Thursday, April 2, 2020

Kisi-kisi Aqidah Akhlak Kelas 2


KISI-KISI
Alokasi Waktu    : 90 menit
Mata Pelajaran  : Akidah Akhlak
Kurikulum         : Kurikulum 2013
Kelas                   : II (Dua)
Jumlah Soal       : 30 soal
Semester             : 2 (Dua)
                           
Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Keterangan
1
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah (Hamdalah)
Kalimat Tayyibah
§  Siswa dapat mengartikan kalimat thayyibah (hamdalah)
L2
PG

§  Siswa dapat menentukan  nama lain dari kalimat tayyibah (hamdalah)
L2
PG

§  Siswa dapat menerapkan  kalimat thayyibah (hamdalah) dalam kehidupan sehari-hari
L2
PG

2
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt.yang terkandung dalam al-asma' al-husna (ar-Razzaq, al-Hamid, dan asy-syakur)
Asmaul-Husna
§  Siswa dapat mengartikan al-Asma al-Husnā “ar-Razzaq
L2
PG

§  Siswa dapat mengidentifikasi bukti bahwa Allah Swt bersifat  al-Hamīd,”
L1
PG

§  Siswa dapat mengidentifikasi bukti bahwa Allah Swt bersifat “asy-Syakūr”
L1
PG

§  Siswa dapat menentukan balasan dari Allah bagi orang yang berbuat kebaikan
L2
PG

3
3.3 Mengenal Allah swt. melalui dalil aqli
Mengenal Allah SWT
§  Siswa dapat mengidentifikasi bukti keberadaan Allah Swt. melalui ciptaan-ciptaan-Nya yang berupa benda-benda konkrit.
L1
PG

§  Siswa dapat menegaskan bahwa iman  kepada  Allah Swt. merupakan salah satu rukun iman
L2
PG

§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat mengaitkan salah satu contoh dalil aqli
L3
PG

4
3.4 Memahami sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
Akhlaq terpuji
§  Siswa dapat menguraikan  arti syukur nikmat
L2
PG

§  Siswa dapat menerangkan cara mensyukuri nikmat Allah Swt.
L2
PG

§  Siswa dapat mengartikan pengertian sikap hidup sederhana
L2
PG

§  Siswa dapat mengartikan pengertian rendah hati
L2
PG

5
3.5 Mengetahui adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari     
Adab bersin
§  Siswa dapat mengemukakan  adab ketika bersin
L2
PG

§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat menyimpulkan  do’a ketika bersin
L3
PG

§  Siswa dapat menerapkan adab ketika bersin
L2
PG

6
3.6 Menjelaskan sikap sombong dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
Ahlak tercela

§  Siswa dapat mengartikan pengertian sombong
L2
PG

§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat membandingkan akibat perilaku sombong  dari kisah al-qomah
L3
PG

§  Siswa dapat mencontohkan perilaku sombong
L2
PG

7
3.1  Mengetahui kalimat tayyibah (Hamdalah). 
Kalimat Tayyibah
§  Siswa dapat menunjukkan kalimat thayyibah hamdalah
L1
PG

8
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt.yang terkandung dalam al-asma' al-husna (ar-Razzaq, al-Hamid, dan asy-syakur)         
Asmaul-Husna
§  Siswa dapat mengartikan pengertian asmaul husnaasy-syakur
L2
PG

§  Siswa dapat mengaitkan bahwa orang yang bersyukur akan ditambah nikmatnya oleh Allah
L3
PG

9
3.3 Mengenal Allah swt. melalui dalil aqli         
Mengenal Allah SWT
§  Siswa dapat menentukan nama surat dalam al Qur’an yang membuktikan keberadaan Allah Swt
L2
PG

10
3.4 Memahami sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
Akhlaq terpuji
§  Siswa dapat menerapkan sikap syukur nikmat dalam kehidupan sehari-hari
L2
PG
Terintegrasi
§  Siswa dapat mencontohkansikap hidup sederhana
L2
PG

§  Siswa dapat menerapkan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
L2
PG

11
3.5 Mengetahui adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari     
Adab bersin
§  Siswa dapat menentukan do’a yang diucapkan ketika mendengar orang bersin
L2
PG

12
3.6 Menjelaskan sikap sombong dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
Ahlak tercela
§  Siswa dapat mengemukakan akibat dari sifat sombong
L2
PG

§  Siswa dapat menerangkan cara menghindari sifat sombong
L2
PG




0 comments:

Post a Comment