Thursday, April 2, 2020

Kisi-kisi Aqidah Akhlak Kelas 1


KISI-KISI
Alokasi Waktu    : 90 menit
Mata Pelajaran  : Akidah Akhlak                           
Kurikulum         : Kurikulum 2013
Kelas                   : I  (Satu)                                         
Jumlah Soal       : 30 soal
Semester:           : 2 (Dua)                                                                                                                                   
Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Keterangan
1
3.1 Mengenal enam rukun iman
Rukun Iman
§  Siswa dapat menerangkanpengertianrukun
L2
PG

§  Siswa dapat menentukan sebutan  orang yang beriman
L2
PG

§  Siswa dapat menentukan jumlah nabi dan rosul Allah yang wajib diketahui
L2
PG

§  Siswa dapat menyebutkan isi rukun iman yang ke 5
L1
PG

2
3.2 Mengenal dua kalimah syahadat sebagai
bagian dari rukun islam yang pertama
Dua kalimat syahadat
§  Siswa dapat melafalkan kalimat syahadat
L1
PG

§  Disajikan arti lafal syahadat tauhid, siswa dapat mengaitkanarti lafal tersebut termasuk syahadat tauhid
L3
PG

§  Disajikan lafal syahadat rasul, siswa dapat mengartikan lafal syahadat rosul
L2
PG

3
3.3 mengenal sifat-sifat Allah swt yang terkandung dalam asmaul husna ( al-ahad dan al-khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya
Asmaul Husna
§  Siswa dapat menunjukkan bahwa Allah maha esa adalah arti asmaul husna Al ahad
L1
PG

§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat mengartikan asmaul husna Al Kholiq
L2
PG

§  Disajikan kisah nabi Ibrahim,siswa dapat menunjukkan bahwa nabi Ibrahim hidup pada zaman raja Namrudz
L1
PG

4
3.4 Memahami perilaku akhlaq terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
Akhlak terpuji
§  Disajikan gambar, siswa dapat menganalisis kegiatan menjaga kebersihan rumah
L3
PG

§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat mencontohkan sikap hidup rukun di lingkungan sekolah
L1
PG

§  Siswa dapat menyebutkan pentingnya hidup bersih sebagai pangkal kesehatan
L1
PG

5
3.5 memahami adab mandi dan berpakaian
Adab Mandi dan Berpakaian
§  Disajikan do’a keluar kamar mandi, siswa dapat menerapkan bacaan doa tersebut
L2
PG

§  Siswa dapat menyebutkan langkah kaki yang harus didahulukan ketika masuk kamar mandi
L1
PG

§  Siswa dapat menyebutkan anggota badan yang harus didahulukan ketika berpakaian
L1
PG

§  Siswa dapat menunjukkan tata cara mandi yang tepat
L1
PG

6
3.6 Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya
Ahlak Tercela
§  Siswa dapat menerangkan pengertian akhlak tercela
L2
PG
Terintegrasi
§  Disajikan ilustrasi, siswa dapat menunjukkan salah satu contoh hidup kotor
L1
PG

§  Siswa dapat menentukan cara menghindari hidup kotor dengan benar
L2
PG

7
3.1 Mengenal enam rukun iman
Rukun Iman
§  Siswa dapat menerangkanpengertian iman
L2
PG

§  Siswa dapat menyebutkan malaikat yang bertugas mencatat amal baik  
L1
PG

8
3.2 Mengenal dua kalimah syahadat sebagai
bagian dari rukun islam yang pertama           
Dua kalimat syahadat
§  Siswa dapat menuliskan nama lain dari dua kalimat syahadat
L1
PG

§  Siswa dapat menyebutkan waktu mengucapkan syahadat
L1
PG

9
3.3 mengenal sifat-sifat Allah swt yang terkandung dalam asmaul husna ( al-ahad dan al-khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya
Asmaul Husna
§  Siswadapat menamai sebutan nama-nama Allah yang baik
L1
PG

§  siswa dapat menyebutkan jumlah asmaul husna yang ada dalam al Quran
L1
PG

10
3.4 Memahami perilaku akhlaq terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
Akhlak terpuji
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlak terpuji
L1
PG

11
3.5 memahami adab mandi dan berpakaian
Adab Mandi dan Berpakaian
§  Siswa dapat menegaskan bahwa bersuci dengan tangan kiri termasuk salah satu adab buang air besar
L3
PG

12
3.6 Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya
Ahlak Tercela
§  Disajikan gambar, siswa  dapat menghubungkan perilaku hidup yang sesuai dengan gambar tersebut
L3
PG

§ Siswa dapat menerangkan akibat hidup kotor
L2
PG



0 comments:

Post a Comment