KISI-KISI
Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kelas : I (Satu)
Jumlah Soal : 30 soal
Semester: : 2 (Dua)
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Keterangan
|
1
|
3.1 Mengenal enam rukun iman
|
Rukun Iman
|
§ Siswa dapat menerangkanpengertianrukun
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menentukan sebutan orang yang beriman
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menentukan jumlah nabi dan
rosul Allah yang wajib diketahui
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menyebutkan isi rukun iman
yang ke 5
|
L1
|
PG
|
|
|||
2
|
3.2 Mengenal dua kalimah syahadat sebagai
bagian dari rukun islam yang pertama
|
Dua kalimat syahadat
|
§ Siswa dapat melafalkan kalimat syahadat
|
L1
|
PG
|
|
§ Disajikan arti lafal syahadat tauhid, siswa
dapat mengaitkanarti lafal tersebut termasuk syahadat tauhid
|
L3
|
PG
|
|
|||
§ Disajikan lafal syahadat rasul, siswa dapat mengartikan lafal syahadat rosul
|
L2
|
PG
|
|
|||
3
|
3.3 mengenal sifat-sifat Allah swt yang terkandung
dalam asmaul husna ( al-ahad dan al-khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s.
mencari Tuhannya
|
Asmaul Husna
|
§ Siswa dapat menunjukkan bahwa Allah maha
esa adalah arti asmaul husna Al ahad
|
L1
|
PG
|
|
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat mengartikan asmaul husna Al Kholiq
|
L2
|
PG
|
|
|||
§ Disajikan kisah nabi Ibrahim,siswa dapat menunjukkan bahwa nabi Ibrahim hidup pada zaman raja
Namrudz
|
L1
|
PG
|
|
|||
4
|
3.4 Memahami perilaku akhlaq terpuji hidup bersih,
kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
|
Akhlak terpuji
|
§ Disajikan gambar, siswa dapat menganalisis kegiatan menjaga kebersihan rumah
|
L3
|
PG
|
|
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat mencontohkan sikap hidup rukun di lingkungan sekolah
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menyebutkan pentingnya hidup
bersih sebagai pangkal kesehatan
|
L1
|
PG
|
|
|||
5
|
3.5 memahami adab mandi dan berpakaian
|
Adab Mandi dan Berpakaian
|
§ Disajikan do’a keluar kamar mandi, siswa dapat menerapkan bacaan doa tersebut
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menyebutkan langkah kaki yang
harus didahulukan ketika masuk kamar mandi
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menyebutkan anggota badan
yang harus didahulukan ketika berpakaian
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menunjukkan tata cara mandi
yang tepat
|
L1
|
PG
|
|
|||
6
|
3.6 Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor dalam
kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya
|
Ahlak Tercela
|
§ Siswa dapat menerangkan pengertian akhlak
tercela
|
L2
|
PG
|
Terintegrasi
|
§ Disajikan ilustrasi, siswa dapat menunjukkan salah satu contoh hidup kotor
|
L1
|
PG
|
|
|||
§ Siswa dapat menentukan cara menghindari
hidup kotor dengan benar
|
L2
|
PG
|
|
|||
7
|
3.1 Mengenal enam rukun iman
|
Rukun Iman
|
§ Siswa dapat menerangkanpengertian iman
|
L2
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menyebutkan malaikat yang
bertugas mencatat amal baik
|
L1
|
PG
|
|
|||
8
|
3.2 Mengenal dua kalimah syahadat sebagai
bagian dari rukun islam yang pertama
|
Dua kalimat syahadat
|
§ Siswa dapat menuliskan nama lain dari
dua kalimat syahadat
|
L1
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menyebutkan waktu mengucapkan
syahadat
|
L1
|
PG
|
|
|||
9
|
3.3 mengenal sifat-sifat Allah swt yang terkandung
dalam asmaul husna ( al-ahad dan al-khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s.
mencari Tuhannya
|
Asmaul Husna
|
§ Siswadapat menamai sebutan nama-nama
Allah yang baik
|
L1
|
PG
|
|
§ siswa dapat menyebutkan jumlah asmaul
husna yang ada dalam al Quran
|
L1
|
PG
|
|
|||
10
|
3.4 Memahami perilaku akhlaq terpuji hidup bersih,
kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari
|
Akhlak terpuji
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlak
terpuji
|
L1
|
PG
|
|
11
|
3.5 memahami adab mandi dan berpakaian
|
Adab Mandi dan Berpakaian
|
§ Siswa dapat menegaskan bahwa bersuci
dengan tangan kiri termasuk salah satu adab buang air besar
|
L3
|
PG
|
|
12
|
3.6 Menjelaskan akhlak tercela hidup kotor dalam
kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya
|
Ahlak Tercela
|
§ Disajikan gambar, siswa dapat menghubungkan perilaku hidup
yang sesuai dengan gambar tersebut
|
L3
|
PG
|
|
§ Siswa dapat menerangkan akibat hidup
kotor
|
L2
|
PG
|
|
0 comments:
Post a Comment