Wednesday, August 13, 2025

Pembelajaran kamis 14 Agustus Prkatik ibadah

  

Hari/Tgl                      : Kamis, 14 Agustus 2025

Kelas                            : 2a
Tema                            :  Rukun Shalat
Metode                         : Demontrasi 
Model Pembelajaran  :
Alat Peraga                  : Poster Gerakan Sahalat


3. Capaian Pembelajaran 
        
Murid dapat memahami Rukun Shalat

4. Taujuan Pembelajaran 
  Murid  mampu Mempraktikan Tatacara Shalat dengan baik

5. Materi

Pengertian Shalat Wajib:

Shalat wajib adalah ibadah shalat yang harus dilakukan oleh setiap Muslim yang sudah memenuhi syarat (baligh, berakal, dan suci dari hadas) dan tidak boleh ditinggalkan kecuali dengan uzur yang dibenarkan oleh syariat (seperti haid bagi wanita atau dalam keadaan tidak sadar). Jika ditinggalkan sengaja tanpa alasan, maka berdosa besar.


Macam-Macam Shalat Wajib 5 Waktu:

Nama ShalatJumlah RakaatWaktu Pelaksanaan
Shubuh2 rakaatSetelah fajar hingga sebelum matahari terbit
Dzuhur4 rakaatSetelah matahari tergelincir hingga bayangan sama panjang
Ashar4 rakaatSetelah Dzuhur hingga menjelang matahari terbenam
Maghrib3 rakaatSetelah matahari terbenam hingga hilang mega merah
Isya4 rakaatSetelah Maghrib hingga menjelang fajar

adapun tatacara shalat wajib seperti gambar di bawah ini 

Berikut adalah 17 rukun shalat secara lengkap:


17 Rukun Shalat Wajib

  1. Niat

  2. Berdiri bagi yang mampu

  3. Takbiratul ihram

  4. Membaca surat Al-Fatihah

  5. Rukuk

  6. Tuma’ninah dalam rukuk

  7. I’tidal (bangkit dari rukuk)

  8. Tuma’ninah dalam i’tidal

  9. Sujud

  10. Tuma’ninah dalam sujud

  11. Duduk di antara dua sujud

  12. Tuma’ninah dalam duduk

  13. Tasyahhud akhir

  14. Duduk untuk tasyahhud akhir

  15. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dalam tasyahhud akhir

  16. Salam pertama

  17. Tertib (berurutan sesuai urutan rukun)

📌 Perbedaan 13 dan  17 Rukun:

  • Dalam versi 13 rukun, beberapa rukun disatukan (misalnya: sujud + tuma’ninah jadi satu).

  • Dalam versi 17 rukun, tuma’ninah dipisah sebagai rukun tersendiri dan shalawat dalam tasyahhud akhir juga dihitung khusus.

6. Evalusi
  

📘 Soal Evaluasi Materi Wudhu dan Shalat

A. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Jumlah rukun wudhu ada ...
    a. Lima
    b. Enam
    c. Tujuh
    d. Delapan

  2. Berikut ini adalah salah satu rukun wudhu, kecuali ...
    a. Membaca niat
    b. Mencuci muka
    c. Membasuh kaki
    d. Membasuh leher

  3. Waktu salat Maghrib dimulai ketika ...
    a. Matahari mulai terbit
    b. Matahari tergelincir
    c. Matahari terbenam
    d. Tengah malam

  4. Jumlah rakaat salat Subuh adalah ...
    a. Dua rakaat
    b. Tiga rakaat
    c. Empat rakaat
    d. Lima rakaat

  5. Membaca Surah Al-Fatihah dalam salat termasuk ...
    a. Sunnah salat
    b. Rukun salat
    c. Syarat sah salat
    d. Pembatal salat


B. Isian Singkat

  1. Niat wudhu dilakukan di dalam ...

  2. Sebelum melakukan wudhu, kita dianjurkan untuk mencuci kedua ... terlebih dahulu.

  3. Salat wajib yang dikerjakan sebanyak empat rakaat disebut salat ...

  4. Syarat sahnya salat adalah menghadap ke arah ...

  5. Wudhu dapat batal jika seseorang ... (berikan salah satu contohnya)


C. Soal Uraian

  1. Jelaskan 6 rukun wudhu secara urut!

  2. Sebutkan 5 hal yang membatalkan salat!

  3. Apa perbedaan antara syarat sah salat dan rukun salat?

  4. Mengapa kita harus suci dari hadas sebelum salat? Jelaskan dengan singkat!

  5. Jelaskan tata cara pelaksanaan salat Subuh dua rakaat secara singkat!

6 kesimpulan
 

7. Penutup 

 Baik anak soleh dan solehah Ibadah shalat bukan hanya kewajiban, tapi juga bentuk kedekatan kita kepada Allah. Dengan berwudhu yang benar, kita mempersiapkan diri untuk shalat yang khusyuk dan diterima.

Dengan berwudhu yang benar, kita membersihkan diri lahir dan batin agar bisa menghadap Allah dalam keadaan suci. Dengan shalat yang tertib dan khusyuk, kita membangun hubungan yang kuat dengan Allah, memohon petunjuk, dan menjaga hati agar tetap bersih.

Ingatlah, anak-anak,
👉 Wudhu adalah adalah cara kita menjaga kesucian dalam badan untuk menjalankan ibadah shalat .
👉 Shalat adalah tiang agama dan penyejuk hati orang-orang beriman.

Mari kita biasakan menjaga wudhu, menunaikan shalat tepat waktu, dan memahami setiap gerakan serta doa di dalamnya, agar ibadah kita semakin bermakna dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Semoga ilmu hari ini menjadi amal jariyah, dan kita semua tumbuh menjadi pribadi yang taat, bersih hati, dan selalu dekat dengan Allah. Aamiin. 🤲



Hari/Tgl            : Kamis ,  14 Agustus  2025

Kelas                 : Va
Tema                 :  Menyayangi anak yatim
Topik                 :  Qs Al-Maun
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik Mamapu Membaca,menghafal, dan memahami Pesan pokok Qs Al-Maun tentang    Keragaman dengan baik dan benar.

ATP                    : Peserta didik mampu membaca mengahafal Qs Al-Maun dengan baik dan  benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Menyayangi anak yatim, poster menyayangi nak yatim 


3. Capaian Pembelajaran 
     Peserta didik dapat membaca, menghafal,  menulis, dan memahami pesan pokok surahsurah  pendek (Qs Al-Ma'un) dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar.


4. Taujuan Pembelajaran 
    Peserta didik mampu membaca, menghafal,  menulis, dan memahami pesan pokok  Qs Al-Maun

5. Materi 

🕋 Materi Pendidikan Agama Islam: QS Al-Ma'un

📖 1. Teks Surah Al-Ma’un (الماعون)

Surah ke-107, terdiri dari 7 ayat:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

  1. أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ

  2. فَذَٰلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ

  3. وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

  4. فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ

  5. الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

  6. الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

  7. وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ


📌 2. Arti Surah Al-Ma’un

  1. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

  2. Itulah orang yang menghardik anak yatim,

  3. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

  4. Maka celakalah orang-orang yang shalat,

  5. (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,

  6. yang berbuat riya (pamer),

  7. dan enggan (menolong dengan) barang yang berguna.


✨ 3. Kandungan QS Al-Ma’un

  • Menegur orang yang pura-pura beriman, tapi tidak peduli pada anak yatim dan orang miskin.

  • Shalat saja tidak cukup jika tidak disertai keikhlasan dan kepedulian sosial.

  • Allah mencela orang yang shalat hanya ingin dilihat orang lain (riya’).

  • Orang beriman harus peduli, jujur, dan suka menolong orang lain, bahkan dalam hal kecil (ma’un = bantuan ringan).


🌱 4. Nilai-Nilai yang Dapat Dipetik

  1. Peduli kepada anak yatim dan fakir miskin.

  2. Menjaga shalat dengan benar dan tepat waktu.

  3. Tidak beribadah karena ingin dipuji.

  4. Suka menolong dan tidak pelit terhadap sesama.


🧠 5. Contoh Perilaku dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Memberi makanan kepada teman yang belum makan.

  • Menyumbang pakaian layak pakai untuk anak-anak kurang mampu.

  • Shalat tepat waktu dan dengan khusyuk.

  • Tidak sombong atau pamer dalam beribadah.

  • Meminjamkan alat tulis atau barang kecil kepada teman.


6. Evalusi
  


6 penutup 

0 comments:

Post a Comment