Sunday, July 27, 2025

ulasan

  

AL-QUR'AN KITAB KU

Hari/Tgl            : Senin,28 Juli  2025

Kelas                 : 1
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Aku Tahu Huruf Hijaiyah Bersambung
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Gambar tanda Baca dan Huruf Hijiyah 

                                                                  

3. Capaian Pembelajaran 
        
    Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan         mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik  mampu  mengenal huruf hijaiah  bersambung
    

5. Materi 

Materi kita untuk hari ini adalah Huruf Hijaiyah bersambung 
anaku yang soleh dan solehah mari kita amati terlebih dahulu  mengenai Huruf Hijiyah dasar



Cara Menyambung Huruf Hijaiyah sebagai berikut 

1. Hurif yang tidak Bisa di sambung 


2. Cara Menyambung Huruf Hijaiyah bersambung di depan, tenganh dan Belakang 



Setelah soleh dan solehah memahmi materi cara menyambung huruf hijiayah bersambung mari kita aplikasikan pada lembar kerja di bawah ini 






 


6. Evalusi
    

Tentu, ini contoh evaluasi pilihan ganda tentang materi mengenal huruf Hijaiyah yang dirancang khusus untuk anak-anak kelas 1. Soal dibuat sederhana, dengan pilihan jawaban visual dan teks yang mudah dipahami.


Evaluasi Belajar Huruf Hijaiyah

Nama : ......................................... Kelas : 1 (Satu) Hari/Tanggal : .........................................

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, atau C!


1. Huruf apakah ini: ب A. Alif B. Ba C. Ta

2. Gambar di bawah ini adalah apel. Huruf pertama dari "Apel" dalam bahasa Arab adalah... A. ا (Alif) B. ب (Ba) C. ت (Ta)

3. Lihat huruf ini: ث . Berapa banyak titik yang ada di atasnya? A. Satu B. Dua C. Tiga

4. Manakah di antara huruf berikut yang tidak punya titik? A. ح B. ج C. خ

5. Huruf apakah yang bentuknya seperti perahu dengan dua titik di atasnya? A. ب (Ba) B. ت (Ta) C. ي (Ya)

6. Huruf ج (Jim) memiliki titik di... A. Atas B. Bawah C. Tengah

7. Huruf sesudah د (Dal) adalah... A. خ (Kha) B. ذ (Dzal) C. ر (Ra)

8. Lihat gambar ini: (Gambar Matahari). Matahari dalam bahasa Arab adalah "Syamsun". Huruf pertamanya adalah... A. س (Sin) B. ش (Syin) C. ص (Shad)

9. Huruf apakah ini: ق A. Fa B. Qaf C. Kaf

10. Manakah yang merupakan huruf ل (Lam)? A. ا B. ك C. ل

7. Kesimpulan 


6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."



Kelas                 : II
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Menghafal Qs An-Nas 
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 

Metode             : CTL
Alat Peraga      : Pohon Kreasi Qs An-nas 

3. Capaian Pembelajaran 
 Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
   1.    Peserta didik mampu Memahami huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung.
    2. Peserta didik mampu Memahami Q.S. an-Nas, dengan benar 
    

5. Materi 

Mari kita memnghahafal Qs An-Na dengan Baik dan benar 


Mari Bersma-sama kita pelajari dengan seksama besrta memahami dengan arti per ayat nya 
setelah anak soleh dan solehah memahami materi di atas kita akan aplikasihakn dengan mengerjakan lembar kerja di bawah ini 





6. Evalusi
    

📘 A. Pilihan Ganda

1. Surah An-Nas terdiri dari berapa ayat?
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
✅ Jawaban: B. 6
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas terdiri dari 6 ayat dan termasuk surah Makkiyah.


2. Apa arti dari “An-Nas”?
A. Jin
B. Manusia
C. Tuhan
D. Perlindungan
✅ Jawaban: B. Manusia
🔎 Pembahasan: "An-Nas" dalam bahasa Arab berarti "manusia".


3. Surah An-Nas mengajarkan kita untuk memohon perlindungan kepada...
A. Malaikat
B. Nabi
C. Allah
D. Orang saleh
✅ Jawaban: C. Allah
🔎 Pembahasan: Surah ini mengajarkan kita agar memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan.


4. Siapakah yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia dalam QS An-Nas?
A. Malaikat
B. Nabi
C. Jin dan manusia
D. Allah
✅ Jawaban: C. Jin dan manusia
🔎 Pembahasan: Ayat terakhir menyebutkan bahwa pembisik itu berasal dari golongan jin dan manusia.


5. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah...
A. Thiwal
B. Makkiyah
C. Madaniyah
D. Mutasyabihat
✅ Jawaban: B. Makkiyah
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas turun di Makkah, sehingga termasuk surah Makkiyah.


