Sunday, August 3, 2025

Pembelajaran agama kelas 1-2

  

AL-QUR'AN KITAB KU

Hari/Tgl            : Senin,04 Agustus 2025

Kelas                 : 1
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 : Aku Hafal Surat Al-Fatihah
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 
Metode             : Demontasi 
Alat Peraga      : Gambar tanda Baca dan Huruf Hijiyah 

                                                                  

3. Capaian Pembelajaran 
        
    Murid  dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan   mampu membaca surah-surah pendek  (Alfatihah) Al-Qur’an dengan baik.

4. Taujuan Pembelajaran 
   
 Murid diharapkan mampu menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar, memiliki sikap berani melafalkannya di depan guru, serta membiasakan diri melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an.

5. Materi 

Setelah pertemuan kemarin kita belajar Huruf Hijaiyah bersambung hari ini kita akan belajar Surah-surah pendek yaitu Qs Al-Fatihah 1-6





baik Murid umi yang soleh dan solehah setelah kita bersama-sam menghafal Qs Al-Fatihah Mari kita mencoba melengkapi Qs Al-Fatihah 




6. Evalusi
    

🌙 Evaluasi Materi Surah Al-Fatihah

🕌 I. Pilihan Ganda (PG)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Surah Al-Fatihah terdiri dari … ayat.
    A. 5
    B. 6
    C. 7
    D. 8

  2. Surah Al-Fatihah termasuk dalam golongan surah …
    A. Madaniyah
    B. Makkiyah
    C. Musnad
    D. Maudhu’

  3. Arti dari “Ar-Rahmanir-Rahim” adalah …
    A. Maha Mendengar lagi Maha Melihat
    B. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
    C. Tuhan yang Menguasai Hari Pembalasan
    D. Maha Kuasa atas segala sesuatu

  4. Fungsi Surah Al-Fatihah dalam shalat adalah …
    A. Sebagai doa sebelum tidur
    B. Sebagai rukun shalat
    C. Sebagai pengganti wudhu
    D. Sebagai dzikir pagi dan petang

  5. Kandungan utama Surah Al-Fatihah adalah tentang …
    A. Kisah para nabi
    B. Perintah jihad
    C. Doa dan penghambaan kepada Allah
    D. Tata cara bersuci


✍️ II. Isian Singkat

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!

  1. Surah Al-Fatihah disebut juga dengan nama lain __________, yang artinya pembuka.

  2. Ayat "Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in" artinya adalah _________________.

  3. Dalam Surah Al-Fatihah, Allah disebut dengan dua sifat utama, yaitu __________ dan __________.

  4. Surah Al-Fatihah diturunkan di kota __________.

  5. Al-Fatihah dibaca dalam setiap rakaat shalat karena termasuk __________ shalat.


7. Kesimpulan 
Pada Kegitan Pembelajaran agama Islam dengan materi   Melafalkan QS Al-fatihah  dari keseluruhan  jumlah 14, murid Keseluruhan sudah memahami materi Cara pelafalan QS Al-fatihab namun ada  beberapa murid yang masih kesulitan dalam menulis Qs-Al-fatihah, Guru akan memberikan penugasna lebih untuk murid yang masih kesulitan dalam menulis ayat al-Qur'an terimakasih khususuntuk murid kelas 1
8. Penutup 

📚 Penutup Kegiatan Pembelajaran QS Al-Fatihah

Alhamdulillah, pembelajaran hari ini tentang QS Al-Fatihah telah selesai kita laksanakan. Melalui kegiatan ini, kalian telah belajar:

  • Membaca Surah Al-Fatihah dengan lafal dan tajwid yang benar,

  • Memahami arti setiap ayat dalam surah tersebut, dan

  • Menggali kandungan nilai-nilai seperti tauhid, doa, penghambaan, dan permohonan petunjuk kepada Allah.

Semoga ilmu yang didapat hari ini dapat menambah keimanan dan menjadi bekal untuk membentuk sikap tawakal, rendah hati, serta selalu bergantung kepada Allah dalam segala urusan.

Untuk mengakhiri pembelajaran, marilah kita tutup dengan membaca hamdalah bersama-sama:
Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin.


Kelas                 : II
Tema                 : Al-Qur'an Kitab ku
Topik                 :  Menghafal Qs An-Nas 
Elemen/CP        : Al-Qur'an Hadits
TP                      : Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah bersambung
ATP                    : Peserta didik  mampu Mengenal  huruf hijaiyah  bersambung 

Metode             : CTL
Alat Peraga      : Pohon Kreasi Qs An-nas 

3. Capaian Pembelajaran 
 Peserta didik dapat mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik

4. Taujuan Pembelajaran 
   1.    Peserta didik mampu Memahami huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung.
    2. Peserta didik mampu Memahami Q.S. an-Nas, dengan benar 
    

5. Materi 

Mari kita memnghahafal Qs An-Na dengan Baik dan benar 


Mari Bersma-sama kita pelajari dengan seksama besrta memahami dengan arti per ayat nya 
setelah anak soleh dan solehah memahami materi di atas kita akan aplikasihakn dengan mengerjakan lembar kerja di bawah ini 


 




Kegitan Pemebeajaran Pada Hari ini mengenai cara melafalkan Qs An-Nasr 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

6. Evalusi
    

📘 A. Pilihan Ganda

1. Surah An-Nas terdiri dari berapa ayat?
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
✅ Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas terdiri dari 6 ayat dan termasuk surah Makkiyah.


2. Apa arti dari “An-Nas”?
A. Jin
B. Manusia
C. Tuhan
D. Perlindungan
✅ Jawaban: 
🔎 Pembahasan: "An-Nas" dalam bahasa Arab berarti "manusia".


3. Surah An-Nas mengajarkan kita untuk memohon perlindungan kepada...
A. Malaikat
B. Nabi
C. Allah
D. Orang saleh
✅ Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah ini mengajarkan kita agar memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan.


4. Siapakah yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia dalam QS An-Nas?
A. Malaikat
B. Nabi
C. Jin dan manusia
D. Allah
✅ Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Ayat terakhir menyebutkan bahwa pembisik itu berasal dari golongan jin dan manusia.


5. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah...
A. Thiwal
B. Makkiyah
C. Madaniyah
D. Mutasyabihat
✅ Jawaban: 
🔎 Pembahasan: Surah An-Nas turun di Makkah, sehingga termasuk surah Makkiyah.


📘 B. Isian Singkat

6. Tuliskan ayat pertama dari Surah An-Nas!
✅ Jawaban: Qul a‘ūdzu birabbin-nās
(قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ)


7. Dalam Surah An-Nas, Allah disebut dengan tiga sifat. Sebutkan!
✅ Jawaban:

  • Rabbin-nās (Tuhan manusia)

  • Malikin-nās (Raja manusia)

  • Ilāhin-nās (Sesembahan manusia)


8. Apa pesan utama dari Surah An-Nas?
✅ Jawaban:

 perlindungan kepada Allah dari kejahatan bisikan setan yang tersembunyi.


9. Siapa yang disebut waswāsil khannās dalam Surah An-Nas?
✅ Jawaban:


10. Surah An-Nas termasuk dalam kelompok surah pendek yang disebut...
✅ Jawaban: 

7. Kesimpulan 


6 penutup 

📚 Penutup Kegiatan Pembelajaran QS An-Nas

Alhamdulillah, pembelajaran kita hari ini tentang QS An-Nas telah berjalan dengan lancar. Dalam pembelajaran ini, kalian telah:

  • Membaca QS An-Nas dengan lafal yang benar dan memperhatikan hukum tajwid,

  • Mengetahui arti dari setiap ayat QS An-Nas,

  • Memahami bahwa surah ini mengajarkan pentingnya memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan, baik yang tampak maupun yang tersembunyi.

Semoga setelah mempelajari QS An-Nas, kita menjadi pribadi yang selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala bentuk kejahatan dan godaan yang bisa menjerumuskan kita ke dalam kesesatan. Jadikan QS An-Nas sebagai doa perlindungan dalam setiap langkah hidup kita.


0 comments:

Post a Comment