Sunday, July 27, 2025

Pembelajaran Senin 28 Juli 2025 kelas 1-3

 

AL-QUR'AN KITAB KU

Hari/Tgl            : Senin,28 Juli  2025

Kelas                 : 1
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Aku Tahu Huruf Hijaiyah Bersambung
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Gambar tanda Baca dan Huruf Hijiyah 

                                                                  

3. Capaian Pembelajaran 
        
    Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan         mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik  mampu  mengenal huruf hijaiah  bersambung
    

5. Materi 

Materi kita untuk hari ini adalah Huruf Hijaiyah bersambung 
anaku yang soleh dan solehah mari kita amati terlebih dahulu  mengenai Huruf Hijiyah dasar



Cara Menyambung Huruf Hijaiyah sebagai berikut 

1. Hurif yang tidak Bisa di sambung 


2. Cara Menyambung Huruf Hijaiyah bersambung di depan, tenganh dan Belakang 



Setelah soleh dan solehah memahmi materi cara menyambung huruf hijiayah bersambung mari kita aplikasikan pada lembar kerja di bawah ini 



Kegiatan Pembelajaran Pada Hari ini 
  1. Guru menyapa peserta didik dengan ramah dan penuh semangat:
    "Anak-anak yang soleh dan solehah, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh."

  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu mengenal dan mempraktikkan huruf hijaiyah bersambung.

  3. Ice breaking ringan  Tepuk semangat 

  1. Mengamati

    • Guru menampilkan gambar atau tulisan Huruf Hijaiyah dasar (berdiri sendiri).

    • Anak-anak diajak untuk mengamati bentuk-bentuk huruf hijaiyah.

  2. Menanya 

    • Guru memancing pertanyaan dengan kalimat:
      "Anak-anak, apakah kalian tahu huruf hijaiyah bisa disambung?"
      "Apa ada huruf yang tidak bisa disambung?"

  3. Menalar 

    • Guru menjelaskan:

      • Huruf-huruf hijaiyah yang tidak bisa disambung (contoh: alif, dal, dzal, ra, zay, waw).

      • Cara menyambung huruf hijaiyah di awal, tengah, dan akhir kata.

    • Siwa Berkreasi 

    • siswa di bimbing dengan guru menyambungkan beberapa Huruf Hijaiyah bersmbung sesuai dengan pemahaman siswa masing-masing 

  4. Mencoba 

    • Anak-anak diminta untuk mencocokan Huruf  huruf-huruf hijaiyah  berdiri sendiri dan bersambung melaui lembar Kerja peserat didik secara bersambung. 

    • Guru membimbing anak-anak yang kesulitan menyambung huruf.

Contoh Gamabar 

Anak-anak mengerjakan lembar kerja yang berisi latihan menyambung huruf hijaiyah.


6. Evalusi
    

Tentu, ini contoh evaluasi pilihan ganda tentang materi mengenal huruf Hijaiyah yang dirancang khusus untuk anak-anak kelas 1. Soal dibuat sederhana, dengan pilihan jawaban visual dan teks yang mudah dipahami.


Evaluasi Belajar Huruf Hijaiyah

Nama : ......................................... Kelas : 1 (Satu) Hari/Tanggal : .........................................

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, atau C!


1. Huruf apakah ini: ب A. Alif B. Ba C. Ta

2. Gambar di bawah ini adalah apel. Huruf pertama dari "Apel" dalam bahasa Arab adalah... A. ا (Alif) B. ب (Ba) C. ت (Ta)

3. Lihat huruf ini: ث . Berapa banyak titik yang ada di atasnya? A. Satu B. Dua C. Tiga

4. Manakah di antara huruf berikut yang tidak punya titik? A. ح B. ج C. خ

5. Huruf apakah yang bentuknya seperti perahu dengan dua titik di atasnya? A. ب (Ba) B. ت (Ta) C. ي (Ya)

6. Huruf ج (Jim) memiliki titik di... A. Atas B. Bawah C. Tengah

7. Huruf sesudah د (Dal) adalah... A. خ (Kha) B. ذ (Dzal) C. ر (Ra)

8. Lihat gambar ini: (Gambar Matahari). Matahari dalam bahasa Arab adalah "Syamsun". Huruf pertamanya adalah... A. س (Sin) B. ش (Syin) C. ص (Shad)

9. Huruf apakah ini: ق A. Fa B. Qaf C. Kaf

10. Manakah yang merupakan huruf ل (Lam)? A. ا B. ك C. ل

7. Kesimpulan 
Pada Kegitan Pembelajaran agama Islam mengenal Huruf Hijaiyah bersambung anak soleh dan soleh yang ber jumlah 14,  Keseluruhan sudah memahami materi huruf hijiyah bersambung namun ada  beberapa peserata didik yang masih kesulitan dalam menulis huruf hijaiyah bersambung, Guru akan memberikan penugasna lebih untuk peserta didik yang masih kesulitan dalam menulis Huruf Hijaiyag bersambung 
6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."



Kelas                 : II
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Menghafal Qs An-Nas 
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 

Metode             : CTL
Alat Peraga      : Pohon Kreasi Qs An-nas 

3. Capaian Pembelajaran 
 Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
   1.    Peserta didik mampu Memahami huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung.
    2. Peserta didik mampu Memahami Q.S. an-Nas, dengan benar 
    

5. Materi 

Mari kita memnghahafal Qs An-Na dengan Baik dan benar 


Mari Bersma-sama kita pelajari dengan seksama besrta memahami dengan arti per ayat nya 
setelah anak soleh dan solehah memahami materi di atas kita akan aplikasihakn dengan mengerjakan lembar kerja di bawah ini 





Kegitan Pemebeajaran Pada Hari ini mengenai cara melafalkan Qs An-Nasr 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

6. Evalusi
    

📘 A. Pilihan Ganda

1. Surah An-Nas terdiri dari berapa ayat?
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas terdiri dari 6 ayat dan termasuk surah Makkiyah.


2. Apa arti dari “An-Nas”?
A. Jin
B. Manusia
C. Tuhan
D. Perlindungan
Jawaban: 
🔎 Pembahasan: "An-Nas" dalam bahasa Arab berarti "manusia".


3. Surah An-Nas mengajarkan kita untuk memohon perlindungan kepada...
A. Malaikat
B. Nabi
C. Allah
D. Orang saleh
Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah ini mengajarkan kita agar memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan.


4. Siapakah yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia dalam QS An-Nas?
A. Malaikat
B. Nabi
C. Jin dan manusia
D. Allah
Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Ayat terakhir menyebutkan bahwa pembisik itu berasal dari golongan jin dan manusia.


5. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah...
A. Thiwal
B. Makkiyah
C. Madaniyah
D. Mutasyabihat
Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas turun di Makkah, sehingga termasuk surah Makkiyah.


📘 B. Isian Singkat

6. Tuliskan ayat pertama dari Surah An-Nas!
Jawaban: Qul a‘ūdzu birabbin-nās
(قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ)


7. Dalam Surah An-Nas, Allah disebut dengan tiga sifat. Sebutkan!
Jawaban:

  • Rabbin-nās (Tuhan manusia)

  • Malikin-nās (Raja manusia)

  • Ilāhin-nās (Sesembahan manusia)


8. Apa pesan utama dari Surah An-Nas?
Jawaban:

 perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan yang tersembunyi.


9. Siapa yang disebut waswāsil khannās dalam Surah An-Nas?
Jawaban:


10. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah pendek yang disebut...
Jawaban: 

7. Kesimpulan 


6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."

0 comments:

Post a Comment