Monday, August 12, 2019

Materi Pendidikan Agama Islam Kelas 2 Semester1 (12-16 Agustus 2019)


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN             : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER             : II/SATU
TAHUN PELAJARAN           :2019/2020
ALOKASI WAKTU                : pertemuan 1
TANGGAL                             : 12-16 Agustus 2019


Kegiatan Pendahuluan

Guru :
  • guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran. 

Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.Membaca QS surat an’nas surat an’nas adalah surat yang ke 144.Surat ini merupakan surat terakhir dalam kitab al-qur’an. Surat ini dinamai an-nas artinya manusia. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna.
  • Mengamati kembali materi persyaratan dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitanya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
  • Apabila materi/ tema/ projek ini dikerjakan dengan baik
  • Dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Qs An-nas
  • Menghapal surat An-nas
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung dengan tujuan yang pembelajaran peserta didik diharapkan dapat: membaca QS An-nas dengan tartil, menulis kaliat-kalimat Qs-an’nas , menujukan hafalan Qs-An’nas, mengetaui makna qs surat Qs-an’nas dengan benar, mencontohkan prilaku saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implemntasi sebagai pemahaman Qs-an’nas memiliki sikap dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Qs-an-nas.

Pemberi acuan
  • Memberitahukan materi pelajaran yg akan di bahas pada pertemuan saat itu
  • Memberikan tahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dsan kkm pada pertemuan berlangsung
  • Menjelasklan mekanisme pelaksaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkan pembelajaran
Mengamati

1.         Membaca Surah QS An-Nas
  • Cermati dengan baik Al-Quran Surah An-Nas
  • Bagi yang sudah lancar membaca, langsung membaca dengan tartil
  • Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surah An-Nas
Ikuti langkah-langkah cara belajar membaca Al-Quran yang mudah berikut ini:
  • Perharikan tanda baca fathah, kasrah, dammah, sukun dan tasydid pada huruf Al-Quran. Contoh huruf bertasydid: =dd  dibaca= adda
  • bacalah dari sebelah kanan, dengan suara yang jelas, bukan dalam hati
  • huruf yang tidak ber-harakat atau bertanda baris tidak dibaca
  • Contoh: اله الناس  bunyi langsung dihubungkan kehuruf Lam bertasydid dibaca Illa, ada dua huruf yang dilewati yaitu huruf Lam dan Nun
  • Perhatikan perubahan Syakal dan huruf-hurufnya.
2.   Membaca dan Menghafal QS An-Nas
Cermati bapak atau ibu gurumu ketika membaca dan melafalkan ayat al-Qur’ān
Bacalah berulang-ulang  sampai lancar!
Bacalah surah  QS An-Nas dengan tartil!

Memiliki sikap berlindung kepada Allah
Surah an’nas berisi perintah kepada manusia. Perintah itu datangnya dari Allah agar manusia memohon perlindungan kepada Allah.
Membaca al-Qur’an mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari aku selalu membacanya. Aku bangga dan senang bisa membaca al-qur’an dengan benar.

Surat An-Nas

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrohmaanirrohim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

qul a'ụżu birabbin-nāsKatakanlah

Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ

malikin-nās

Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ

ilāhin-nās

sembahan manusia,

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

min syarril-waswāsil-khannās

dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

minal-jinnati wan-nās

dari (golongan) jin dan manusia.

Huruf Hijaiyyah Bersambung
Pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: QS An-Nas



Mengapa dinamakan Surat an-nas yang terdapat pada ayat pertama yang artinya manusia. Surat ke 114 dalam Al-Qur’an yang berjumlah 6 ayat dan termasuk golongan surat yang turun di Mekkah atau disebut juga surat Makkiyah .
Tabel di atas menjelaskan perubahan  bentuk huruf hijaiyah bila disambung baik di sambung di awal, tengah, maupun di akhir.
Perhatikan huruf :  ا د ذ ر ز و
Huruf-huruf itu tidak bisa dirangkai dengan huruf sesudahny.
Contoh:
Di akhir
Di tengah
Di awal
Huruf Haijaiyyah
اينا
ا كذ ه
د حل
ا
حميد
ا كدا  ه
د لكم
د
احذ
عذا ب
ذ لكم
ذ
بصير
ير سل
ر خل
ر
لمز
حز ن
ز ينب
ز
لهو
حو ل
و خعل
و

Latihan
Sambunglah huruf-huruf hijaiyyah berikut
خ م ع ن    
ك ه ي ن
و د س
ك د ب ب
ق ه ر


Kegiatan Penutup
Peserta Didik:
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Guru

  • Memeriksa pelerjaan siswa yang selesai dan langsung diperiksa.
  • Peserta didik yang telah selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek
  • Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada yang menghafal dan telah hafal dengan baik
  • mengagendakan pekerjaan rumah
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment