbar, Allāhu akbar (2x)
Asyhadu an lā ilāha illallāh (2x)
Asyhadu anna Muḥammadar rasūlullāh (2x)
Ḥayya ‘alaṣ-ṣalāh (2x)
Ḥayya ‘alal-falāḥ (2x)
Allāhu akbar, Allāhu akbar
Lā ilāha illallāh

📜 Bacaan Iqamah

Allāhu akbar, Allāhu akbar (1x)
Asyhadu an lā ilāha illallāh (1x)
Asyhadu anna Muḥammadar rasūlullāh (1x)
Ḥayya ‘alaṣ-ṣalāh (1x)
Ḥayya ‘alal-falāḥ (1x)
Qad qāmatiṣ-ṣalāh, qad qāmatiṣ-ṣalāh
Allāhu akbar, Allāhu akbar
Lā ilāha illallāh


2. Menyebutkan 5 Waktu Salat Fardu Beserta Jumlah Rakaatnya

NoNama SalatWaktu SalatJumlah Rakaat
1SubuhSetelah terbit fajar2 rakaat
2ZuhurSetelah matahari tergelincir4 rakaat
3AsarMenjelang sore hari4 rakaat
4MagribSetelah matahari terbenam3 rakaat
5IsyaMalam hari4 rakaat

3. Mendemonstrasikan Urutan Gerakan Salat dari Takbiratul Ihram hingga Salam

🕋 Urutan Gerakan Salat:

  1. Berdiri tegak menghadap kiblat

  2. Takbiratul ihram (mengangkat tangan sambil mengucap “Allāhu akbar”)

  3. Berdiri membaca Al-Fatihah dan surat pendek

  4. Rukuk (membungkuk sambil mengucap tasbih)

  5. I’tidal (berdiri setelah rukuk)

  6. Sujud pertama

  7. Duduk di antara dua sujud

  8. Sujud kedua

  9. Berdiri lagi untuk rakaat berikutnya

  10. Duduk tasyahhud akhir

  11. Salam ke kanan dan kiri


4. Melafalkan Bacaan Niat, Al-Fatihah, Bacaan Rukuk, dan Sujud dengan Benar

📖 Contoh Bacaan Niat Salat (Subuh)

Ushallī fardhaṣ-ṣubḥi rak‘ataini mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.
Artinya: “Aku niat salat fardu Subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta‘ala.”

📖 Bacaan Al-Fatihah

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm
Al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn
Ar-raḥmānir-raḥīm
Māliki yaumiddīn
Iyyāka na‘budu wa iyyāka nasta‘īn
Ihdināṣ-ṣirāṭal-mustaqīm
Ṣirāṭallażīna an‘amta ‘alaihim ghairil maghdhūbi ‘alaihim waladh-dhāllīn. Āmīn.

📖 Bacaan Rukuk

Subḥāna rabbiyal ‘aẓīmi wa biḥamdih.
Artinya: Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan dengan memuji-Nya.

📖 Bacaan Sujud

Subḥāna rabbiyal a‘lā wa biḥamdih.
Artinya: Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan dengan memuji-Nya.


5. Mempraktikkan Salat Dua Rakaat dengan Gerakan dan Bacaan yang Sesuai

📘 Langkah-langkah Salat Dua Rakaat:

  1. Berdiri tegak dan membaca niat.

  2. Takbiratul ihram.

  3. Membaca doa iftitah (boleh diajarkan secara sederhana).

  4. Membaca Surah Al-Fatihah dan surat pendek (misalnya Al-Ikhlas).

  5. Rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi.

  6. Berdiri untuk rakaat kedua, mengulangi bacaan dan gerakan.

  7. Duduk tasyahhud akhir.

  8. Salam ke kanan dan ke kiri.

🕌 Tujuan: Setelah mempelajari materi ini, siswa dapat membaca, menghafal, dan mempraktikkan azan, iqamah, dan salat dengan benar dan khusyuk.

6. Evaluasi Pengayaan 

🌼 Soal Evaluasi PAI Kelas 2 SD

Tema: Salat, Azan, dan Iqamah


🧩 A. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda (✔) pada huruf a, b, atau c!

  1. Azan dikumandangkan sebagai tanda bahwa waktu salat telah _______.
    a. Berakhir
    b. Tiba
    c. Ditunda

  2. Orang yang mengumandangkan azan disebut _______.
    a. Imam
    b. Muazin
    c. Khatib

  3. Setelah azan, tanda bahwa salat akan segera dimulai disebut _______.
    a. Iqamah
    b. Doa
    c. Khutbah

  4. Salat wajib yang dikerjakan lima kali sehari disebut _______.
    a. Salat fardu
    b. Salat sunnah
    c. Salat tahajud

  5. Jumlah rakaat salat Magrib adalah _______.
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat

  6. Bacaan pertama ketika salat dimulai adalah _______.
    a. Takbiratul ihram
    b. Sujud
    c. Tasyahhud

  7. Azan dan iqamah dikumandangkan untuk mengajak umat Islam agar _______.
    a. Bermain
    b. Beribadah salat
    c. Tidur

  8. Waktu salat Subuh adalah pada saat _______.
    a. Terbit fajar
    b. Tengah hari
    c. Malam hari

  9. Bacaan terakhir dalam salat adalah _______.
    a. Al-Fatihah
    b. Salam
    c. Sujud

  10. Tujuan salat adalah untuk mendekatkan diri kepada _______.
    a. Teman
    b. Orang tua
    c. Allah


✍️ B. Isian Singkat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Azan berfungsi untuk memberitahukan bahwa waktu _______ telah tiba.

  2. Iqamah dikumandangkan sebelum salat _______.

  3. Orang yang menjadi pemimpin salat disebut _______.

  4. Salat Zuhur dikerjakan sebanyak _______ rakaat.

  5. Bacaan “Allāhu akbar” artinya _______.


💬 C. Uraian Pendek

Jawablah pertanyaan berikut dengan kalimatmu sendiri!

  1. Apa perbedaan antara azan dan iqamah?

  2. Sebutkan lima waktu salat wajib!

  3. Mengapa kita harus salat setiap hari?

  4. Siapa yang mengumandangkan azan di masjid?

  5. Apa yang kamu lakukan setelah mendengar azan?


7. Kesimpulan 

0 comments:

Post a Comment