MATERI
AJAR
r
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : 1/SATU
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
TANGGAL : (29
Juli sd 3 Agustus 2019)
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan
ke 2
Guru :
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku
siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang
sesuai dengan tema pelajaran.
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Keuntungan Bersikap Jujur
Kasih sayang terhadap ciptaan Allah Swt.
|
1. Peserta
didik yang mempunyai pengalaman/cerita kehidupan sehari-hari
tentankasih sayang terhadap ciptaan allah, allah menciptakan manusia,
tumbuhan, dan binatang
Guru mengajak yang lain bertanya. Misalnya: apa yang kamu lihat tentang keuntungan bersikap jujur seperti itu?
2) Apabila
peserta didik mengalami
kesulitan, guru memberikan
bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara bertanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang
diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4)
Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh guru.
5) Guru mengaitkan dengan pokok pikiran
pembelajaran, yaitu Jujur akan membawa kebaikan. Misalnya,
orang jujur akan disenangi orangtua dan guru, serta memiliki
banyak teman.
6) Proses mendapatkan inspirasi hingga
tanggapan dan jawaban dalam diskusi dapat menggunakan gambar.
7) Peserta didik dapat mengemukakan isi
gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
9) Salah satu peserta didik atau perwakilan
kelompok diminta untuk menyimpulkan maksud isi gambar tersebut
10) Peserta didik diberi penjelasan tambahan
dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut
11)
Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama merenungkan
kalimat ini:
Di mana pun dan kapan pun
Aku harus bersikap jujur.
Aku tidak boleh berbohong.
Jika aku berbuat salah, aku akan meminta
maaf dan berkata jujur.
12)
Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
-
Peserta didik secara individu/berpasangan dengan teman sebangku/ kelompok
untuk diminta berdiskusi tentang keuntungannya kalau bersikap jujur
-
Ketertiban cara berdiskusi menjadi perhatian guru dan bahan penilaian
untuk sikap
13) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing
peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik
‘ya’ atau ‘tidak’.
14) Pada rubrik “Ayo Berlatih”, guru mengajak diskusi
tentang mental beberapa
siswa yang suka
menyontek pada saat
ulangan. Guru
berkesempatan menumbuhkan kesadaran bahwa menyontek saat ulangan adalah perbuatan yang sangat merugikan hingga masa tua.
15) Pada
rubrik "Tugas Kelompok", praktik
mendiskusikan masalah jujur
adalah pengulangan dengan tujuan penyadaran dan penemuan nilai
kejujuran. Namun yang paling ditekankan adalah siswa dapat mencontohkan, serta
menjelaskannya terkait dengan tidak berkata bohong,
jika bersalah segera minta maaf, memberikan barang orang lain kepada pemiliknya.).
|
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
a. Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
·
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru
:
·
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan
penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan
pekerjaan rumah.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
0 comments:
Post a Comment