MATERI
AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
ALOKASI WAKTU :
pertemuan 1
TANGGAL : 12-16 Agustus 2019
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
- guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.Membaca QS surat an’nas surat an’nas adalah surat yang ke 144.Surat ini merupakan surat terakhir dalam kitab al-qur’an. Surat ini dinamai an-nas artinya manusia. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna.
- Mengamati kembali materi persyaratan dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitanya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
- Apabila materi/ tema/ projek ini dikerjakan dengan baik
- Dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Qs An-nas
- Menghapal surat An-nas
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dengan tujuan yang pembelajaran peserta didik diharapkan dapat: membaca QS An-nas dengan tartil, menulis kaliat-kalimat Qs-an’nas , menujukan hafalan Qs-An’nas, mengetaui makna qs surat Qs-an’nas dengan benar, mencontohkan prilaku saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implemntasi sebagai pemahaman Qs-an’nas memiliki sikap dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Qs-an-nas.
Pemberi acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yg akan di bahas pada pertemuan saat itu
- Memberikan tahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dsan kkm pada pertemuan berlangsung
- Menjelasklan mekanisme pelaksaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkan pembelajaran
Mengamati
1.
Membaca
Surah QS An-Nas
- Cermati dengan baik Al-Quran Surah An-Nas
- Bagi yang sudah lancar membaca, langsung membaca dengan tartil
- Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surah An-Nas
- Perharikan tanda baca fathah, kasrah, dammah, sukun dan tasydid pada huruf Al-Quran. Contoh huruf bertasydid: =dd dibaca= adda
- bacalah dari sebelah kanan, dengan suara yang jelas, bukan dalam hati
- huruf yang tidak ber-harakat atau bertanda baris tidak dibaca
- Contoh: اله الناس bunyi langsung dihubungkan kehuruf Lam bertasydid dibaca Illa, ada dua huruf yang dilewati yaitu huruf Lam dan Nun
- Perhatikan perubahan Syakal dan huruf-hurufnya.
2. Membaca
dan Menghafal QS An-Nas
Cermati bapak atau ibu gurumu
ketika membaca dan melafalkan ayat al-Qur’ān
Bacalah
berulang-ulang sampai lancar!
Bacalah
surah QS An-Nas dengan tartil!
Memiliki sikap berlindung kepada Allah
Surah an’nas berisi perintah kepada manusia. Perintah itu datangnya dari
Allah agar manusia memohon perlindungan kepada Allah.
Membaca al-Qur’an mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari
aku selalu membacanya. Aku bangga dan senang bisa membaca al-qur’an dengan
benar.
Surat An-Nas
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ
الرَّحِيْمِ
Bismillahirrohmaanirrohim
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ
qul a'ụżu
birabbin-nāsKatakanlah
Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
مَلِكِ النَّاسِۙ
malikin-nās
Raja
manusia,
اِلٰهِ النَّاسِۙ
ilāhin-nās
sembahan
manusia,
مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ
الْخَنَّاسِۖ
min
syarril-waswāsil-khannās
dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ
صُدُوْرِ النَّاسِۙ
allażī
yuwaswisu fī ṣudụrin-nās
yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
minal-jinnati wan-nās
dari (golongan) jin dan
manusia.
Huruf Hijaiyyah Bersambung
Pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan dengan: QS
An-Nas
Mengapa dinamakan Surat an-nas yang terdapat pada ayat pertama yang artinya manusia. Surat ke 114 dalam Al-Qur’an yang berjumlah 6 ayat dan termasuk golongan surat yang turun di Mekkah
atau disebut juga surat Makkiyah .
Tabel
di atas menjelaskan perubahan bentuk
huruf hijaiyah bila disambung baik di sambung di awal, tengah, maupun di akhir.
Perhatikan
huruf : ا د
ذ ر ز و
Huruf-huruf
itu tidak bisa dirangkai dengan huruf sesudahny.
Contoh:
Di akhir
|
Di tengah
|
Di awal
|
Huruf Haijaiyyah
|
اينا
|
ا
كذ ه
|
د
حل
|
ا
|
حميد
|
ا
كدا ه
|
د
لكم
|
د
|
احذ
|
عذا
ب
|
ذ
لكم
|
ذ
|
بصير
|
ير
سل
|
ر
خل
|
ر
|
لمز
|
حز
ن
|
ز
ينب
|
ز
|
لهو
|
حو
ل
|
و
خعل
|
و
|
Latihan
Sambunglah
huruf-huruf hijaiyyah berikut
خ
م ع ن
ك ه ي ن
و
د س
ك
د ب ب
ق ه ر
Kegiatan Penutup
Peserta Didik:
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Guru
- Memeriksa pelerjaan siswa yang selesai dan langsung diperiksa.
- Peserta didik yang telah selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek
- Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada yang menghafal dan telah hafal dengan baik
- mengagendakan pekerjaan rumah
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
0 comments:
Post a Comment