Monday, June 24, 2019

Syahadat dan Artinya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Syahadat merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib kita amalkan. Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang Rukun Islam Macam-macam Rukun Islam, maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba tentang Syahadat yg merupakan Rukun Islam yang pertama.

Syahadat berasal dari bahasa Arab Syahida yang berarti "Telah Menyaksikan". Dalam Syariat Islam, Syahadat berarti sebuah pernyataan ke-Esa-an Allah SWT dan Nabi Muhammad sebagai Rasul utusan-Nya.

Didalam kehidupan sehari-hari kita juga tidak lepas dari pengamalan Syahadat ini. Setidaknya ada 5 kali kita melafalkan Syahadat ketika sedang melaksanakan Sholat 5 waktu, dan belum lagi ketika mengerjakan amalan Sholat Sunnah lainnya. Selain didalam Sholat, seseorang yang hendak masuk Islam (Muallaf) juga diwajibkan untuk membaca Syahadat. Selain dari beberapa contoh diatas kita juga secara tidak sadar selalu melafalkan Syahadat dalam keseharian kita.

Bacaan Dua Kalimat Syahadat


'Asyhadu an la Ilaaha illaallah wa Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah'

Artinya: 'Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan Selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah'

Makna Syahadat

Makna dari kalimat syahadat ada pada kalimatnya itu sendiri, yaitu pengakuan. Pada kalimat yang pertama yaitu pengakuan bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah. Ini juga berarti bahwa Allah itu Maha Esa.

Pada kalimat kedua merupakan pengakuan bahwa Nabi Muhammad itu Rasul terakhir yang di utus Allah dan tidak ada lagi Nabi-Nabi setelah Nabi Muhammad.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bacaan dan makna dari kalimat Syahadat, dan semoga tulisan ini dapat memberikan sedikit pengetahuan dan juga dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment