Wednesday, July 23, 2025

Pembelajaran Kelas 4 Keberagaman

  


AYO BELAJAR AL-QUR’AN

Hari/Tgl            : Kamis,24 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 :   Asik Belajar Qs Al-Hujurat/49:13
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13
ATP                    : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan tartil yang baik dan benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Qs Al-Hujurat/49:13

                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

2. Apersepsi
Baik anak yang Sholih dan Sholehah  Hari ini kita akan membahas Qs Al-Hujurat/49:13 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik mampu membaca, surat-surat pendek (Qs Al-Hujurat/49:13) atau ayat Al-Qur'an dan penjelasan pesan pokoknya dengan baik  peserta mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan baik dan benar 

5. Materi 


Mari kita mengaji Qs al-Hujurat/49:13

Al-Hujurat · Ayat 13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ۝١٣

Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti.

Ayat Pokok dan Terjemahannya

Sebelum memulai, mari kita tampilkan ayat yang menjadi pusat pembelajaran kita.

Teks Arab:

يٰٓاَيُّهَاالنَّاسُاِنَّاخَلَقْنٰكُمْمِّنْذَكَرٍوَّاُنْثٰىوَجَعَلْنٰكُمْشُعُوْبًاوَّقَبَاۤىِٕلَلِتَعَارَفُوْاۚاِنَّاَكْرَمَكُمْعِنْدَاللّٰهِاَتْقٰىكُمْۗاِنَّاللّٰهَعَلِيْمٌخَبِيْرٌ

Terjemahan: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti."

Setelah memahami Qs Al- Hujurat/49:13 mari kita bentuk kelompok untuk memecahkan misi Detektif pemahaman Qs Al-Hujutar 

"Misi Detektif Ayat"

  • Bagi siswa menjadi 4-5 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan "lembar misi" yang berisi potongan ayat dan pertanyaan pemandunya.

  • Kelompok 1 (Tim Asal-Usul): Fokus pada يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى

    • Pertanyaan Misi: Siapa yang disapa oleh ayat ini? Mengapa Allah mengingatkan kita bahwa kita semua berasal dari "laki-laki dan perempuan" yang sama (Nabi Adam dan Hawa)? Apa artinya ini bagi hubungan kita sebagai sesama manusia?

  • Kelompok 2 (Tim Pelangi): Fokus pada وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ

    • Pertanyaan Misi: Apa bedanya syu'ub (bangsa) dan qabail (suku)? Mengapa Allah sengaja menciptakan kita berbeda-beda? Apakah perbedaan ini untuk saling sombong atau ada tujuan lain?

  • Kelompok 3 (Tim Jembatan): Fokus pada لِتَعَارَفُوْا

    • Pertanyaan Misi: Apa arti "saling mengenal"? Apakah hanya sebatas tahu nama? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk benar-benar "saling mengenal" dengan teman yang berbeda suku, agama, atau latar belakang?

  • Kelompok 4 (Tim Juara Sejati): Fokus pada اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ

    • Pertanyaan Misi: Menurut ayat ini, apa standar kemuliaan sejati di mata Allah? Apakah kekayaan, jabatan, atau keturunan? Jelaskan apa itu "takwa" dengan bahasamu sendiri!

  • Kelompok 5 (Tim Pengawas): Fokus pada اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

    • Pertanyaan Misi: Mengapa ayat ini ditutup dengan penegasan bahwa Allah Maha Mengetahui dan Mahateliti? Apa hubungannya dengan kemuliaan dan takwa?


6. Evalusi
  
Apa pesan utama yang terkandung dalam Q.S. Al-Hujurat/49:13?
A.Perintah untuk berperang melawan suku yang berbeda.
B.Penegasan bahwa semua manusia diciptakan sama dan yang paling mulia adalah yang paling bertakwa.
C.Anjuran untuk mengutamakan suku dan bangsa sendiri di atas yang lain.
D.Kewajiban untuk mempelajari semua bahasa di dunia.

Lanjutan dari potongan ayat '...Inna khalaqnakum min zakarin wa unsa wa ja'alnakum syu'uban wa qabaila...' adalah...
A.lita'arafu
B.litaskunu
C.litattaqun
D.lita'lamu

Mengapa Allah menciptakan manusia dalam berbagai suku dan bangsa (syu'uban wa qabaila)?
A.Agar mereka bisa saling mengenal satu sama lain.
B.Agar mereka bisa saling berperang dan menunjukkan kekuatan.
C.Agar manusia tetap terpisah dan tidak bercampur.
D.Agar menunjukkan adanya suku yang lebih superior dari yang lain.

Sikap yang bertentangan dengan ajaran Q.S. Al-Hujurat/49:13 adalah...
A.Berusaha meningkatkan kualitas iman dan takwa.
B.Menghargai perbedaan budaya dan adat istiadat.
C.Membangga-banggakan keturunan dan merendahkan suku lain.
D.Berteman dengan orang dari latar belakang yang berbeda.