📘 B. Isian Singkat

6. Tuliskan ayat pertama dari Surah An-Nas!
✅ Jawaban: Qul a‘ūdzu birabbin-nās
(قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ)


7. Dalam Surah An-Nas, Allah disebut dengan tiga sifat. Sebutkan!
✅ Jawaban:

  • Rabbin-nās (Tuhan manusia)

  • Malikin-nās (Raja manusia)

  • Ilāhin-nās (Sesembahan manusia)


8. Apa pesan utama dari Surah An-Nas?
✅ Jawaban: Memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan yang tersembunyi.


9. Siapa yang disebut waswāsil khannās dalam Surah An-Nas?
✅ Jawaban: Setan yang suka membisikkan kejahatan ke dalam hati manusia.


10. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah pendek yang disebut...
✅ Jawaban: Al-Mu'awwidzatain

7. Kesimpulan 


6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Thursday, July 24, 2025

Pembelajaran Praktik ibadah kelas 5

 

Hari/Tgl            : Jum'at, 25 Juli  2025

Kelas                 : Va
Tema                 : Tatacara berwudhu dan shalat wajib
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Cardshord

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

                                                  


3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik dapat mempraktikan Tatacara  Wudhu dan shalat dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu Mempraktikan Tatacara Wudhu dan Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Wudhu

berwudhu adalah bersuci menggunakan air bersih, untuk menghiangkan hadats kecil.

hadats adalah keadaan seseorang tidak suci yang menghalangi untuk beribadah kepada Allah.

2. Rukun Wudhu

rukun wudhu berjumlah 6 :

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. membasuh kedua tangan samapi siku
  4. mengusap kepala
  5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. tertib ( berurutan )

3. tata cara berwudhu secara lengkap,


Sesudah kita memhami tatacara berwudhu 
Mari kita amati materi tentang tatacara shalat dengan baik dan benar baik gerakan maupun pelafalan 

Kegiatan Pembelajaran Hari ini adalah setelah peserta didik mendemontasikan Pelafalan niat berwudhu dan doa sesudah wudhu  di pimpin oleh guru lalu guru  membagi menjadi kelompok Akhi dan akhwat setelah itu dengan sesuai kelompoknya masing-masing peserta didik mendemontrasikan Kegiatan Praktik Berwudhu dan  Ibadah Shalat (Subuh)

Berikut kegiatan Demontasi peserta Didik dalam Mempraktikan Tatacara Berwudhu 




6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
 


7. Penutup 
baik anaku yang soleh dan solehah stelah melakukan kegitan pemebelajaran di atas, semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan ibadah shalat semoga allah mudahkan kita dalam memahmi pembelajaran Aaamin 

Wednesday, July 23, 2025

Pembelajaran Kelas 4 Keberagaman

  


AYO BELAJAR AL-QUR’AN

Hari/Tgl            : Kamis,24 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 :   Asik Belajar Qs Al-Hujurat/49:13
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13
ATP                    : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan tartil yang baik dan benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Qs Al-Hujurat/49:13

                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

2. Apersepsi
Baik anak yang Sholih dan Sholehah  Hari ini kita akan membahas Qs Al-Hujurat/49:13 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik mampu membaca, surat-surat pendek (Qs Al-Hujurat/49:13) atau ayat Al-Qur'an dan penjelasan pesan pokoknya dengan baik  peserta mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan baik dan benar 

5. Materi 


Mari kita mengaji Qs al-Hujurat/49:13

Al-Hujurat · Ayat 13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ۝١٣

Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti.

Ayat Pokok dan Terjemahannya

Sebelum memulai, mari kita tampilkan ayat yang menjadi pusat pembelajaran kita.

Teks Arab:

يٰٓاَيُّهَاالنَّاسُاِنَّاخَلَقْنٰكُمْمِّنْذَكَرٍوَّاُنْثٰىوَجَعَلْنٰكُمْشُعُوْبًاوَّقَبَاۤىِٕلَلِتَعَارَفُوْاۚاِنَّاَكْرَمَكُمْعِنْدَاللّٰهِاَتْقٰىكُمْۗاِنَّاللّٰهَعَلِيْمٌخَبِيْرٌ

Terjemahan: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti."

Setelah memahami Qs Al- Hujurat/49:13 mari kita bentuk kelompok untuk memecahkan misi Detektif pemahaman Qs Al-Hujutar 

"Misi Detektif Ayat"

  • Bagi siswa menjadi 4-5 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan "lembar misi" yang berisi potongan ayat dan pertanyaan pemandunya.

  • Kelompok 1 (Tim Asal-Usul): Fokus pada يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى

    • Pertanyaan Misi: Siapa yang disapa oleh ayat ini? Mengapa Allah mengingatkan kita bahwa kita semua berasal dari "laki-laki dan perempuan" yang sama (Nabi Adam dan Hawa)? Apa artinya ini bagi hubungan kita sebagai sesama manusia?

  • Kelompok 2 (Tim Pelangi): Fokus pada وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ

    • Pertanyaan Misi: Apa bedanya syu'ub (bangsa) dan qabail (suku)? Mengapa Allah sengaja menciptakan kita berbeda-beda? Apakah perbedaan ini untuk saling sombong atau ada tujuan lain?

  • Kelompok 3 (Tim Jembatan): Fokus pada لِتَعَارَفُوْا

    • Pertanyaan Misi: Apa arti "saling mengenal"? Apakah hanya sebatas tahu nama? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk benar-benar "saling mengenal" dengan teman yang berbeda suku, agama, atau latar belakang?

  • Kelompok 4 (Tim Juara Sejati): Fokus pada اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ

    • Pertanyaan Misi: Menurut ayat ini, apa standar kemuliaan sejati di mata Allah? Apakah kekayaan, jabatan, atau keturunan? Jelaskan apa itu "takwa" dengan bahasamu sendiri!

  • Kelompok 5 (Tim Pengawas): Fokus pada اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

    • Pertanyaan Misi: Mengapa ayat ini ditutup dengan penegasan bahwa Allah Maha Mengetahui dan Mahateliti? Apa hubungannya dengan kemuliaan dan takwa?


6. Evalusi
  
Apa pesan utama yang terkandung dalam Q.S. Al-Hujurat/49:13?
A.Perintah untuk berperang melawan suku yang berbeda.
B.Penegasan bahwa semua manusia diciptakan sama dan yang paling mulia adalah yang paling bertakwa.
C.Anjuran untuk mengutamakan suku dan bangsa sendiri di atas yang lain.
D.Kewajiban untuk mempelajari semua bahasa di dunia.

Lanjutan dari potongan ayat '...Inna khalaqnakum min zakarin wa unsa wa ja'alnakum syu'uban wa qabaila...' adalah...
A.lita'arafu
B.litaskunu
C.litattaqun
D.lita'lamu

Mengapa Allah menciptakan manusia dalam berbagai suku dan bangsa (syu'uban wa qabaila)?
A.Agar mereka bisa saling mengenal satu sama lain.
B.Agar mereka bisa saling berperang dan menunjukkan kekuatan.
C.Agar manusia tetap terpisah dan tidak bercampur.
D.Agar menunjukkan adanya suku yang lebih superior dari yang lain.

Sikap yang bertentangan dengan ajaran Q.S. Al-Hujurat/49:13 adalah...
A.Berusaha meningkatkan kualitas iman dan takwa.
B.Menghargai perbedaan budaya dan adat istiadat.
C.Membangga-banggakan keturunan dan merendahkan suku lain.
D.Berteman dengan orang dari latar belakang yang berbeda.

Ayat ke-13 dari Surah Al-Hujurat menjelaskan tentang... a. Pentingnya menuntut ilmu b. Larangan berprasangka buruk c. Tujuan penciptaan manusia dalam keberagaman suku dan bangsa d. Kewajiban berbakti kepada orang tua

Menurut QS Al-Hujurat:13, tujuan Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa adalah agar... a. Saling bersaing dalam kekuasaan b. Saling mengenal dan memahami (ta'aruf) c. Saling menunjukkan keunggulan masing-masing d. Saling mencurigai dan menjauh

Pernyataan berikut yang paling sesuai dengan isi QS Al-Hujurat:13 adalah... a. Kedudukan manusia di sisi Allah ditentukan oleh harta dan jabatan. b. Kemuliaan seseorang di sisi Allah bergantung pada keturunannya. c. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. d. Semua manusia sama derajatnya tanpa ada perbedaan sama sekaliKonsep "takwa" 

dalam QS Al-Hujurat:13 menunjukkan bahwa kemuliaan seseorang di hadapan Allah tidak didasarkan pada hal-hal berikut, kecuali... a. Warna kulit b. Status sosial c. Ketaatan kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya d. Kekayaan

Hikmah yang dapat kita ambil dari QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan sehari-hari adalah... a. Mengembangkan sikap diskriminatif terhadap kelompok lain. b. Menghargai perbedaan dan menjalin persatuan. c. Berpegang teguh pada fanatisme golongan. d. Mengisolasi diri dari masyarakat yang berbeda

Soal Esai

  1. Jelaskan kandungan pokok dari QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Kandungan pokok QS Al-Hujurat:13 adalah tentang penciptaan manusia yang beragam suku dan bangsa dengan tujuan agar saling mengenal (ta'aruf). Ayat ini juga menegaskan bahwa kemuliaan seseorang di sisi Allah bukanlah karena keturunan, warna kulit, status sosial, atau kekayaan, melainkan karena tingkat ketakwaannya. Allah adalah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal segala sesuatu.

