Monday, August 4, 2025

Pembelajaran agama Selasa 05 Agustus

 


Hari/Tgl            : Selasa , 05 Agustus 2025

Kelas                 : 6a
Tema                 :   Pemahaman Q.S Ad Duha 
Topik                 :  Pemhaman Qs Ad-dhuha 
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadit
ATP                    :Murid mampu membaca, menulis, menghafal, memahami pesan pokok  QS. Ad Duha dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. dan  benar
Metode             : CTL
Alat Peraga      : PPT Kisah Inspiratif Nabi Muhammad 


3. Capaian Pembelajaran 
    Murid dapat membaca, menulis, menghafal, memahami pesan pokok  QS. Ad Duha dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


4. Taujuan Pembelajaran 
   Murid mampu  memahami makna, kandungan, dan hikmah dari surat Ad-Duha serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Materi 

6. Evalusi
  

📚 Soal Evaluasi QS Ad-Dhuha

A. Pilihan Ganda

(Soal disesuaikan dengan KD dan tujuan pembelajaran)

  1. Apa arti dari "Ad-Dhuha"?
    A. Waktu malam
    B. Waktu fajar
    C. Waktu dhuha (pagi setelah matahari naik)
    D. Waktu subuh
    Jawaban: C

  2. Isi pokok QS Ad-Dhuha adalah berikut ini, kecuali ...
    A. Janji Allah untuk tidak meninggalkan Nabi Muhammad
    B. Perintah untuk menyantuni anak yatim
    C. Ancaman Allah kepada orang kafir
    D. Larangan bersikap sombong terhadap orang miskin
    Jawaban: C

  3. Dalam QS Ad-Dhuha ayat 6 disebutkan bahwa Allah telah ...
    A. Memberi rezeki yang banyak
    B. Menunjukkan jalan yang lurus
    C. Mendapatkan Nabi dalam keadaan yatim dan melindunginya
    D. Memuliakan orang-orang fakir
    Jawaban: C

  4. Apa hikmah dari mempelajari QS Ad-Dhuha?
    A. Agar bisa membaca Al-Qur’an dengan baik
    B. Menambah pengetahuan tentang sejarah Islam
    C. Memperkuat keimanan dan semangat dalam menjalani hidup
    D. Bisa menghafal surat dengan cepat
    Jawaban: C

  5. Salah satu penerapan nilai QS Ad-Dhuha dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
    A. Bersedekah ketika sedang kaya saja
    B. Tidak peduli terhadap nasib anak yatim
    C. Bersyukur atas nikmat yang dimiliki
    D. Menyembunyikan nikmat Allah
    Jawaban: C


B. Isian Singkat

  1. QS Ad-Dhuha termasuk dalam golongan surat ...
    Jawaban: Makkiyah

  2. Dalam QS Ad-Dhuha, Allah menjanjikan bahwa kesulitan akan diganti dengan ...
    Jawaban: Kemudahan / kebaikan

  3. Sebutkan dua nilai yang terkandung dalam QS Ad-Dhuha!
    Jawaban: Menyayangi anak yatim, bersyukur atas nikmat Allah


C. Uraian

  1. Jelaskan makna dari QS Ad-Dhuha ayat 3: "Tuhanmu tidak meninggalkan engkau dan tidak (pula) membenci(mu)"!
    Jawaban (contoh): Ayat ini menjelaskan bahwa Allah tidak pernah meninggalkan Nabi Muhammad SAW, meskipun wahyu sempat terhenti. Ini menunjukkan bahwa Allah tetap menyayanginya dan mendukungnya.

  2. Bagaimana kamu menerapkan kandungan QS Ad-Dhuha dalam kehidupan sehari-hari?
    Jawaban (contoh): Saya bisa membantu teman yang sedang kesulitan, menyayangi anak yatim, dan tidak sombong atas nikmat yang saya miliki. Saya juga selalu berusaha bersabar ketika menghadapi ujian hidup.


6 penutup 

Dalam pembelajaran ini, kalian telah:

✅ Membaca QS Ad-Dhuha dengan lafal yang benar dan memperhatikan hukum tajwid,
✅ Mengetahui arti dari setiap ayat dalam QS Ad-Dhuha,
✅ Memahami bahwa surah ini mengandung pesan penting tentang harapan, optimisme, dan perhatian terhadap sesama, terutama kepada anak yatim dan orang miskin.

Semoga setelah mempelajari QS Ad-Dhuha, kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur, tidak mudah putus asa, dan senantiasa percaya bahwa pertolongan Allah akan selalu datang di waktu yang tepat. Jadikan QS Ad-Dhuha sebagai penguat hati dalam menghadapi kesulitan, dan sebagai pengingat bahwa Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya.


