Tuesday, June 11, 2019

Rukun Iman Beserta Penjelasannya


Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang macam-macam Rukun Islam beserta penjelasannya. Maka pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam Rukun Iman beserta penjelasannya. Seperti yang telah kita ketahui dalam Rukun Islam ada 5 Perkara, sementara untuk Rukun Iman sendiri ada 6 perkara. Enam rukun ini menjadi prinsip dasar agama Islam. Prinsip ini telah dijelaskan di beberapa surat dalam Al-Qur’an dan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut tentang rukun iman, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu iman.

Iman adalah keyakinan dengan hati, ucapan dengan lisan, dan amalan dengan anggota badan. Salah satu cara meningkatkan Iman itu sendiri adalah dengan mengimani semua dari Rukun Iman itu sendiri.

Penjelasan tentang 6 Perkara dalam Rukun Iman akan dijelaskan sebagai berikut:

1.     Iman Kepada Allah

Disebutkan di awal dalam rukun iman karena iman kepada Allah adalah pondasi utama sedangkan rukun-rukun yang lain adalah yang mengikutinya. Seorang muslim harus beriman kepada Allah yang artinya mengimani adanya Allah, mengimani rububiah Allah, mengimani uluhiah Allah dan mengimani semua nama dan sifat Allah. Fungsi dari Iman Kepada Allah SWT berarti seorang muslim harus percaya bahwa Allah itu benar-benar ada. Allah ada sebagai Tuhan Semesta Alam yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Orang yang tak percaya adanya Allah berarti dia bukan seorang muslim dan terlebih lagi bagi yang tidak percaya dengan adanya Tuhan maka dia disebut sebagai atheis.

2.     Iman Kepada Malaikat Allah

Yang kedua adalah beriman kepada malaikat Allah. Malaikat adalah makhluk Allah yang ghaib, tidak makan dan tidak minum, tidak tidur dan tidak istirahat, merupakan makhluk yang hanya taat pada Allah. Di dalam ajaran Islam, Malaikat diciptakan Allah dari cahaya. Kita wajib mengimani Malaikat Allah, baik dari nama-nama maupun tugas-tugasnya.

3.     Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Yang ketiga adalah beriman kepada kitab-kitab Allah. Beriman bahwa kitab Zabur, Taurat, Injil, Al Qur’an dan beberapa Shuhuf (Lembaran) adalah kitab yang diturunkan Allah kepada para Nabinya.

Kenapa kita harus mengimani Kitab-kitab Allah? Karena kitab-kitab Allah adalah hujjah (argumen) dan marji’ (sumber rujukan) yang Allah wahyukan kepada para Rasul untuk menegakkan hukum antara manusia dalam hal-hal yang mereka berselisih di dalamnya. Maka dari itu, kita juga harus mengimani seluruh isi yang ada dalam kitab-kitab tersebut (Isi asli dari Zabur, Taurat dan Injil sebelum adanya perubahan).

4.     Iman Kepada Para Rasul Allah

Rukun Iman Keempat ialah mengimani (Percaya) bahwa ada diantara Pria (Laki – Laki) dari Golongan manusia yg Allah SWT tunjuk sebagai perantara antara diri-Nya dengan hamba-Nya. Akan tetapi mereka semua tetaplah manusia biasa yg sama sekali tidak memiliki sifat dan hak ketuhanan, karenanya menyembah para Nabi dan Rasul adalah kebatilan yg nyata. Oleh sebab itu, kita hanya wajib mengimani dan bukan untuk disembah terhadap 25 Rasul, 4 Rasul Ulul Azmi, dan Muhammad adalah sebagai pemberi syafaatul udzma pemberi syafaat yang paling utama.

5.     Iman Kepada Hari Akhir

Rukun Iman yang ke lima adalah beriman kepada hari akhir. Percaya bahwa Qiyamat pasti adanya, termasuk mengimani apa-apa yang berhubungan dengan hari akhir. Seorang muslim wajib percaya bahwa akan ada hari kiamat dan nantinya manusia akan dibangkitkan.

6.     Iman Kepada Qada dan Qadar

Umat Islam wajib beriman kepada qada dan qadar. Qada dan qadar merupakan takdir Allah yang baik maupun yang buruk. Beriman pada qada dan qadar berarti yakin sepenuhnya bahwa ada ketentuan Allah SWT yang berlaku bagi semua makhluk-Nya. Takdir sendiri merupakan ketentuan yang terjadi di alam semesta, yang sama artinya bahwa semua yang terjadi pasti ada takdirinya.

Oleh karenanya, ketika kedatangan nasib baik hendaknya bersyukur kepada Allah. Dan ketika kedatanan nasib buruk hendaknya bersabar dan ucapkan Innaa Lillaahi Wa Inna Ilaihi Rooji’uun.

Demikianlah penjelasan tentang Rukun Iman, semoga dapat bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan kita.

0 comments:

Post a Comment