MATERI AJAR
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER
: 1/SATU
TAHUN PELAJARAN
:2019/2020
TANGGAL
: 05-10 Agustus 2019
ALOKASI
WAKTU :
PERTEMUAN KE 1
Kegiatan
Pendahuluan
Pertemuan ke
5
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi
bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik
menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Keuntungan Bersikap Jujur
Kasih sayang terhadap ciptaan Allah Swt.
|
1.
Peserta didik yang
mempunyai pengalaman/cerita kehidupan sehari-hari tentankasih sayang terhadap ciptaan allah,
allah menciptakan manusia, tumbuhan, dan binatang
Guru mengajak yang lain bertanya. Misalnya: apa yang kamu lihat tentang keuntungan bersikap jujur seperti itu?
2)
Apabila peserta didik mengalami kesulitan,
guru memberikan
bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara bertanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak
saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh
guru.
5) Guru mengaitkan dengan pokok pikiran pembelajaran,
yaitu Jujur akan membawa kebaikan. Misalnya,
orang jujur akan disenangi orangtua dan guru, serta memiliki banyak teman.
6) Proses mendapatkan inspirasi hingga tanggapan dan
jawaban dalam diskusi dapat menggunakan gambar.
7) Peserta didik dapat mengemukakan isi gambar
tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
9)
Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta untuk menyimpulkan maksud isi gambar tersebut
10)
Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut
11) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama merenungkan kalimat ini:
Di mana pun dan kapan pun
Aku harus bersikap jujur.
Aku tidak boleh berbohong.
Jika aku berbuat salah, aku akan meminta maaf dan
berkata jujur.
12) Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
- Peserta didik secara
individu/berpasangan dengan teman sebangku/ kelompok untuk diminta
berdiskusi tentang keuntungannya kalau bersikap jujur
-
Ketertiban cara berdiskusi menjadi perhatian guru dan bahan penilaian untuk sikap
13) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau
‘tidak’.
14) Pada rubrik “Ayo Berlatih”, guru mengajak
diskusi tentang mental beberapa siswa yang suka
menyontek pada saat ulangan. Guru
berkesempatan menumbuhkan kesadaran bahwa menyontek saat ulangan adalah perbuatan yang sangat merugikan hingga masa tua.
15) Pada rubrik "Tugas
Kelompok", praktik mendiskusikan masalah jujur adalah
pengulangan dengan tujuan penyadaran dan penemuan nilai kejujuran.
Namun yang paling ditekankan adalah siswa dapat mencontohkan, serta menjelaskannya
terkait dengan tidak berkata bohong, jika
bersalah segera minta maaf, memberikan barang orang lain kepada pemiliknya.).
Kkasih Sayang
Allah Swt.
·
Ar-rahman (maha pengasih)
·
Ar-rahim (maha penyang)
·
Al-Malik (maha merajai atau
memiliki)
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik
:
a. Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik
kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
· Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
0 comments:
Post a Comment