Sunday, October 19, 2025

Pembelajaran Senin 20 Oktober 2025

          


Hari/Tgl            : Senin , 20 Oktober 2025

Kelas                 : 1a
Tema                 :  Mengenal Rukun Islam
Topik                 :  Mengerti Rukun Islam
Elemen/CP        : Aqidah 
ATP                    : Memahami rukun Islam, kalimah syahadatain.

Alat Peraga       : Doirama Rukun Islam      

3. Capaian Pembelajaran 
    Murid dapat  mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat.

4. Taujuan Pembelajaran 

1.        Mempercayai rukun Islam;

2.        Menyayangi ayah dan bunda;

3.        Menyebutkan arti rukun Islam dengan benar;

4.        Menyebutkan macam-macam rukun islam dengan benar; 



5. Materi
Materi Rukun Islam adalah lima dasar utama bagi seorang Muslim, yang wajib diyakini dan diamalkan. Kelimanya adalah: Syahadat, pengakuan tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan-Nya; Shalat, pelaksanaan salat lima waktu sehari semalam; Zakat, mengeluarkan sebagian harta kepada yang berhak; Puasa, menahan diri dari makan, minum, dan hal lain yang membatalkan di bulan Ramadan; dan Haji, perjalanan ke Makkah sekali seumur hidup bagi yang mampu. 
6. Evaluasi

A. Pilihan Ganda

(Pilihlah jawaban yang paling tepat!)

  1. Rukun Islam yang pertama adalah …
    a. Shalat
    b. Puasa
    c. Mengucapkan dua kalimat syahadat
    d. Membayar zakat

  2. Kalimat syahadat terdiri dari …
    a. Satu kalimat
    b. Dua kalimat
    c. Tiga kalimat
    d. Empat kalimat

  3. Arti dari kalimat “Asyhadu alla ilaha illallah” adalah …
    a. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah
    b. Aku menyembah selain Allah
    c. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
    d. Aku cinta Islam

  4. Salah satu rukun Islam yang dilaksanakan di bulan Ramadan adalah …
    a. Haji
    b. Shalat
    c. Puasa
    d. Syahadat

  5. Lagu yang bertema syahadatain mengajarkan kita untuk …
    a. Rajin bekerja
    b. Menghafal nama malaikat
    c. Meyakini dan mencintai Allah serta Rasul-Nya
    d. Membaca Al-Qur’an setiap hari


B. Isian Singkat

(Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!)

  1. Kalimat syahadatain terdiri dari syahadat ______ dan syahadat ______.

  2. Arti dari kalimat “wa asyhadu anna muhammadan rasulullah” adalah _______________.

  3. Lagu syahadatain dapat membantu kita untuk ______ dan ______.

  4. Rukun Islam ada sebanyak ______.

  5. Rukun Islam kelima adalah __________.


C. Penugasan Praktik (Keterampilan dan Proyek Kreatif)

1. Menyanyi (Individu atau Kelompok)

Nyanyikan lagu pendek bertema dua kalimat syahadat di depan kelas atau dalam kelompok kecil. Setelah itu, jelaskan arti dari lagu tersebut secara singkat.
✅ Penilaian: Pengucapan, penghayatan makna, dan keberanian tampil.

2. Proyek Menggambar (Kelompok)

Buatlah gambar ilustrasi “jalan kereta dan stasiun” yang menggambarkan lima rukun Islam. Setiap stasiun adalah simbol dari satu rukun Islam.
✅ Contoh:

  • Stasiun 1 = Syahadat

  • Stasiun 2 = Shalat

  • Stasiun 3 = Zakat

  • Stasiun 4 = Puasa

  • Stasiun 5 = Haji

Berikan keterangan dan hiasan yang menarik. Beri judul gambar: “Perjalanan Menuju Islam yang Sempurna”.

✅ Penilaian: Kreativitas, kerja sama, pemahaman makna rukun Islam.






Hari/Tgl            : Senin ,20 Oktober 2025

Kelas                 : 2a
Tema                 :  ayo berprilaku terpuji
Topik                 :  Prilaku terpuji terhadap sesama
Elemen/CP        : Akidah
TP                      : Murid Mampu terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru
ATP                    : Murid mampu terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru
Metode             : Penugasna 
Alat Peraga      : Poster Prilaku terpuji

                                                                   


3. Capaian Pembelajaran 
        
Murid dapat memahami sifat-sifat Allah Swt., Beberapa asmaulhusna, iman kepada Kitab-kitab Allah Swt. dan rasul-rasul Allah Swt

4. Taujuan Pembelajaran 
 Setelah mempelajari materi berikut diharapkan murid mampu 
1 Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa sikap menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut, dan jujur sebagai cerminan dari iman.
2 Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik menunjukkan sikap menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut, dan jujur dengan baik.

5. Materi 

🌟 Materi Perilaku Terpuji

✅ Pengertian Perilaku Terpuji

Perilaku terpuji adalah segala bentuk sikap dan tindakan yang baik, mulia, dan sesuai dengan norma agama, sosial, serta etika yang berlaku di masyarakat.


✨ Contoh-Contoh Perilaku Terpuji

Berikut beberapa perilaku terpuji yang sebaiknya ditanamkan sejak dini:

  1. Jujur
    ➤ Mengatakan yang sebenarnya, tidak berbohong.
    ➤ Contoh: Mengembalikan dompet yang ditemukan kepada pemiliknya.

  2. Amanah (Dapat Dipercaya)
    ➤ Menjaga titipan dan melaksanakan tugas dengan baik.
    ➤ Contoh: Tidak membuka rahasia orang lain yang dipercayakan kepada kita.

  3. Disiplin
    ➤ Melaksanakan tugas sesuai aturan dan waktu.
    ➤ Contoh: Datang ke sekolah tepat waktu.

  4. Tanggung Jawab
    ➤ Menerima dan menyelesaikan tugas dengan penuh kesadaran.
    ➤ Contoh: Mengumpulkan PR sesuai jadwal.

  5. Sopan dan Santun
    ➤ Bertutur kata dan bersikap baik kepada orang lain.
    ➤ Contoh: Mengucapkan salam ketika masuk ruangan.

  6. Rendah Hati
    ➤ Tidak sombong atau membanggakan diri.
    ➤ Contoh: Tidak menyombongkan nilai walaupun mendapatkan yang tertinggi.

  7. Tolong Menolong
    ➤ Membantu orang lain dengan ikhlas.
    ➤ Contoh: Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.

  8. