Wednesday, July 30, 2025

Pembelajaran Agama Islam Kamis 31 Juli 2025

 AYO BELAJAR AL-QUR’AN

Hari/Tgl            : Kamis ,31 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 :   Asik Belajar Qs Al-Hujurat/49:13
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Murid mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13
ATP                    : Murid mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan tartil yang baik dan benar
Metode             : PBL
Alat Peraga      : PPT Qs Al-Hujurat/49:13

                                                                   


3. Capaian Pembelajaran 
        
Murid mampu membaca, surat-surat pendek (Qs Al-Hujurat/49:13) atau ayat Al-Qur'an dan penjelasan pesan pokoknya dengan baik  peserta mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Taujuan Pembelajaran 
  Murid mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan baik dan benar 

5. Materi 

Pembelajaran Hari ini Kita akan membahas tenteng 



A. Membaca Qs AL-hujurat/49:13
ketika kalian membaca Al-Qur'an perhatikan makharijul Huruf dan Hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan tersebut. Tulisan Qs Al-Hujurat/49:13 tersebut berwarna-warni dengan Tujuan Memudahkan  kalian  dalam membedakan Hukum bacaan 

Langkah-langkah kegitan pembelajaran 
Baik setelah kita mempelajari materi yang sudah kita pahami berasama kali ini kita akan mengerjakan LKPD seperti di bawah ini.  

Pasangkan ayat dan terjemakahan sesuai pengalaman dalam QS Al-hujurat
6. Evalusi
  

🔹 A. Pilihan Ganda

  1. Apa arti dari "Al-Hujurat" dalam bahasa Indonesia?
    a. Ruang rahasia
    b. Kamar-kamar
    c. Kebun-kebun
    d. Perjalanan jauh

  2. Salah satu adab berinteraksi yang diajarkan dalam QS Al-Hujurat adalah...
    a. Menjauhi perdagangan riba
    b. Mendahulukan prasangka buruk
    c. Tidak mengolok-olok sesama
    d. Berdoa di malam hari

  3. Dalam QS Al-Hujurat ayat 10 disebutkan bahwa orang-orang beriman itu adalah...
    a. Pemimpin yang adil
    b. Sahabat sejati
    c. Bersaudara
    d. Saling bersaing

  4. QS Al-Hujurat ayat 12 melarang kita untuk...
    a. Menyimpan harta
    b. Berbisik-bisik
    c. Mencuri
    d. Berprasangka buruk

  5. Isi pokok QS Al-Hujurat secara umum adalah...
    a. Kisah para nabi
    b. Hukum waris
    c. Etika sosial dan adab dalam masyarakat
    d. Tata cara shalat


🔹 B. Isian Singkat

  1. QS Al-Hujurat diturunkan di kota __________ (Mekah/Madinah).

  2. Ayat yang mengajarkan bahwa semua manusia sama derajatnya di sisi Allah kecuali karena takwa adalah ayat ke-____.

  3. Dalam QS Al-Hujurat, dilarang memanggil Rasulullah dengan ____________ sebagaimana kalian memanggil sesama.

  4. Salah satu larangan dalam QS Al-Hujurat adalah menggunjing atau melakukan __________ terhadap orang lain.

  5. Dalam QS Al-Hujurat, Allah menyuruh kita untuk memastikan __________ sebelum menerima berita dari orang fasik.


🔹 C. Uraian

  1. Jelaskan kandungan QS Al-Hujurat ayat 11 mengenai larangan mengolok-olok orang lain!

  2. Apa pesan persaudaraan yang terkandung dalam QS Al-Hujurat ayat 10?

  3. Mengapa Allah melarang berprasangka buruk dan mencari-cari kesalahan orang lain dalam QS Al-Hujurat?

  4. Jelaskan bagaimana QS Al-Hujurat mengajarkan tentang prinsip egalitarianisme (kesetaraan manusia)?

  5. Bagaimana penerapan ajaran QS Al-Hujurat dalam kehidupan bermasyarakat di era media sosial saat ini? 


6 kesimpulan
 Alhamdulillah hari ini kita sudah membahas Tentang Melafalkan QS Al-Hujurat di dalam pembelajaran kita mengunakan video pembelajaran memahami hukum bacaan dalam QS Al-hujurat dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan dari siswa semua siswa kelas 4a yang berjumlah 22 siswa, semuanya sudah memi materi QS Al-hujurat beserta artinya namun terdapat beberapa peserta didik yang masih belum tepat dalam memasangkan arti dan makna QS al-Hujurat/49:13

7. Penutup 

    Sebagai penutup pembelajaran hari ini, mari kita simpulkan bahwa QS Al-Hujurat merupakan surah yang mengajarkan pentingnya etika sosial, ukhuwah (persaudaraan), serta kesetaraan antar manusia. Melalui ayat-ayatnya, Allah SWT menekankan bahwa orang-orang beriman adalah bersaudara, kita dilarang berprasangka buruk, mengolok-olok, atau mencari kesalahan orang lain. Allah juga menegaskan bahwa kemuliaan manusia bukan diukur dari ras, suku, atau status sosial, melainkan dari ketakwaannya.

Dengan memahami dan mengamalkan ajaran QS Al-Hujurat, diharapkan kalian dapat:

  • Menumbuhkan sikap saling menghargai dalam keberagaman,

  • Menjadi pribadi yang menjunjung adab dalam berkomunikasi,


Hari/Tgl                      : Kamis, 31Juli  2025

Kelas                            : 6a
Tema                            : Tatacara berwudhu 
Metode                         : Demontrasi 
Model Pembelajaran  :
Alat Peraga                  : Cardshord


3. Capaian Pembelajaran 
        
Murid dapat mempraktikan Tatacara  Wudhu dengan tertib 

4. Taujuan Pembelajaran 
  Murid mampu Mempraktikan Tatacara Wudhu dan Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Wudhu

berwudhu adalah bersuci menggunakan air bersih, untuk menghiangkan hadats kecil.

hadats adalah keadaan seseorang tidak suci yang menghalangi untuk beribadah kepada Allah.

2. Rukun Wudhu

rukun wudhu berjumlah 6 :

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. membasuh kedua tangan samapi siku
  4. mengusap kepala
  5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. tertib ( berurutan )

3. tata cara berwudhu secara lengkap,


Sesudah kita memhami tatacara berwudhu 
Mari kita amati materi tentang tatacara shalat dengan baik dan benar baik gerakan maupun pelafalan 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran Hari ini adalah setelah peserta didik mendemontasikan Pelafalan niat berwudhu dan doa sesudah wudhu  di pimpin oleh guru lalu guru  membagi menjadi kelompok Akhi dan akhwat setelah itu dengan sesuai kelompoknya masing-masing peserta didik mendemontrasikan Kegiatan Praktik Berwudhu dan  Ibadah Shalat Wajid, kegitan pembelajaran di mulai dari melafalkan Niat Wudhu dan Doa Sesudah wudhu, setelah itu di bimbing oleh guru peserta didik di arahkan untuk mempraktikan kegiatan ibadah Shalat wajib 

Berikut kegiatan Demontasi peserta Didik dalam Mempraktikan Tatacara Berwudhu 





6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
alhamdulillah hari ini kita sudah membahas Tentang niat berwudhu dan sesudah wudhu di dalam pembeljaran kita mengunakan video pembelajaran caran Niat Berwudhu dan sesudah wudhu. Kemudian tatacara berwudhu dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan dari siswa semua siswa kelas 6a yang berjumlah 17 siswa, semuanya sudah memahami materi Niat wudhu dan doa sesudah wudhu namun terdapat beberapa peserta didik yang masih belum tepat dalam melafalka doa  sesudah wudhu dan akan di berikan Hafalan lanjutan untuk melatih pelafalan niat dan doanya lebih baik lagi. 


7. Penutup 

 Baik anak soleh dan solehah Ibadah shalat bukan hanya kewajiban, tapi juga bentuk kedekatan kita kepada Allah. Dengan berwudhu yang benar, kita mempersiapkan diri untuk shalat yang khusyuk dan diterima.

Dengan berwudhu yang benar, kita membersihkan diri lahir dan batin agar bisa menghadap Allah dalam keadaan suci. Dengan shalat yang tertib dan khusyuk, kita membangun hubungan yang kuat dengan Allah, memohon petunjuk, dan menjaga hati agar tetap bersih.

Ingatlah, anak-anak,
👉 Wudhu adalah adalah cara kita menjaga kesucian dalam badan untuk menjalankan ibadah shalat .
👉 Shalat adalah tiang agama dan penyejuk hati orang-orang beriman.

Mari kita biasakan menjaga wudhu, menunaikan shalat tepat waktu, dan memahami setiap gerakan serta doa di dalamnya, agar ibadah kita semakin bermakna dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Semoga ilmu hari ini menjadi amal jariyah, dan kita semua tumbuh menjadi pribadi yang taat, bersih hati, dan selalu dekat dengan Allah. Aamiin. 🤲




0 comments:

Post a Comment