Tuesday, May 6, 2025

Pembelajaran kelas 4 Hijrah Nai ke madinah

    



Hari/Tanggal 07 Mei  2025
Kelas : 4a
Pembelajaran : Teladan Mulia Asmaulhusna


Pembelajaran 

Muatan Pelajaran: Agama Islam dan BP

2. Apersesi

baik anak soleh dan solehah   pada pertemuan Hari ini  pesrta didik mampu memahami Al-Quddus As-Salam Al-Malik sebagai pemahaman dalam asmaul husna 


3. Capaian Pembelajaran 

            Pada akhir fase B,  Akidah Peserta Didik  mampu memahami sifat-sifat bagi Allah. beberapa Asmaulhusna, mengenal kitab-kitab Allah, para nabi rasul Allah yang wajib diimani.

4. Tujuan Pembelajaran

            Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat



1. Pesrta didik dapat menjelaskan arti asmaulhusna Al-Malik

2. Peserta didik dapat membuat karya berupa Kaligrafi Asmaulhusna Al-Malik


5. Materi 


Nabi Muhammad Saw. Tiba di Madinah







Beliau  disambut dengan sangat meriah di jalan atau dari atas rumah-rumah. Masyarakat, di antaranya juga para wanita yang mengelu--elukan beliau dengan syair-syair pujian yang mengharuskan. salah satunya yang sangat terkenal, yaitu:

C. Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw.

6. Evalusi 

Setelah anak soleh dan solehah mempelajari materi di atas mari kita  membuat kresi tentang as-maul husna As-salam

Apa alasan utama Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah?

A. Untuk berdagang dengan suku Aus dan Khazraj
B. Karena diundang oleh penduduk Madinah dan menghadapi tekanan dari kaum Quraisy
C. Untuk mencari tempat tinggal yang lebih nyaman
D. Karena ingin menyebarkan Islam ke negara lain

Jawaban: 


2. Soal Isian Singkat

Soal:
Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah menandai awal dari penanggalan dalam kalender ______.

Jawaban: 


3. Soal Essay

Soal:
Jelaskan peran kaum Anshar dalam peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah!

Contoh Jawaban:
Kaum Anshar merupakan penduduk asli Madinah yang menyambut Nabi Muhammad SAW dan kaum Muhajirin dengan sangat baik. Mereka memberikan tempat tinggal, makanan, dan bahkan membagi harta mereka untuk membantu para pendatang dari Makkah. Sikap solidaritas dan persaudaraan ini menjadi contoh ukhuwah Islamiyah yang luar biasa dalam sejarah Islam.

5. Kesimpulan. 


6. Penutup

demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat di pahami. baik anak soleh dan solehah pada pertemuan selanjutnya kita akan Hijrah nabi ke madinah 

 
waasalamualikum wr wb

0 comments:

Post a Comment