  2. Bagaimana QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menyikapi perbedaan dalam masyarakat? Jawaban: QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menghargai dan menerima perbedaan sebagai bagian dari ketetapan Allah. Perbedaan suku, bangsa, dan latar belakang seharusnya menjadi sarana untuk saling mengenal, memahami, dan berinteraksi secara positif, bukan menjadi sumber perpecahan atau konflik. Dengan demikian, ayat ini mendorong terciptanya masyarakat yang harmonis dan toleran.

  3. Sebutkan dan jelaskan makna "takwa" dalam konteks QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Dalam konteks QS Al-Hujurat:13, takwa memiliki makna sebagai ketaatan penuh kepada Allah, yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Takwa mencakup kesadaran hati untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah, sehingga mendorong seseorang untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan. Ayat ini menegaskan bahwa takwa adalah satu-satunya kriteria kemuliaan sejati di sisi Allah, melebihi segala bentuk perbedaan duniawi.

  4. Berikan dua contoh penerapan nilai-nilai QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan bermasyarakat! Jawaban:

    • Menghormati dan tidak merendahkan orang lain meskipun berbeda suku, agama, atau latar belakang sosial. Misalnya, tidak menggunakan panggilan atau julukan yang merendahkan berdasarkan suku atau ras.

    • Aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang menyatukan berbagai kelompok masyarakat, seperti kerja bakti lintas agama, bakti sosial bersama, atau dialog antarbudaya untuk mempererat tali persaudaraan dan saling memahami.

  5. Apa pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 kepada umat manusia? Jawaban: Pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 adalah bahwa martabat dan kemuliaan sejati seseorang tidak didasarkan pada identitas lahiriah seperti suku, ras, atau keturunan, melainkan pada kualitas batiniah yaitu ketakwaannya kepada Allah. Ayat ini menyerukan agar manusia menjunjung tinggi nilai persatuan dalam keberagaman, menghormati perbedaan, dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan dasar ketakwaan.

6 kesimpulan
 
 Kegiatan Pembelajaran yang menggunakan metode conteks tual CTL  Alhamdulilah dari keseluruhan siswa kelas 4 Yang berjumlah 22 Siswa keseluruhanya sudah memahami materi cara membaca Qs al-hujurat Beserta artinya hanya ada beberapa jumlah siswa yang masih kesulitan dalam menjelaskan arti dari Qs Al-Hujurat secara keseluruhan 

7. Penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."


Hari/Tgl            : Kamis,24 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 : Tatacara berwudhu dan shalat wajib
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Cardshord

                                                                 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik dapat mempraktikan Tatacara  Wudhu dan shalat dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu Mempraktikan Tatacara Wudhu dan Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Wudhu

berwudhu adalah bersuci menggunakan air bersih, untuk menghiangkan hadats kecil.

hadats adalah keadaan seseorang tidak suci yang menghalangi untuk beribadah kepada Allah.

2. Rukun Wudhu

rukun wudhu berjumlah 6 :

  1. Niat
  2. Membasuh wajah
  3. membasuh kedua tangan samapi siku
  4. mengusap kepala
  5. membasuh kedua kaki sampai mata kaki
  6. tertib ( berurutan )

3. tata cara berwudhu secara lengkap,


Sesudah kita memhami tatacara berwudhu 
Mari kita amati materi tentang tatacara shalat dengan baik dan benar baik gerakan maupun pelafalan 


6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
 
 Kegiatan pemebelajran agama Islam mengunakan metode demontrasi keseluruhan siswa kelas 6 keseluruhan siswa sudah memhami tatacara berwudhu dan shalat secara tertib namun terdapat beberapa siswa yang masih kesulitan dalam doa sesudah wudhu dan lafal shalat doa tahiyat akhir 

7. Penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!


Tuesday, July 22, 2025

Pembelajaran Kelas 1 Al-Qur'an Kitabku

 

AL-QUR'AN KITAB KU

Hari/Tgl            : Rabu,23 Juli  2025

Kelas                 : 1
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Aku Tahu Huruf Hijaiyah
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya,
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  dan harakatnya
Metode             : CTL
Alat Peraga      : Gambar tanda Baca dan Huruf Hijiyah 

                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

2. Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? 
Semoga kita semua selalu dberikan kesehatan oleh Allah Swt dan kita semua harus tetap semangat dalam pembelajaran ya nakk!...😊
Baik, Ananda Sholih dan Sholiha Umi Euis 
Sebelum memulai pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pagi hari ini, pastikan anak-anak sekalian sudah mendengarkan tausiah, melaksanakan sholat Dhuha dan tadarus Al-Qur'an yaa…

Alhamdulillah... Hari ini kita di pertemukan kembali dalam keadaan sehat wal 'afiyat. Hari ini kita akan membahas Huruf Hijaiyah 

3. Capaian Pembelajaran 
        
    Peserta didik mampu mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan         mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya,
    

5. Materi 


Al-Qur'an Kitab ku


Anak-anak yang shalih dan shalihah, coba lihat apa yang Bapak/Ibu guru pegang? Ini adalah Al-Qur'an.