Hari/Tgl            : Rabu ,05 Agustus 2025

Kelas                 : IVa
Tema                 :   Asik Belajar Qs Al-Hujurat/49:13
Topik                 :  Qs Al-Hujurat/49:13
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13
ATP                    : Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan tartil yang baik dan benar
Metode             : PBL
Alat Peraga      : PPT Qs Al-Hujurat/49:13

                                                                   


3. Capaian Pembelajaran 
        
Peserta didik mampu membaca, surat-surat pendek (Qs Al-Hujurat/49:13) atau ayat Al-Qur'an dan penjelasan pesan pokoknya dengan baik  peserta mengenal hadits tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Taujuan Pembelajaran 
  Peserta didik mampu membaca Qs Al-Hujurat/49:13 dengan baik dan benar 

5. Materi 

Pembelajaran Hari ini Kita akan membahas tenteng 



A. Membaca Qs AL-hujurat/49:13
ketika kalian membaca Al-Qur'an perhatikan makharijul Huruf dan Hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan tersebut. Tulisan Qs Al-Hujurat/49:13 tersebut berwarna-warni dengan Tujuan Memudahkan  kalian  dalam membedakan Hukum bacaan 

Langkah-langkah kegitan pembelajaran 
Baik setelah kita mempelajari materi yang sudah kita pahami berasama kali ini kita akan mengerjakan LKPD seperti di bawah ini.  

Pasangkan ayat dan terjemakahan sesuai pengalaman dalam QS Al-hujurat
6. Evalusi
  

🔹 A. Pilihan Ganda

  1. Apa arti dari "Al-Hujurat" dalam bahasa Indonesia?
    a. Ruang rahasia
    b. Kamar-kamar
    c. Kebun-kebun
    d. Perjalanan jauh

  2. Salah satu adab berinteraksi yang diajarkan dalam QS Al-Hujurat adalah...
    a. Menjauhi perdagangan riba
    b. Mendahulukan prasangka buruk
    c. Tidak mengolok-olok sesama
    d. Berdoa di malam hari

  3. Dalam QS Al-Hujurat ayat 10 disebutkan bahwa orang-orang beriman itu adalah...
    a. Pemimpin yang adil
    b. Sahabat sejati
    c. Bersaudara
    d. Saling bersaing

  4. QS Al-Hujurat ayat 12 melarang kita untuk...
    a. Menyimpan harta
    b. Berbisik-bisik
    c. Mencuri
    d. Berprasangka buruk

  5. Isi pokok QS Al-Hujurat secara umum adalah...
    a. Kisah para nabi
    b. Hukum waris
    c. Etika sosial dan adab dalam masyarakat
    d. Tata cara shalat


🔹 B. Isian Singkat

  1. QS Al-Hujurat diturunkan di kota __________ (Mekah/Madinah).

  2. Ayat yang mengajarkan bahwa semua manusia sama derajatnya di sisi Allah kecuali karena takwa adalah ayat ke-____.

  3. Dalam QS Al-Hujurat, dilarang memanggil Rasulullah dengan ____________ sebagaimana kalian memanggil sesama.

  4. Salah satu larangan dalam QS Al-Hujurat adalah menggunjing atau melakukan __________ terhadap orang lain.

  5. Dalam QS Al-Hujurat, Allah menyuruh kita untuk memastikan __________ sebelum menerima berita dari orang fasik.


🔹 C. Uraian

  1. Jelaskan kandungan QS Al-Hujurat ayat 11 mengenai larangan mengolok-olok orang lain!

  2. Apa pesan persaudaraan yang terkandung dalam QS Al-Hujurat ayat 10?

  3. Mengapa Allah melarang berprasangka buruk dan mencari-cari kesalahan orang lain dalam QS Al-Hujurat?

  4. Jelaskan bagaimana QS Al-Hujurat mengajarkan tentang prinsip egalitarianisme (kesetaraan manusia)?

  5. Bagaimana penerapan ajaran QS Al-Hujurat dalam kehidupan bermasyarakat di era media sosial saat ini? 


6 kesimpulan


7. Penutup 

    Sebagai penutup pembelajaran hari ini, mari kita simpulkan bahwa QS Al-Hujurat merupakan surah yang mengajarkan pentingnya etika sosial, ukhuwah (persaudaraan), serta kesetaraan antar manusia. Melalui ayat-ayatnya, Allah SWT menekankan bahwa orang-orang beriman adalah bersaudara, kita dilarang berprasangka buruk, mengolok-olok, atau mencari kesalahan orang lain. Allah juga menegaskan bahwa kemuliaan manusia bukan diukur dari ras, suku, atau status sosial, melainkan dari ketakwaannya.

Dengan memahami dan mengamalkan ajaran QS Al-Hujurat, diharapkan kalian dapat:

  • Menumbuhkan sikap saling menghargai dalam keberagaman,

  • Menjadi pribadi yang menjunjung adab dalam berkomunikasi,

0 comments:

Post a Comment