MATERI
AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
ALOKASI WAKTU :
pertemuan 1
Tema
:
Asik Membaca Al- Qur’An
TANGGAL : 26-30 Agustus 2019
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
v guru juga
bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema
pelajaran.
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang
ada pada buku siswa, fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya.Membaca QS surat
an’nas surat an’nas adalah surat yang ke 144.Surat ini merupakan surat
terakhir dalam kitab al-qur’an. Surat ini dinamai an-nas artinya manusia.
Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna.
·
Mengamati
kembali materi persyaratan dengan bertanya.
·
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitanya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
·
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
·
Apabila materi/ tema/
projek ini dikerjakan dengan baik
·
Dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Qs An-nas
·
Menghapal surat An-nas
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dengan tujuan yang pembelajaran
peserta didik diharapkan dapat: membaca QS An-nas dengan tartil, menulis
kaliat-kalimat Qs-an’nas , menujukan hafalan Qs-An’nas, mengetaui makna qs
surat Qs-an’nas dengan benar, mencontohkan prilaku saling mengingatkan dalam
kebajikan sebagai implemntasi sebagai pemahaman Qs-an’nas memiliki sikap
dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Qs-an-nas.
Pemberi acuan
·
Memberitahukan materi
pelajaran yg akan di bahas pada pertemuan saat itu
·
Memberikan tahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dsan kkm pada pertemuan
berlangsung
·
Menjelasklan mekanisme
pelaksaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkan pembelajaran
|
Mengamati
1.
Membaca
Surah QS An-Nas
· Cermati dengan
baik al-Qur’ān Surah QS An-Nas
· Bagi yang
sudah lancar membaca, langsung saja membaca dengan tartil.
· Bagi yang
belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah
lancar membaca atau melafalkan Surah QS An-Nas.
· Ikuti langkah-langkah cara belajar membaca
al-Qur’ān yang mudah berikut ini:
· Perhatikan
tanda baca fathah, kasrah, dammah,
sukūn dan tasydid pada huruf al-Qur’ān. Contoh huruf ber-tasydid : = dd dibaca = adda
· Bacalah dari
sebelah kanan, dengan suara yang
jelas, bukan hanya dalam hati.
· Huruf yang
tidak ber-harakat atau bertanda baris tidak dibaca.
· Contoh الة النا س bunyi langsung
dihubungkan ke huruf lamber-tasyd³d
dibaca illa, ada dua huruf yang
dilewati yaitu huruf lam dan nun
· Perhatikan
perubahan syakal dan huruf-hurufnya.
2.
Membaca
dan Menghafal QS An-Nas
Cermati bapak atau ibu gurumu
ketika membaca dan melafalkan ayat al-Qur’ān
Bacalah
berulang-ulang sampai lancar!
Bacalah surah QS An-Nas dengan tartil!
Memiliki
sikap berlindung kepada Allah
Surah
an’nas berisi perintah kepada manusia. Perintah itu datangnya dari Allah agar
manusia memohon perlindungan kepada Allah.
Membaca
al-Qur’an mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari aku selalu membacanya.
Aku bangga dan senang bisa membaca al-qur’an dengan benar.
Surat An-Nas
بِسْمِ
اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
qul
a'ụżu birabbin-nāsKatakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
malikin-nāsRaja
manusia,
ilāhin-nāssembahan
manusia,
min
syarril-waswāsil-khannāsdari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
allażī
yuwaswisu fī ṣudụrin-nāsyang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
minal-jinnati wan-nāsdari (golongan) jin dan
manusia.”
Huruf Hijaiyyah Bersambung
3. pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan
dengan: QS An-Nas
|
||||||||||||||||||||||||||||
Mengapa dinamakan
Surat an-nas yang terdapat pada ayat pertama yang artinya manusia. Surat ke 114 dalam Al-Qur’an yang berjumlah 6 ayat dan termasuk golongan surat yang turun di
Mekkah atau disebut juga surat Makkiyah .
Tabel di atas
menjelaskan perubahan bentuk huruf
hijaiyah bila disambung baik di sambung di awal, tengah, maupun di akhir.
Perhatikan huruf : ا د ذ ر ز و
Huruf-huruf itu tidak
bisa dirangkai dengan huruf sesudahny.
Contoh:
|
||||||||||||||||||||||||||||
Latihan
Sambunglah
huruf-huruf hijaiyyah berikut
خ
م ع ن
ك
ه ي ن
|
||||||||||||||||||||||||||||
و
د س
ك
د ب ب
ق
ه ر
|
||||||||||||||||||||||||||||
Aktivitas Bersama
1.
buatlah sebuah kelompok yang
terdiri dari 5 orang !
2. diskusikan tentang isi surah an-nas!
3. diskusikan huruf-huruf hijaiyyah yang tedapat dalam
bacaan berikut dan lafal bacaanya!
ULANGAN HARIAN SEMESTER I MATA PELAJARAN (PAI )
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NAMA :………………………………..
KELAS :…………………………….….
TANGGAL :…………………….................
NO ABSEN :…………………………………
I.
Berilah tanda silang (x) dengan baik dan benar pada
huruf a,b,c berikut!
1. Surah yang
ke-114 adalah surah……
a. an-nas b. al-falaq c.al-iklas
2. Surah an-nas
tergolong surah…...
a. madaniyah
b. makiyah
c. jabariyah
3. berikut in
yang termasuk surah terakhir dalam al-Qur’an adalah surah…
a. al-lahab b.al-kafirun c. an-nas
4. kata an-nas
disebut dalam surah an-nas sebanyak.......
a. 1 kali b.2
kali c. berulang kali
5. Surah
an-nas turun sesudah surah…….
a. Al-falaq b. Al-iklas
c. Al-asr
6. Dalam surah
an-nas, manusia disuruh untuk berlindung kepada………
a. Bapak ibu
b. b. para
pemimpin c. allan swt
7. berdasarkan
surah an-nas, manusia disuruh berlindung dari….
a. Kejahatan b. bencana c. godaan
harta
8. Surat an-nas
terdiri atas…..
ayat
a. 4 b. 5
c. 6
9. Meyembah
selain Allah hukumnya ….
a. sunnah b.haram c. sombong
10.
Menyekutukan
Allah SWT dengan yang lain disebut..
a. Musyrik b. Munafiq c.Fasiq
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
a. Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan sebuah
nilai yang terbaik
kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
0 comments:
Post a Comment