Sunday, August 4, 2019

materi Ajar minggu ke 3 tanggal 05-10 agustus 2019






MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : 1/SATU
TAHUN PELAJARAN       :2019/2020
TANGGAL                           :  05-10 Agustus 2019
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 1

Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan ke 5
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,

Keuntungan Bersikap Jujur
Kasih sayang terhadap ciptaan Allah Swt.
1.    Peserta didik yang mempunyai pengalaman/cerita kehidupan sehari-hari tentankasih sayang terhadap ciptaan allah, allah menciptakan manusia, tumbuhan, dan binatang
Guru mengajak yang lain bertanya. Misalnya: apa yang kamu lihat tentang keuntungan bersikap jujur seperti itu?
2) Apabila  peserta  didik  mengalami  kesulitan,  guru  memberikan
bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu
dengan cara bertanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh guru.
5) Guru mengaitkan dengan pokok pikiran pembelajaran, yaitu Jujur akan membawa kebaikan. Misalnya, orang jujur akan disenangi orangtua dan guru, serta memiliki banyak teman.
6) Proses mendapatkan inspirasi hingga tanggapan dan jawaban dalam diskusi dapat menggunakan gambar.
7) Peserta didik dapat mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok. 
9) Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta untuk menyimpulkan maksud isi gambar tersebut
10) Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut
11)  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama merenungkan kalimat ini:
Di mana pun dan kapan pun 
Aku harus bersikap jujur.
Aku tidak boleh berbohong.
Jika aku berbuat salah, aku akan meminta maaf dan berkata jujur.
12)  Pada rubrik   “Ayo Kerjakan”
-   Peserta didik secara individu/berpasangan dengan teman sebangku/ kelompok untuk diminta berdiskusi tentang keuntungannya kalau bersikap jujur
-    Ketertiban cara berdiskusi menjadi perhatian guru dan bahan penilaian untuk sikap
13) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.
14) Pada rubrik “Ayo Berlatih”, guru mengajak diskusi tentang mental beberapa  siswa  yang  suka  menyontek  pada  saat  ulangan.  Guru
berkesempatan  menumbuhkan  kesadaran  bahwa  menyontek  saat
ulangan adalah perbuatan yang sangat merugikan hingga masa tua.
15)  Pada  rubrik  "Tugas  Kelompok",  praktik  mendiskusikan  masalah jujur adalah pengulangan dengan tujuan penyadaran dan penemuan nilai kejujuran. Namun yang paling ditekankan adalah siswa dapat mencontohkan, serta menjelaskannya terkait dengan tidak berkata bohong, jika bersalah segera minta maaf, memberikan barang orang lain kepada pemiliknya.).
Kkasih  Sayang Allah Swt.
·         Ar-rahman (maha pengasih)
·         Ar-rahim (maha penyang)
·         Al-Malik (maha merajai atau memiliki)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·       Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


0 comments:

Post a Comment