Belajar merupakan upaya menuntut ilmu yang telah dianjurkan bagi seluruh umat muslim, baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Menurut Imam Syafi’i, “menuntut Ilmu lebih utama daripada salat sunnah". Jadi setiap orang wajib menuntut ilmu karena ilmu adalah modal kita semua untuk meraih kesuksesan dunia akhirat. Keutamaan belajar atau menuntut ilmu sangat banyak, belajar merupakan ibadah, mendapatkan pahala, siapa yang belajar akan menjadi pintar sebaliknya orang malas belajar akan bodoh dan lain-lainya. Tuntutlah ilmu sejak dari buayan hingga liang lahat, maksud dalam menuntut Ilmu kita mulai dari sejak dini sampai waktu tutup usia, jadi tidak adanya batas usia, belajar dimana saja tidak hanya disekolah, bisa saja di dirumah, majelis ta’lim dan lain sebagainya.
Seperti kata pepatah “Belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu. Belajar diwaktu dewasa bagai mengukir diatas air". Artinya jika masih muda dalam menyerap pelajaran akan lebih mudah tetapi sebaliknya bila kita sudah tua maka akan sulit. Kita sebagai seorang murid harus memperhatikan adab-adab belajar. Agar ilmu yang dituntut akan menjadi bermanfaat. Serta mendapat ridha Allah.

1. ADAB BELAJAR DISEKOLAH

Ada beberapa adab yang harus ditaati saat belajar disekolah :

a) Mempunyai niat yang sungguh-sungguh
Setiap perbuatan yang kita lakukan tergantung kepada nianya, apabila dalam belajar kita berniat baik, maka hasil juga baik, namun sebaliknya jika kita berniat buruk maka hasilnya pun buruk juga. Nabi Muhammad Saw bersabda : 
Artinya : “Dari Amirul Mukminin Umar bin Khattab ra. berkata : saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya amal itu tergantung kepada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai apa yang diniatkannya.”
Seorang murid harus mempunyai niat sungguh-sungguh untuk belajar, jadi dengan niat yang benar maka hasilnyapun juga benar. Seandainya niat belajar tidak benar, maka apapun yang mereka lakukan sia-sia, pikiran mereka selalu ingin cepat pulang atau selalu ingin bermain dan jajan.

b) Memberi salam kepada Guru
Ketika kita tiba di sekolah sebagai murid harus memberi salam kepada guru dengan cara bersalaman, mencium tangan sebagai beliau, ini merupakan tanda penghormatan dan meminta ridho guru, agar dalam menyerap ilmu bisa lancar dan mudah.









c) Membaca do'a sebelum belajar
Sebelum belajar hendaklah membaca doa sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah SWT, kita meminta kemudahan saat belajar, pemahaman menyerap ilmu. Ingat yang memberi Ilmu adalah Allah SWT, sudah patutnya kita berdoa meminta.
Membaca mulailah dengan membaca basmalah, setalah itu membaca doa sebelum belajar.
Yang berbunyi :
رَبِّ زِدْنِى عِلْمًا نَافِعًا وَارْزُقْنِى فَهْمًا وَسِعًا
Artinya : “Wahai Allah Tuhanku tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berilah aku kefahaman yang luas.”

d) Bersikap sopan terhadap guru

Guru merupakan orang yang memberikan ilmu kepada kita, beliaulah yang mengajarkan dari yang tidak paham sampai menjadi paham. Maka sudah sepatutnya kita menghormati beliau. Dengan cara, suara kita tidak boleh keras kepadanya, apalagi membentak, Bertanyalah dengan sopan kepada guru apabila ada kurang paham, tidak boleh duduk dikursi guru.






e) Membaca do'a setelah belajar

Kemudian setelah kita selesai belajar jangan lupa untuk membaca doa kembali, sebagai wujud syukur kita sudah mendapatkan llmu.
Doa setelah belajar adalah :
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ اِلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَلَمِيْنَ
Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku menitipkan kepadamu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah kepadaku pada waktu akau membutuhkannya, dan janganlah Engkau jadikan aku lupa padanya wahai Tuhan semesta alam.”







2. ADAB BELAJAR DIRUMAH

Menuntut Ilmu atau belajar itu tidak hanya disekolah namun dirumah juga harus belajar. Bisa dengan cara mengulang kembali pelajaran yang di dapat di sekolah, agar ilmu yang yang di dapat tidak cepat hilang dan menambah pemahaman yang mendalam tentang pelajaran tersebut atau pelajaran selajutnya.
Adapun adab belajar dirumah adalah :
a) Belajar ditempat yang sesuai
Carilah tempat belajar yang baik dan tenang, agar saat belajar Anda bisa fokus tanpa gangguan apapun. Misalnya dikamar di meja belajar Anda, sebaiknya jangan didepan telivisi saya yakin akan mengganggu konsentrasi Anda.
b) Berdo'a sebelum dan sesudah belajar
Doa yang dibacakan sama dengan doa belajar saat di sekolah, ingat Allah SWT yang memberikan ilmu, maka minta dengan Nya dengan sungguh-sungguh. Agar saat belajar dirumah diberi pemahaman oleh Allah SWT.
Merapikan buku dan alat tulis

Biasakanlah merapikan alat tulismu baik sebelum maupun sesudah belajar, karena dengan keadaan meja belajar yang rapi, kita akan lebih maksimal, tidak terganggu dengan pemandangan meja yang berantakan. Setelah selasai belajar letakkan ditempatnya semula, agar saat mencari mudah ditemukan.
c) Menyiapkan buku untuk materi pelajaran besok
Setelah belajar selesai dan keadaan meja belajar sudah rapi, selajutnya siapkan buku pelajaran besok hari, agar saat sekolah besok mau berangkat tas Anda sudah siap.