Ayat ke-13 dari Surah Al-Hujurat menjelaskan tentang... a. Pentingnya menuntut ilmu b. Larangan berprasangka buruk c. Tujuan penciptaan manusia dalam keberagaman suku dan bangsa d. Kewajiban berbakti kepada orang tua

Menurut QS Al-Hujurat:13, tujuan Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa adalah agar... a. Saling bersaing dalam kekuasaan b. Saling mengenal dan memahami (ta'aruf) c. Saling menunjukkan keunggulan masing-masing d. Saling mencurigai dan menjauh

Pernyataan berikut yang paling sesuai dengan isi QS Al-Hujurat:13 adalah... a. Kedudukan manusia di sisi Allah ditentukan oleh harta dan jabatan. b. Kemuliaan seseorang di sisi Allah bergantung pada keturunannya. c. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. d. Semua manusia sama derajatnya tanpa ada perbedaan sama sekaliKonsep "takwa" 

dalam QS Al-Hujurat:13 menunjukkan bahwa kemuliaan seseorang di hadapan Allah tidak didasarkan pada hal-hal berikut, kecuali... a. Warna kulit b. Status sosial c. Ketaatan kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya d. Kekayaan

Hikmah yang dapat kita ambil dari QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan sehari-hari adalah... a. Mengembangkan sikap diskriminatif terhadap kelompok lain. b. Menghargai perbedaan dan menjalin persatuan. c. Berpegang teguh pada fanatisme golongan. d. Mengisolasi diri dari masyarakat yang berbeda

Soal Esai

  1. Jelaskan kandungan pokok dari QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Kandungan pokok QS Al-Hujurat:13 adalah tentang penciptaan manusia yang beragam suku dan bangsa dengan tujuan agar saling mengenal (ta'aruf). Ayat ini juga menegaskan bahwa kemuliaan seseorang di sisi Allah bukanlah karena keturunan, warna kulit, status sosial, atau kekayaan, melainkan karena tingkat ketakwaannya. Allah adalah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal segala sesuatu.

  2. Bagaimana QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menyikapi perbedaan dalam masyarakat? Jawaban: QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menghargai dan menerima perbedaan sebagai bagian dari ketetapan Allah. Perbedaan suku, bangsa, dan latar belakang seharusnya menjadi sarana untuk saling mengenal, memahami, dan berinteraksi secara positif, bukan menjadi sumber perpecahan atau konflik. Dengan demikian, ayat ini mendorong terciptanya masyarakat yang harmonis dan toleran.

  3. Sebutkan dan jelaskan makna "takwa" dalam konteks QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Dalam konteks QS Al-Hujurat:13, takwa memiliki makna sebagai ketaatan penuh kepada Allah, yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Takwa mencakup kesadaran hati untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah, sehingga mendorong seseorang untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan. Ayat ini menegaskan bahwa takwa adalah satu-satunya kriteria kemuliaan sejati di sisi Allah, melebihi segala bentuk perbedaan duniawi.

  4. Berikan dua contoh penerapan nilai-nilai QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan bermasyarakat! Jawaban:

    • Menghormati dan tidak merendahkan orang lain meskipun berbeda suku, agama, atau latar belakang sosial. Misalnya, tidak menggunakan panggilan atau julukan yang merendahkan berdasarkan suku atau ras.

    • Aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang menyatukan berbagai kelompok masyarakat, seperti kerja bakti lintas agama, bakti sosial bersama, atau dialog antarbudaya untuk mempererat tali persaudaraan dan saling memahami.

  5. Apa pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 kepada umat manusia? Jawaban: Pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 adalah bahwa martabat dan kemuliaan sejati seseorang tidak didasarkan pada identitas lahiriah seperti suku, ras, atau keturunan, melainkan pada kualitas batiniah yaitu ketakwaannya kepada Allah. Ayat ini menyerukan agar manusia menjunjung tinggi nilai persatuan dalam keberagaman, menghormati perbedaan, dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan dasar ketakwaan.

6 kesimpulan
 
 Kegiatan Pembelajaran yang menggunakan metode conteks tual CTL  Alhamdulilah dari keseluruhan siswa kelas 4 Yang berjumlah 22 Siswa keseluruhanya sudah memahami materi cara membaca Qs al-hujurat Beserta artinya hanya ada beberapa jumlah siswa yang masih kesulitan dalam menjelaskan arti dari Qs Al-Hujurat secara keseluruhan 

7. Penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."


Hari/Tgl            : Kamis,24 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 : Tatacara berwudhu dan shalat wajib
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Cardshord

                                                                 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik dapat mempraktikan Tatacara  Wudhu dan shalat dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu Mempraktikan Tatacara Wudhu dan Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Wudhu

berwudhu adalah bersuci menggunakan air bersih, untuk menghiangkan hadats kecil.

hadats adalah keadaan seseorang tidak suci yang menghalangi untuk beribadah kepada Allah.

2. Rukun Wudhu

rukun wudhu berjumlah 6 :

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. membasuh kedua tangan samapi siku
  4. mengusap kepala
  5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. tertib ( berurutan )

3. tata cara berwudhu secara lengkap,


Sesudah kita memhami tatacara berwudhu 
Mari kita amati materi tentang tatacara shalat dengan baik dan benar baik gerakan maupun pelafalan 


6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
 
 Kegiatan pemebelajran agama Islam mengunakan metode demontrasi keseluruhan siswa kelas 6 keseluruhan siswa sudah memhami tatacara berwudhu dan shalat secara tertib namun terdapat beberapa siswa yang masih kesulitan dalam doa sesudah wudhu dan lafal shalat doa tahiyat akhir 

7. Penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!


0 comments:

Post a Comment