Tuesday, July 29, 2025

Pembelajaran Pendidikn agama Islam Rabu, 30 Juli 2025

 

Hari/Tgl                      : Rabu, 30 Juli  2025

Kelas                            : 1a
Tema                            : Tatacara berwudhu 
Metode                         : Demontrasi 
Model Pembelajaran  :
Alat Peraga                  : Cardshord


3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik dapat mempraktikan Tatacara  Wudhu dengan tertib 

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu Mempraktikan Tatacara Wudhu dan Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Wudhu

berwudhu adalah bersuci menggunakan air bersih, untuk menghiangkan hadats kecil.

hadats adalah keadaan seseorang tidak suci yang menghalangi untuk beribadah kepada Allah.

2. Rukun Wudhu

rukun wudhu berjumlah 6 :

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. membasuh kedua tangan samapi siku
  4. mengusap kepala
  5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. tertib ( berurutan )

3. tata cara berwudhu secara lengkap,


Sesudah kita memhami tatacara berwudhu 
Mari kita amati materi tentang tatacara shalat dengan baik dan benar baik gerakan maupun pelafalan 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran Hari ini adalah setelah peserta didik mendemontasikan Pelafalan niat berwudhu dan doa sesudah wudhu  di pimpin oleh guru lalu guru  membagi menjadi kelompok Akhi dan akhwat setelah itu dengan sesuai kelompoknya masing-masing peserta didik mendemontrasikan Kegiatan Praktik Berwudhu dan  Ibadah Shalat Wajid, kegitan pembelajaran di mulai dari melafalkan Niat Wudhu dan Doa Sesudah wudhu, setelah itu di bimbing oleh guru peserta didik di arahkan untuk mempraktikan kegiatan ibadah Shalat wajib 

Berikut kegiatan Demontasi peserta Didik dalam Mempraktikan Tatacara Berwudhu 





6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
 alhamdulillah hari ini kita sudah membahas Tentang niat berwudhu dan sesudah wudhu di dalam pembeljaran kita mengunakan video pembelajaran caran Niat Berwudhu dan sesudah wudhu. Kemudian tatacara berwudhu dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan dari siswa semua siswa kelas 4a yang berjumlah 14 siswa, semuanya sudah memahami materi Niat wudhu dan doa sesudah wudhu namun terdapat beberapa peserta didik yang masih belum tepat dalam mrlafalkan niat wudhu dan doa sesudah wudhu dan akan di berikan Hafala lanjutan untuk melatih pelafalan niat dan doanya lebih baik lagi. 


7. Penutup 

 Baik anak soleh dan solehah Ibadah shalat bukan hanya kewajiban, tapi juga bentuk kedekatan kita kepada Allah. Dengan berwudhu yang benar, kita mempersiapkan diri untuk shalat yang khusyuk dan diterima.

Dengan berwudhu yang benar, kita membersihkan diri lahir dan batin agar bisa menghadap Allah dalam keadaan suci. Dengan shalat yang tertib dan khusyuk, kita membangun hubungan yang kuat dengan Allah, memohon petunjuk, dan menjaga hati agar tetap bersih.

Ingatlah, anak-anak,
👉 Wudhu adalah adalah cara kita menjaga kesucian dalam badan untuk menjalankan ibadah shalat .
👉 Shalat adalah tiang agama dan penyejuk hati orang-orang beriman.

Mari kita biasakan menjaga wudhu, menunaikan shalat tepat waktu, dan memahami setiap gerakan serta doa di dalamnya, agar ibadah kita semakin bermakna dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Semoga ilmu hari ini menjadi amal jariyah, dan kita semua tumbuh menjadi pribadi yang taat, bersih hati, dan selalu dekat dengan Allah. Aamiin. 🤲



Hari/Tgl            : Rabu , 30 Juli  2025

Kelas                 : Va
Tema                 :  Menyayangi anak yatim
Topik                 :  Qs Al-Maun
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik Mamapu Membaca,menghafal, dan memahami Pesan pokok Qs Al-Maun tentang    Keragaman dengan baik dan benar.

ATP                    : Peserta didik mampu membaca mengahafal Qs Al-Maun dengan baik dan  benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Menyayangi anak yatim, poster menyayangi nak yatim 


3. Capaian Pembelajaran 
     Peserta didik dapat membaca, menghafal,  menulis, dan memahami pesan pokok surahsurah  pendek (Qs Al-Ma'un) dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar.


