Monday, September 15, 2025

PEMBELAJARAN SELASA 16 SEPTEMBER 2025

 

   


Hari/Tgl            : Selasa , 16 September 2025

Kelas                 : 6a
Tema                 :   Allah Maha Segalanya
Topik                 :  Makna Al-Gaffar, Al-Afuw, Al-Wahid dan As-samad
Elemen/CP        : Akhlak
ATP                    : Murid mampu  mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tangntangan yang bis amuncul dari kergaman di indonesia 

Metode              : Pbl
Alat Peraga       : Ponter Mengenal berbagai macan agama di indonesia

3. Capaian Pembelajaran 
   Murid mampu  mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tangntangan yang bis amuncul dari kergaman di indonesia  peserta didik memahami arti ideologi dsederhana dan pandangan  hidup dan memahami penting menjadi  kesatuan atas keberagaman 


4. Taujuan Pembelajaran 
   Memahami Peran Manusia Menjadi Lingkungan 

5. Materi

Materi tentang keberagaman agama mencakup pengertiannya sebagai ragam agama yang hidup berdampingan di suatu wilayah, sejarah masuknya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu ke Indonesia, perannya dalam kehidupan masyarakat, serta pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan di tengah perbedaan keyakinan tersebut. 
1. Pengertian Keberagaman Agama
Keberagaman agama adalah kondisi di mana masyarakat tidak hanya menganut satu agama saja, tetapi memiliki berbagai agama berbeda yang hidup berdampingan dalam satu wilayah atau negara. 
2. Agama-Agama yang Ada di Indonesia
Indonesia mengakui enam agama resmi, yaitu: 
  • Islam: Mayoritas penduduk Indonesia, dibawa oleh pedagang Arab dan Persia sejak abad ke-7 atau 8.
  • Kristen: Diperkirakan masuk pada abad ke-16 melalui bangsa Eropa.
  • Katolik: Dibawa oleh misionaris Portugis dan Spanyol, juga pada abad ke-16.
  • Hindu: Masuk melalui pedagang India dan Tiongkok pada awal abad ke-4, ditandai dengan berdirinya Kerajaan Kutai dan Tarumanegara.
  • Buddha: Masuk dari India pada abad ke-8 dan berkembang dari ajaran Tripitaka.
  • Konghucu: Berasal dari ajaran Konfusius, juga masuk dan berkembang di Indonesia.






6.Evalusi
  

Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

  1. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa Allah memiliki sifat …
    A. Al-‘Adl
    B. Al-‘Alim
    C. Al-Qadir
    D. As-Sami’

  2. Yang termasuk bukti kebesaran Allah adalah …
    A. Gadget canggih
    B. Alam semesta yang teratur
    C. Bangunan pencakar langit
    D. Kendaraan modern

  3. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, bahkan yang tersembunyi. Ini menunjukkan sifat …
    A. Al-Khabir
    B. Al-Matin
    C. Al-Ahad
    D. Al-Mujib

  4. Kita harus bersyukur kepada Allah karena …
    A. Allah menciptakan segala kebutuhan kita
    B. Kita memiliki banyak teman
    C. Kita punya uang
    D. Kita bisa bermain setiap hari

  5. Contoh sikap percaya bahwa Allah Maha Mengetahui adalah …
    A. Mencontek saat ujian
    B. Menyembunyikan kesalahan dari guru
    C. Selalu jujur meskipun tidak ada yang melihat
    D. Menghindar dari tanggung jawab


B. Isian Singkat

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!

  1. Sifat Allah yang berarti Maha Kuasa adalah …

  2. Contoh ciptaan Allah di langit adalah …

  3. Allah mengetahui apa yang kita … dan apa yang kita …

  4. Sifat Allah yang berarti Maha Mendengar adalah …

  5. Jika kita yakin bahwa Allah Maha Melihat, maka kita harus bersikap …

    C. Soal Uraian

    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!

    1. Jelaskan apa maksud dari “Allah Maha Segalanya”!

    2. Sebutkan tiga contoh ciptaan Allah yang menunjukkan kebesaran-Nya!

    3. Mengapa kita tidak boleh sombong atas apa yang kita miliki?

    4. Bagaimana cara menunjukkan keimanan bahwa Allah Maha Mengetahui dalam kehidupan sehari-hari?

    5. Apa akibatnya jika seseorang tidak percaya bahwa Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui?


6 penutup 

“Anak-anak, hari ini kita belajar tentang Allah maha segalanya dengan mengenal mengenal asmaul husna allah 

0 comments:

Post a Comment