  • Al-Qur'an adalah kitab suci kita, kitab suci umat Islam.

  • Al-Qur'an itu sangat istimewa, lho! Isinya adalah perkataan Allah, Tuhan kita semua.

  • Bayangkan, Al-Qur'an ini seperti surat cinta dari Allah untuk kita, supaya kita menjadi anak yang baik dan disayang Allah.

Poin Kunci: Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam, berisi firman (perkataan) Allah.

 Siapa yang Membawa Al-Qur'an?

Dahulu, Allah memberikan Al-Qur'an ini kepada Nabi kita yang paling kita cintai. Siapa nama Nabi kita? Benar! Nabi Muhammad SAW.

Allah mengutus Malaikat Jibril untuk menyampaikan ayat-ayat Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad. Lalu, Nabi Muhammad mengajarkannya kepada kita semua.

Poin Kunci: Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Apa Saja Isi Al-Qur'an?

Di dalam Al-Qur'an, ada banyak sekali hal-hal baik:

  • Ada huruf-huruf Hijaiyah (Alif, Ba, Ta, Tsa...).

  • Ada cerita-cerita seru tentang para Nabi.

  • Ada petunjuk agar kita jadi anak pintar, jujur, dan baik hati.

  • Ada doa-doa yang bisa kita baca.

Setiap hari kita shalat, kita juga membaca salah satu surat dari Al-Qur'an, yaitu Surat Al-Fatihah.

Poin Kunci: Al-Qur'an berisi petunjuk kebaikan, cerita, dan doa.

 Bagaimana Sikapku terhadap Al-Qur'an? (Adab)

Karena Al-Qur'an adalah kitab yang suci dan istimewa, kita harus memperlakukannya dengan baik. Ini caranya:

  1. Tangan Harus Bersih: Sebelum memegang Al-Qur'an, pastikan tangan kita bersih. Lebih baik lagi kalau kita berwudhu dulu.

  2. Mengambil dengan Tangan Kanan: Ambil dan pegang Al-Qur'an dengan tangan kanan ya.

  3. Simpan di Tempat Tinggi: Setelah selesai membaca, simpan Al-Qur'an di tempat yang tinggi dan bersih. Tidak boleh ditaruh di lantai.

  4. Membaca dengan Pelan: Kalau kita belajar mengaji, bacalah dengan suara yang pelan dan bagus.

  5. Mendengarkan dengan Tenang: Kalau ada teman atau guru yang membaca Al-Qur'an, kita dengarkan dengan tenang dan tidak berisik.

Poin Kunci: Kita harus hormat dan menjaga kesucian Al-Qur'an.

 Cara Membaca Beberapa Huruf Hijaiyah yang akan kita baca dalam Al-Qur'an  


6. Evalusi
    

Tentu, ini contoh evaluasi pilihan ganda tentang materi mengenal huruf Hijaiyah yang dirancang khusus untuk anak-anak kelas 1. Soal dibuat sederhana, dengan pilihan jawaban visual dan teks yang mudah dipahami.


Evaluasi Belajar Huruf Hijaiyah

Nama : ......................................... Kelas : 1 (Satu) Hari/Tanggal : .........................................

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, atau C!


1. Huruf apakah ini: ب A. Alif B. Ba C. Ta

2. Gambar di bawah ini adalah apel. Huruf pertama dari "Apel" dalam bahasa Arab adalah... A. ا (Alif) B. ب (Ba) C. ت (Ta)

3. Lihat huruf ini: ث . Berapa banyak titik yang ada di atasnya? A. Satu B. Dua C. Tiga

4. Manakah di antara huruf berikut yang tidak punya titik? A. ح B. ج C. خ

5. Huruf apakah yang bentuknya seperti perahu dengan dua titik di atasnya? A. ب (Ba) B. ت (Ta) C. ي (Ya)

6. Huruf ج (Jim) memiliki titik di... A. Atas B. Bawah C. Tengah

7. Huruf sesudah د (Dal) adalah... A. خ (Kha) B. ذ (Dzal) C. ر (Ra)

8. Lihat gambar ini: (Gambar Matahari). Matahari dalam bahasa Arab adalah "Syamsun". Huruf pertamanya adalah... A. س (Sin) B. ش (Syin) C. ص (Shad)

9. Huruf apakah ini: ق A. Fa B. Qaf C. Kaf

10. Manakah yang merupakan huruf ل (Lam)? A. ا B. ك C. ل

7. Kesimpulan 
Alhamdulillah  peserta didik kelas 1a yang berjumlah. 14 peserta didik, Keseluruhan Peserta didik sudah memahami materi mengenal huruf Hijaiyah dan harokatnya. Hanya ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam membedakan tanda baca Da dan dza 

6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."