4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik mampu membaca, menghafal,  menulis, dan memahami pesan pokok  Qs Al-Maun

5. Materi 

Baik anak Soleh dan Solehah kegitan kita hari ini membaca QS Al-Ma'un beserta artinya 
Sebelumnya amati QS Al-Ma'un di bawah ini. 

🕋 Materi Pendidikan Agama Islam: QS Al-Ma'un

📖 1. Teks Surah Al-Ma’un (الماعون)

Surah ke-107, terdiri dari 7 ayat:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

  1. أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ

  2. فَذَٰلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ

  3. وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

  4. فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ

  5. الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

  6. الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

  7. وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ


📌 2. Arti Surah Al-Ma’un

  1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

  2. Itulah orang yang menghardik anak yatim,

  3. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

  4. Maka celakalah orang-orang yang shalat,

  5. (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,

  6. yang berbuat riya (pamer),

  7. dan enggan (menolong dengan) barang yang berguna.


Hukum bacaan yang terdapat di dalam QS Al-Ma'un adalah. (Ikhfa,Idghom,Izhar)

3. Kandungan QS Al-Ma’un

  • Menegur orang yang pura-pura beriman, tapi tidak peduli pada anak yatim dan orang miskin.

  • Shalat saja tidak cukup jika tidak disertai keikhlasan dan kepedulian sosial.

  • Allah mencela orang yang shalat hanya ingin dilihat orang lain (riya’).

  • Orang beriman harus peduli, jujur, dan suka menolong orang lain, bahkan dalam hal kecil (ma’un = bantuan ringan).


🌱 4. Nilai-Nilai yang Dapat Dipetik

  1. Peduli kepada anak yatim dan fakir miskin.

  2. Menjaga shalat dengan benar dan tepat waktu.

  3. Tidak beribadah karena ingin dipuji.

  4. Suka menolong dan tidak pelit terhadap sesama.


🧠 5. Contoh Perilaku dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Memberi makanan kepada teman yang belum makan.

  • Menyumbang pakaian layak pakai untuk anak-anak kurang mampu.

  • Shalat tepat waktu dan dengan khusyuk.

  • Tidak sombong atau pamer dalam beribadah.

  • Meminjamkan alat tulis atau barang kecil kepada teman.


6. Evalusi
  

1. Evaluasi Kognitif (Pengetahuan)

A. Soal Pilihan Ganda:

  1. Apa arti dari “Al-Ma’un”?

    • a. Harta benda

    • b. Pertolongan kecil

    • c. Doa

    • d. Kebaikan besar
      Jawaban:

  2. QS Al-Ma’un termasuk golongan surah…

    • a. Madaniyah

    • b. Makkiyah

    • c. Madinah

    • d. Mekah
      Jawaban:

  3. Siapa yang dimaksud dalam ayat pertama surah Al-Ma’un?

    • a. Orang yang mendustakan agama

    • b. Orang yang mendirikan salat

    • c. Orang yang berzakat

    • d. Orang yang bersyukur
      Jawaban:

B. Soal Uraian Singkat:

  1. Tuliskan isi kandungan dari QS Al-Ma’un!

  2. Mengapa Allah mencela orang yang lalai dalam salat menurut QS Al-Ma’un?


6 Kesimpulan
alhamdulillah hari ini kita sudah membahas Tentang QS Al Ma'un di dalam pembelajaran kita mengunakan  PPT dan video pembelajaran Makna dari QS Al-Ma'un. Kemudian matari dari QS Al Ma'un dari pembelajaran tadi dapat disimpulkan dari siswa semua siswa kelas 5a yang berjumlah 11 siswa, semuanya sudah memahami materi mengenai Qs al-Ma'un Beserta artinya namu terdapat beberapa peserta didik yang masih belum tepat dalam menjelaskan makna QS Al- Ma'un, dan akan di berikan penugasn tambahan untuk mengembangkan pemehaman  Murid yang maish kesulitan menjelaskan makna QS Al-Ma'un

7.Penutup 
Qs Surat Al-Maun mengajarkan kita agar tidak mengahrdik anak yatim dan hendaknya tidak lalai dalam shalatnya 

0 comments:

Post a Comment