KISI-KISI
Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kelas : II (Dua)
Jumlah
Soal : 30 soal
Semester : 2 (Dua)
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Keterangan
|
1
|
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah (Hamdalah)
|
Kalimat Tayyibah
|
§ Siswa dapat mengartikan kalimat thayyibah (hamdalah)
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menentukan nama lain dari kalimat tayyibah (hamdalah)
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menerapkan kalimat thayyibah (hamdalah) dalam
kehidupan sehari-hari
|
L2
|
PG
|
|
|||
2
|
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt.yang terkandung dalam al-asma'
al-husna (ar-Razzaq, al-Hamid, dan asy-syakur)
|
Asmaul-Husna
|
§ Siswa dapat mengartikan al-Asma al-Husnā
“ar-Razzaq”
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi bukti bahwa Allah Swt bersifat
“al-Hamīd,”
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat mengidentifikasi bukti bahwa Allah Swt bersifat “asy-Syakūr”
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menentukan balasan dari
Allah bagi orang yang berbuat kebaikan
|
L2
|
PG
|
|
|||
3
|
3.3 Mengenal Allah swt. melalui dalil aqli
|
Mengenal Allah SWT
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi bukti keberadaan Allah Swt. melalui ciptaan-ciptaan-Nya yang berupa
benda-benda konkrit.
|
L1
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menegaskan bahwa iman kepada
Allah Swt. merupakan salah satu rukun iman
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat mengaitkan salah satu contoh dalil aqli
|
L3
|
PG
|
|
|||
4
|
3.4 Memahami sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah
hati dalam kehidupan sehari-hari
|
Akhlaq terpuji
|
§ Siswa dapat menguraikan arti syukur nikmat
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menerangkan cara mensyukuri
nikmat Allah Swt.
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat mengartikan pengertian sikap
hidup sederhana
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat mengartikan pengertian rendah
hati
|
L2
|
PG
|
|
|||
5
|
3.5 Mengetahui adab ketika bersin dalam
kehidupan sehari-hari
|
Adab bersin
|
§ Siswa dapat mengemukakan adab ketika bersin
|
L2
|
PG
|
|
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat menyimpulkan do’a
ketika bersin
|
L3
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menerapkan adab ketika
bersin
|
L2
|
PG
|
|
|||
6
|
3.6 Menjelaskan sikap sombong dan cara
menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ahlak tercela
|
§ Siswa dapat mengartikan pengertian
sombong
|
L2
|
PG
|
|
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat membandingkan akibat perilaku sombong dari kisah al-qomah
|
L3
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat mencontohkan perilaku sombong
|
L2
|
PG
|
|
|||
7
|
3.1
Mengetahui kalimat tayyibah (Hamdalah).
|
Kalimat Tayyibah
|
§ Siswa dapat menunjukkan kalimat thayyibah
hamdalah
|
L1
|
PG
|
|
8
|
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt.yang
terkandung dalam al-asma' al-husna (ar-Razzaq, al-Hamid, dan asy-syakur)
|
Asmaul-Husna
|
§ Siswa dapat mengartikan pengertian asmaul
husnaasy-syakur
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat mengaitkan bahwa orang yang
bersyukur akan ditambah nikmatnya oleh Allah
|
L3
|
PG
|
|
|||
9
|
3.3 Mengenal Allah swt. melalui dalil aqli
|
Mengenal Allah SWT
|
§ Siswa dapat menentukan nama surat dalam
al Qur’an yang membuktikan keberadaan Allah Swt
|
L2
|
PG
|
|
10
|
3.4 Memahami
sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan
sehari-hari
|
Akhlaq terpuji
|
§ Siswa dapat menerapkan sikap syukur
nikmat dalam kehidupan sehari-hari
|
L2
|
PG
|
Terintegrasi
|
§ Siswa dapat mencontohkansikap hidup
sederhana
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menerapkan sikap rendah hati
dalam kehidupan sehari-hari
|
L2
|
PG
|
|
|||
11
|
3.5 Mengetahui adab ketika bersin dalam
kehidupan sehari-hari
|
Adab bersin
|
§ Siswa dapat menentukan do’a yang
diucapkan ketika mendengar orang bersin
|
L2
|
PG
|
|
12
|
3.6 Menjelaskan sikap sombong dan cara
menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ahlak tercela
|
§ Siswa dapat mengemukakan akibat dari sifat
sombong
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menerangkan cara menghindari
sifat sombong
|
L2
|
PG
|
|
0 comments:
Post a Comment