Pembelajaran Kelas 5 Agama Islam Qs Al-Maun

 


AYO BELAJAR AL-QUR’AN

Hari/Tgl            : Rabu ,23 Juli  2025

Kelas                 : Va
Tema                 :  Menyayangi anak yatim
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik Mamapu Membaca,menghafal, dan memahami Pesan pokok Qs Al-Maun tentang    Keragaman dengan baik dan benar.

ATP                    : Peserta didik mampu membaca mengahafal Qs Al-Maun dengan baik dan  benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Menyayangi anak yatim, poster menyayangi nak yatim 


                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

2. Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? 
Semoga kita semua selalu dberikan kesehatan oleh Allah Swt dan kita semua harus tetap semangat dalam pembelajaran ya nakk!...😊
Baik, Ananda Sholih dan Sholiha Umi Euis 
Sebelum memulai pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pagi hari ini, pastikan anak-anak sekalian sudah mendengarkan tausiah, melaksanakan sholat Dhuha dan tadarus Al-Qur'an yaa…

Alhamdulillah... Hari ini kita di pertemukan kembali dalam keadaan sehat wal 'afiyat. Hari ini kita akan membahas menyayangi anak yatim 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik dapat membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok Qs Al-Maun dan ayat Al-Qur'an tentang keragaman dengan baik dan benar 

4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik Mamapu Membaca,menghafal, dan memahami Pesan pokok Qs Al-Maun tentang             Keragaman dengan baik dan benar.

5. Materi 

Ayo, Membaca Surat al-Ma’un

Amati dan bacalah al-Qur’an Surat al-Ma’un di bawah ini dengan baik. Perhatikan tanda tasyid. Apakah kamu mengalami kesulitan membaca Surat al-Ma’un? Jika mengalami kesulitan, maka cobalah baca penggalan ayat Surat al-Ma’un dengan pelan-pelan ayat demi ayat.

Silakan tirukan bacaan di video ini secara berulang-ulang sampai lancar.

video membaca qs al-maun

Makna Kandungan Surat al-Ma’un

Bacalah ayat dan arti Surat al-Ma’un berikut dengan sungguh-sungguh. Allah Swt. mengawali surat ini dengan pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?” Pertanyaan itu dijawab sendiri oleh Allah Swt., seperti berikut.

Orang yang mendustakan agama itu mempunyai ciri sebagaimana berikut.

1. Orang yang menghardik anak yatim. Menghardik maksudnya membentak atau menyakiti fisik maupun perasaannya. Misalnya mengatakan kepada mereka “Hei anak yatim”.

2. Orang yang tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Kemudian Allah Swt. mengemukakan orang yang celaka, yaitu:

  1. Orang yang lalai dari shalatnya,
  2. Berbuat ria (mempertontonkan amal perbuatan baiknya kepada orang lain), dan
  3. Orang yang enggan (menolong dengan) memberikan bantuan barang berguna.

Sikap terpuji apa sajakah yang dapat diambil dari ayat di atas?

Sikap terpuji yang dapat diambil dari ayat di atas dan perlu kita amalkan ialah:

  • Mencintai dan menyayangi anak yatim. Misalnya kita berteman dengan baik, bertutur kata yang santun kepada mereka.
  • Menyayangi dan memberi makan orang-orang miskin. Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang punya (kaya) membantu orang yang tak berpunya (miskin).
  • Shalat ditegakkan atau dilakukan tepat waktu. Apabila tiba waktu salat bersegeralah menunaikannya.
  • Hindari perbuatan riya’ yang mempertontonkan amal perbuatan baik.
  • Hendaklah memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan. Mengapa? Karena manusia itu adalah makhluk sosial, satu dengan lainnya saling membutuhkan.
6. Evalusi
  

1. Surah Al-Ma'un adalah surah ke-107 dalam Al-Qur'an. Apa arti dari "Al-Ma'un"? A. Anak Yatim B. Orang Miskin C. Barang-barang yang Berguna D. Pendusta Agama

2. Berapakah jumlah ayat dalam Surah Al-Ma'un? A. 5 ayat B. 6 ayat C. 7 ayat D. 8 ayat

3. Dalam ayat pertama, Allah SWT bertanya, "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?". Menurut ayat kedua, salah satu ciri pendusta agama adalah... A. Orang yang lalai dari shalatnya B. Orang yang menghardik anak yatim C. Orang yang berbuat riya' D. Orang yang enggan menolong

4. Selain menghardik anak yatim, ciri lain dari pendusta agama yang disebutkan dalam surah ini adalah... A. Tidak mau membayar zakat B. Tidak mau berpuasa C. Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin D. Tidak mau pergi haji

