Monday, August 12, 2019

Materi Ajar Pendidikan Agama Islam Kelas 1 Semester 1 (12-16 Agustus 2019)

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN             : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER             : I/SATU
TAHUN PELAJARAN           :2019/2020
ALOKASI WAKTU                : pertemuan 1
TANGGAL                             : 12-16 Agustus 2019

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
  • guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.Membaca QS surat al fatihah surah ke 1 dalam kitab al-qur’an. Surat ini dinamai al-fatihah artinya pembuka.
  • Mengamati kembali materi persyaratan dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitanya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
  • Apabila materi/ tema/ projek ini dikerjakan dengan baik
  • Dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Qs al-fatihah
  • Menghapal surat al-fatihah
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dengan tujuan yang pembelajaran peserta didik diharapkan dapat: membaca QS Al-fatihah dengan tartil, menulis kaliat-kalimat Qs-an’nas , menujukan hafalan Qs-Al-fatihah, mengetaui makna qs surat Qs al-fatihah dengan benar, mencontohkan prilaku saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implemntasi sebagai pemahaman Qs-alfatihah memiliki sikap dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Qs-al-fatihah
Pemberi acuan
  • Memberitahukan materi pelajaran yg akan di bahas pada pertemuan saat itu
  • Memberikan tahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dsan kkm pada pertemuan berlangsung
  • Menjelasklan mekanisme pelaksaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkan pembelajaran

Mengamati
  1. Membaca Surah Al-Fatihah
  • Cermati dengan baik Al-Quran Surah Al-Fatihah
  • Bagi yang sudah lancar membaca, langsung saja membaca dengan tartil
  • Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surah Al-Fatihah
  • Ikuti langkah-langkah cara belajar membaca Al-Quran yang mudah

      2. Membaca dan Menghafal Q.S Al-Fatihah
Cermati Bapak atau Ibu Gurumu ketika membaca atau melafalkan ayat Al-Quran
Bacalah berulang-ulang sampai lancar!
Bacalah Q.S. Al-Fatihah dengan tartil!

Surat Al-fatihah






Kegiatan Penutup

Peserta didik :
a.  Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Guru :
·  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

0 comments:

Post a Comment