Monday, January 15, 2024

pembelajaran kelas 6 QS Al-Maidah



Hari/Tanggal : Selasa, 16 Januari 2024
Kelas : 6a
Tema : Indahnya Saling Membantu
Sub Tema : Memamhami Qs Al-Maidah 

Pembelajaran 6
Muatan Pelajaran: Agama Islam dan BP
 
Konmpetensi Dasar

 3.2       memahami makna QS  Al-Maidah / 5 :2-3 

  1. Tujuan Pembelajaran

            Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat

v  Peserta didik dapat:

Peserta  didik dapat memahami QS surat Al maidah Dengan baik dan benar. 


2. Apersesi

Baik anak soleh dan solehah masing ingat pembelajaran pada pertemua sebelumnya kita sudah belajar  makna hari akhir pada pertemuan gari ini kita akan belajar Indahnya Saling Membantu
Sub Tema : Memahami Qs Syrat Al-Maidah


3. Materi 

Saling membantu dalam hal kebaikan adalah salah satu ajaran mulia Agama Islam. Hidup saling membantu dan rukun sungguhlah indah. Pada pembelajaran PAI/BP pelajaran 6 ini kita akan belajar tentang Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun.

Kerjasama saling membantu di sekolah bisa dilakukan dalam menjaga kebersihan kelas. Bergotong royong membersihkan kelas dan lingkungan sekolah juga contoh saling membantu dalam hal kebaikan. Lingkungan sekolah jadi indah dan sehat.

Sebagai anak, kita juga harus dengan ikhlas membantu pekerjaan di rumah, seperti membantu menjamur pakaian, membantu mencuci piring, menyapu halaman dan banyak lainnya. Saling membantu di rumah akan membuat kehidupan kita menjadi lebih indah.

Membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2-3

  1. Membaca kalimat bahasa dari arah sebelah kanan ke kiri. Membaca ayat-ayat al-Qur’an harus dengan lafal dan makhraj yang benar.
  2. Cermati cara pengucapan bapak atau ibu guru dalam melafalkan ayat-ayat al-Qur’an.
  3. Membaca ayat-ayat al-Qur’an harus dengan tartil.
  4. Bacalah berulang-ulang secara individu dan disimak oleh teman atau saudara sampai lancar.

 setelah anak soleh dan solehah memahami penjelas di atas mari kita pelajari dalan ta nda membaca dalam  cuplikan link dibawah ini 


Kandungan Surat al-Maidah ayat 2

Al-Qur’an Surat al-Maidah ayat 2 ini berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi, jika ada teman kita yang mengajak ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama atau şalat berjamaah, kita harus mendukungnya.

Kandungan Surat al-Maidah ayat 3

Dalam Q.S. Surat al-Maidah ayat 3 ini Allah Swt. mengingatkan umat-Nya agar tidak takut kepada orang-orang kafir, tetapi takutlah hanya kepada Allah Swt.

Segala perintah Allah Swt. harus kita laksanakan, dan segala larangan Allah Swt. harus kita hindari. Jadi, ajaran Islam yang disampaikan Nabi Muhammad saw. harus kita yakini dan amalkan. Karena Allah Swt. telah menyempurnakan sekaligus rida.


4.. Evaluasi 

Evaluasi Materi 

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 6, Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Indahnya Saling Membantu

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 6

Untuk latihan soal PAI kelas 6 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 6

5. Kesimpulan 

Dalam Qs al -Maidah /5:2-3 mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dengan sesama dalam perbuatan baik dan taqwa, dan tidak tolong  menolong dalam perbuatan dosa dan maksiat dan bermusuhan 

6. Penutup

demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat di pahami. baik anak soleh dan solehah pada pertemuan selanjutnya kita akan belajar Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman  Q.S. al-Ma’idah/5:2-3 

 
waasalamualikum wr wb

0 comments:

Post a Comment