5. Allah SWT memberikan ancaman "Maka celakalah..." yang ditujukan kepada... A. Orang-orang yang tidak mau shalat B. Orang-orang yang shalat C. Anak-anak yatim D. Orang-orang miskin

6. Mengapa orang-orang yang shalat pada ayat di atas disebut celaka? Karena mereka... A. Shalat dengan sangat cepat B. Lalai dari shalatnya C. Shalat di rumah saja D. Lupa jumlah rakaat

7. Ahmad selalu mengerjakan shalat, tetapi niatnya hanya agar dilihat dan dipuji oleh gurunya. Perilaku Ahmad yang suka pamer dalam beribadah ini disebut... A. Ikhlas B. Tawakal C. Riya' D. Syukur

8. Perilaku terakhir yang dicela dalam Surah Al-Ma'un adalah... A. Suka berbohong B. Enggan menolong dengan barang yang berguna C. Durhaka pada orang tua D. Mengambil hak orang lain

9. Perhatikan beberapa perilaku berikut:

  1. Menyayangi anak yatim

  2. Shalat agar dipuji teman

  3. Memberi makan orang miskin

  4. Lalai saat mengerjakan shalat

Perilaku yang sesuai dengan ajaran dalam Surah Al-Ma'un ditunjukkan oleh nomor... A. 1 dan 2 B. 2 dan 4 C. 1 dan 3 D. 3 dan 4

10. Pesan utama yang dapat kita ambil dari Surah Al-Ma'un adalah bahwa iman kepada Allah harus dibuktikan dengan... A. Hanya rajin beribadah kepada Allah saja B. Hanya peduli kepada sesama manusia saja C. Ibadah yang benar dan kepedulian terhadap sesama D. Memberikan semua harta kita


Kunci Jawaban

  1. C. Barang-barang yang Berguna

  2. C. 7 ayat

  3. B. Orang yang menghardik anak yatim

  4. C. Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin

  5. B. Orang-orang yang shalat (yang memiliki sifat-sifat tercela)

  6. B. Lalai dari shalatnya

  7. C. Riya'

  8. B. Enggan menolong dengan barang yang berguna

  9. C. 1 dan 3

  10. C. Ibadah yang benar dan kepedulian terhadap sesama

6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."


Monday, July 21, 2025

Pembelajaran Kelas 4 Qs Al-Hujurat/49:13

 


AYO BELAJAR AL-QUR’AN

Hari/Tgl            : Selasa ,22 Juli  2025

Kelas                 : IVa
Tema                 :   Asik Belajar Qs Al-Hujurat/49:13
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13
ATP                    : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan tartil yang baik dan benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Qs Al-Hujurat/49:13

                                                                   
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Tabiik Puunnn...

صباح الخير ...   كيف حالكم؟

I Hope you will be fine and good😊
Jangan lupa melafadzkan Basmallah dan membaca do’a!

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

2. Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? 
Semoga kita semua selalu dberikan kesehatan oleh Allah Swt dan kita semua harus tetap semangat dalam pembelajaran ya nakk!...😊
Baik, Ananda Sholih dan Sholiha Umi Euis 
Sebelum memulai pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pagi hari ini, pastikan anak-anak sekalian sudah mendengarkan tausiah, melaksanakan sholat Dhuha dan tadarus Al-Qur'an yaa…

Alhamdulillah... Hari ini kita di pertemukan kembali dalam keadaan sehat wal 'afiyat. Hari ini kita akan membahas Qs Al-Hujurat/49:13 

3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik mampu membaca, surat-surat pendek (Qs Al-Hujurat/49:13) atau ayat Al-Qur'an dan penjelasan pesan pokoknya dengan baik  peserta mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan baik dan benar 

5. Materi 

Mari kita mengaji Qs al-Hujurat/49:13

Al-Hujurat · Ayat 13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ۝١٣yâ ayyuhan-nâsu innâ khalaqnâkum min dzakariw wa untsâ wa ja‘alnâkum syu‘ûbaw wa qabâ'ila lita‘ârafû, inna akramakum ‘indallâhi atqâkum, innallâha ‘alîmun khabîrWahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti.



6. Evalusi
  

Soal Pilihan Ganda

  1. Ayat ke-13 dari Surah Al-Hujurat menjelaskan tentang... a. Pentingnya menuntut ilmu b. Larangan berprasangka buruk c. Tujuan penciptaan manusia dalam keberagaman suku dan bangsa d. Kewajiban berbakti kepada orang tua

    Jawaban: c

  2. Menurut QS Al-Hujurat:13, tujuan Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa adalah agar... a. Saling bersaing dalam kekuasaan b. Saling mengenal dan memahami (ta'aruf) c. Saling menunjukkan keunggulan masing-masing d. Saling mencurigai dan menjauhi

    Jawaban: b

  3. Pernyataan berikut yang paling sesuai dengan isi QS Al-Hujurat:13 adalah... a. Kedudukan manusia di sisi Allah ditentukan oleh harta dan jabatan. b. Kemuliaan seseorang di sisi Allah bergantung pada keturunannya. c. Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. d. Semua manusia sama derajatnya tanpa ada perbedaan sama sekali.

