Wednesday, June 26, 2019

Pengertian Sholat, Hukum, Syarat Wajib, Syarat Sah dan Rukun

Setiap muslim mempunyai kewajiban untuk melaksanakan sholat Fardhu dalam sehari seperti yang telah kita pelajari dalam Rukun Islam yang kedua. Sejak dari kecil kita telah diajarkan untuk melaksanakan Sholat sampai pada waktunya Sholat merupakan sebuah kewajiban yang harus kita lakukan setiap masuk waktu Sholat.

Pengertian Sholat

Pengertian Sholat secara bahasa mempunyai makna 'doa', sedangkan secara istilah adalah suatu ibadah wajib yang dilakukan dengan diawali takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat dan rukun yang sudah ditentukan.

Segala ucapan dan perbuatan yang termasuk kedalam Rukun dan Syarat Sholat mempunyai arti dan makna yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Penciptanya.

Hukum Sholat

Hukum didalam Sholat dapat dikategorikan kedalam Sholat Fardlu dan Sholat Sunnah.

Sholat Fardlu merupakan Sholat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang sudah baligh, yang dikerjakan 5 waktu Sholat dalam sehari.

Sholat Fardlu sendiri terbagi kedalam Fardlu 'Ain dan Fardlu Kifayah. Fardlu 'Ain mempunyai arti bahwa kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan tidak boleh untuk ditinggalkan atau diwakilkan oleh muslim lainnya. Contoh untuk Fardlu 'Ain adalah Sholat 5 waktu dan Sholat Jum'at bagi laki-laki.

Sementera untuk Fardlu Kifayah mempunyai arti bahwa kewajiban seorang muslim tidak secara langsung mengikat. Dengan kata lain bahwa, bila seorang telah melakukannya maka itu akan menjadi Sunnah untuk muslim lainnya. Contoh untuk Fadlu Kifayah adalah Sholat jenazah.

Sedangkan untuk pengertian Sholat Sunnah sendiri adalah Sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan tetapi tidak ada kewajiban untuk mengerjakannya.

Sholat Sunnah juga terbagi kedalam Sholat Sunnah Muakkad dan Sholat Sunnah Ghoiru Muakkad. Sholat Sunnah Muakkad merupakan Sholat Sunnah yang dianjurkan dengan penekanan hingga mendekati wajib. Contohnya adalah sholat dua hari raya, sholat sunnah witir dan sholat sunnah thawaf.

Sementara itu untuk sholat sunnah ghoiru muakkad merupakan sholat sunnah yang dianjurkan dengan tidak ada penekanan. Contohnya adalah sholat sunnah rawatib.

Syarat Wajib dan Syarat Sah

Sebelum melakukan Sholat, ada syarat-syarat yang wajib terpenuhi sebelum mulai melaksanakan sholat. Syarat wajib sholat yaitu:
  1. Muslim (beragama Islam)
  2. Berakal sehat (tidak gila)
  3. Baligh (telah sampai pada kedewasaan)
Selain dari syarat wajib yang harus terpenuhi, adapula syarat sah yang juga harus terpenuhi. Syarat sah ini memiliki arti bahwa bila syarat-syarat ini terpenuhi maka sholat yang dikerjakan akan sah/tidak batal. Adapun syarat sah didalam sholat adalah:
  1. Telah masuk waktu sholat
  2. Menghadap kiblat
  3. Menutup aurat
  4. Suci badan, tempat sholat dan pakaian dari hadats dan najis
  5. Mengetahui tatacara pelaksanaan sholat
Rukun Sholat

Jika syarat wajib dan syarat sah sholat telah terpenuhi, maka selanjutnya kita harus mengetahui apa saja rukun sholat itu. Rukun sholat itu sendiri terdiri dari:
  1. Niat
  2. Berdiri tegap bila mampu, dan diperbolehkan untuk duduk atau berbaring bagi yang tidak mampu
  3. Takbiratul ihram
  4. Membacara Surat Al Fatihah pada setiap rakaatnya
  5. Ruku'
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Duduk tasyahud akhir
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca shalawat Nabi
  12. Mengucap salam pertama
  13. Tertib
Demikianlah penjelasan tentang pengertian Sholat, Hukum, Syarat Wajib, Syarat Sah dan Rukun didalam Sholat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat memberi sedikit pengetahuan dan juga dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment