Monday, April 13, 2020

kisah Nabi Ishak

Mata pelajaran : Agama Islam

Kelas                 : 2

Tanggal         :  17 April 2020

Bahan ajar kelas 2


nabi ishaq adalah putra kedua dari nabi ibrahim sedangkan putra pertamanya bernama ismail telah berumur 14 tahun waktu itu. mulanya siti sarah istrinya nabi ibrahim menganggap dirinya tidak bisa mengandung karena merasa telah lanjut usia. namun atas ijin Allah siti sarah pun mengandung melahirkan seorang putra yang kelak akan menjadi seorang nabi, mereka berdua sangat berbahagia atas hal ini.

Allah berfirman di dalam al-qur'an surah ash shaffat yang berbunyi;

"dan kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang shaleh".(Q.S. Ash shaffat:112)

"kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas ishaq. dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zalim terhadap dirinya sendiri secara nyata"(Q.S. Ash shaffat:113)

siti sarah berdiri di samping suaminya dengan tersenyum dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur. Allah juga mengabarkan bahwa dia akan melahirkan seorang putra lagi dan lahir pula ya'kub dari ishaq. dan mereka berdua bingung terheran-heran atas hal ini, padahal mereka sudah berusia lanjut tidak mungkin melahirkan lagi.

Allah berfirman dalam al-qur'an pada surah hud yang berbunyi;

"dan istrinya berdiri (disampingnya)  lalu dia tersenyum, maka kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) ishaq dan (lahir pula) ya'qub"(Q.S Hud:71)

"istrinya berkata :"sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan seorang anak padahal aku adalah seoarang perempuan tua, dan ini suamiku dalam keadaan tua pula? sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat mengherankan"(Q.S. Hud:72)

dengan mendengar kabar dari Allah SWT. mereka ibrahim dan istrinya bersyukur, apalagi putranya yang lahir merupakan anak-anak yang sangat luar biasa, yang mempunyai ilmu tinggi dan akhlak yang mulia. ilmu dan akhlak ini di pergunakan untuk mengigatkan kepada umat manusia tentang adanya negeri akhirat.

Allah berfirman dalam surah al-qur'an dalam surah shaad yang berbunyi;

"dan ingatlah hamba-hamba kami; ibrahim, ishaq, dan ya'kub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi"(Q.S Shaad:45)

"sesunguhnya kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat".(Q.S. Shaad:46)

"dan sesungguhnya mereka pada sisi kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik"(Q.S. Shaad:47)

nabi ishaq merupakan manusia yang benar-benar di sucikan dan bayak di karuniakan rahmat. sebagaimana yang di sebutkan dengan firman-firman Allah di atas, nabi ishaq dilahirkan ketika nabi ibrahim sudah mencapai umur yang ke seratus tahun.

setelah nabi ishaq mencapai umur kedewasaanya, ayahnya ibrahim berpesan kepada ishaq agar kelak menikah dengan anak kerabat ayahnya yang bernama rafiqah. dan atas pesan ayahnya, nabi ishaq pun menikah dengan rafiqah dan di karuniai dua seorang anak yang bernama ya'qub dan Aish.

dan kedua anak tersebut dari pasangan ishaq dan rafikah, merupakan keturunan yang istimewa juga di antara keistimewaanya akan melahirkan seorang nabi, baik dari ya'qub yang akan mempunyai anak bernama yusuf. begitu juga dari Aish yang akan mempunyai anak bernama ayyub.

nabi ishaq dalam menyeru beliau mempunyai sifat kesabaran dan keramahan yang baik. dengan hal ini orang yang mengikutinya merasa damai dan tentram hatinya. nabi ishaq wafat pada usia 170 tahun di kan'aniyah dan di makamkan disisi ayahnya ibrahim di gua habrawan.

Penugasan. 

0 comments:

Post a Comment