    Jawaban: c

  4. Konsep "takwa" dalam QS Al-Hujurat:13 menunjukkan bahwa kemuliaan seseorang di hadapan Allah tidak didasarkan pada hal-hal berikut, kecuali... a. Warna kulit b. Status sosial c. Ketaatan kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya d. Kekayaan

    Jawaban: c

  5. Hikmah yang dapat kita ambil dari QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan sehari-hari adalah... a. Mengembangkan sikap diskriminatif terhadap kelompok lain. b. Menghargai perbedaan dan menjalin persatuan. c. Berpegang teguh pada fanatisme golongan. d. Mengisolasi diri dari masyarakat yang berbeda.

    Jawaban: b


Soal Esai

  1. Jelaskan kandungan pokok dari QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Kandungan pokok QS Al-Hujurat:13 adalah tentang penciptaan manusia yang beragam suku dan bangsa dengan tujuan agar saling mengenal (ta'aruf). Ayat ini juga menegaskan bahwa kemuliaan seseorang di sisi Allah bukanlah karena keturunan, warna kulit, status sosial, atau kekayaan, melainkan karena tingkat ketakwaannya. Allah adalah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal segala sesuatu.

  2. Bagaimana QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menyikapi perbedaan dalam masyarakat? Jawaban: QS Al-Hujurat:13 mengajarkan kita untuk menghargai dan menerima perbedaan sebagai bagian dari ketetapan Allah. Perbedaan suku, bangsa, dan latar belakang seharusnya menjadi sarana untuk saling mengenal, memahami, dan berinteraksi secara positif, bukan menjadi sumber perpecahan atau konflik. Dengan demikian, ayat ini mendorong terciptanya masyarakat yang harmonis dan toleran.

  3. Sebutkan dan jelaskan makna "takwa" dalam konteks QS Al-Hujurat:13! Jawaban: Dalam konteks QS Al-Hujurat:13, takwa memiliki makna sebagai ketaatan penuh kepada Allah, yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Takwa mencakup kesadaran hati untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah, sehingga mendorong seseorang untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan. Ayat ini menegaskan bahwa takwa adalah satu-satunya kriteria kemuliaan sejati di sisi Allah, melebihi segala bentuk perbedaan duniawi.

  4. Berikan dua contoh penerapan nilai-nilai QS Al-Hujurat:13 dalam kehidupan bermasyarakat! Jawaban:

    • Menghormati dan tidak merendahkan orang lain meskipun berbeda suku, agama, atau latar belakang sosial. Misalnya, tidak menggunakan panggilan atau julukan yang merendahkan berdasarkan suku atau ras.

    • Aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang menyatukan berbagai kelompok masyarakat, seperti kerja bakti lintas agama, bakti sosial bersama, atau dialog antarbudaya untuk mempererat tali persaudaraan dan saling memahami.

  5. Apa pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 kepada umat manusia? Jawaban: Pesan moral utama yang ingin disampaikan oleh Allah SWT melalui QS Al-Hujurat:13 adalah bahwa martabat dan kemuliaan sejati seseorang tidak didasarkan pada identitas lahiriah seperti suku, ras, atau keturunan, melainkan pada kualitas batiniah yaitu ketakwaannya kepada Allah. Ayat ini menyerukan agar manusia menjunjung tinggi nilai persatuan dalam keberagaman, menghormati perbedaan, dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan dasar ketakwaan.

II. Isian Singkat

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

  1. Jumlah ayat dalam Surat Ad-Duha adalah ... ayat.

  2. Lanjutan dari ayat Wa wajadaka 'ā'ilan... adalah ... .

  3. Arti dari falā taqhar adalah janganlah engkau ... .

  4. Dua waktu yang digunakan Allah untuk bersumpah di awal surat adalah waktu ... dan waktu ... .

  5. Surat Ad-Duha mengajarkan kita untuk selalu bersikap ... atas semua nikmat yang diterima.


6 penutup 

"Alhamdulillah! Hebat sekali anak-anak shalih dan shalihah hari ini!

Tadi kita sudah kenalan sama huruf apa saja ya? (memberi kesempatan siswa menjawab: Alif, Ba, Ta, Tsa...). Masya Allah, pintar semua! Ingat ya, huruf-huruf ini adalah kunci supaya nanti kita bisa membaca Al-Qur'an, surat cinta dari Allah.

Jangan lupa di rumah diulang lagi ya, boleh sambil nyanyi sama Ayah atau Bunda. Sekarang, kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca Hamdalah bersama-sama... Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Terima kasih untuk hari ini, sampai jumpa di pelajaran selanjutnya! Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh."