Sunday, August 4, 2019

MATERI AJAR Minggu ke 3 Tgl 5-9AGUSTUS 2019



MATERI AJAR

MATA PELAJARAN             : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER             : II/DUA
TAHUN PELAJARAN           :2019/2020
ALOKASI WAKTU                : PERTEMUAN KE 5
TEMA.                                   : Asik Bisa               
                                               membaca  Al-Qur'an
TANGGAL                             : 05-10Agustus 2019

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
v guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Apersepsi
·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.Membaca QS surat an’nas surat an’nas adalah surat yang ke 144.Surat ini merupakan surat terakhir dalam kitab al-qur’an. Surat ini dinamai an-nas artinya manusia. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna.
·         Mengamati kembali materi persyaratan dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitanya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
·         Apabila materi/ tema/ projek ini dikerjakan dengan baik
·         Dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Qs An-nas
·         Menghapal surat An-nas
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dengan tujuan yang pembelajaran peserta didik diharapkan dapat: membaca QS An-nas dengan tartil, menulis kaliat-kalimat Qs-an’nas , menujukan hafalan Qs-An’nas, mengetaui makna qs surat Qs-an’nas dengan benar, mencontohkan prilaku saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implemntasi sebagai pemahaman Qs-an’nas memiliki sikap dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Qs-an-nas.

Pemberi acuan       
·         Memberitahukan materi pelajaran yg akan di bahas pada pertemuan saat itu
·         Memberikan tahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dsan kkm pada pertemuan berlangsung
·         Menjelasklan mekanisme pelaksaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkan pembelajaran

Mengamati
1.         Membaca Surah QS An-Nas
·      Cermati dengan baik al-Qur’ān Surah QS An-Nas
·      Bagi yang sudah lancar membaca, langsung saja membaca dengan tartil.
·      Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surah QS An-Nas.
·      Ikuti langkah-langkah cara belajar membaca al-Qur’ān yang mudah berikut ini:
·      Perhatikan tanda baca  fathah, kasrah, dammah, sukūn dan tasydid pada huruf al-Qur’ān. Contoh huruf ber-tasydid :  = dd  dibaca = adda
·      Bacalah dari sebelah kanan, dengan suara  yang jelas, bukan hanya dalam hati.
·      Huruf yang tidak ber-harakat atau bertanda baris tidak dibaca.
·      Contoh   الة النا س bunyi  langsung dihubungkan ke huruf lamber-tasyd³d dibaca illa, ada dua huruf yang dilewati yaitu huruf lam dan nun
·      Perhatikan perubahan syakal dan huruf-hurufnya.
2.         Membaca dan Menghafal QS An-Nas
Cermati bapak atau ibu gurumu ketika membaca dan melafalkan ayat al-Qur’ān
Bacalah berulang-ulang  sampai lancar!
Bacalah surah  QS An-Nas dengan tartil!

Memiliki sikap berlindung kepada Allah
Surah an’nas berisi perintah kepada manusia. Perintah itu datangnya dari Allah agar manusia memohon perlindungan kepada Allah.
Membaca al-Qur’an mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari aku selalu membacanya. Aku bangga dan senang bisa membaca al-qur’an dengan benar.
Surat An-Nas
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
  1. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ
qul a'ụżu birabbin-nāsKatakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
  1. مَلِكِ النَّاسِۙ
malikin-nāsRaja manusia,
  1. اِلٰهِ النَّاسِۙ
ilāhin-nāssembahan manusia,
  1. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ
min syarril-waswāsil-khannāsdari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
  1. الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ
allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nāsyang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
  1. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
 minal-jinnati wan-nāsdari (golongan) jin dan manusia.”
Huruf Hijaiyyah Bersambung

3.    pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: QS An-Nas





Mengapa dinamakan Surat an-nas yang terdapat pada ayat pertama yang artinya manusia. Surat ke 114 dalam Al-Qur’an yang berjumlah 6 ayat dan termasuk golongan surat yang turun di Mekkah atau disebut juga surat Makkiyah .

Soal latihan 
1. Siswa menulis lafal QS. An-Nas dengan benar dan jelas
2.siswa melafalkan secara bersama-sama
3. Siswa melafalkan secara individu dengan benar dan jelas

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·       Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya



0 comments:

Post a Comment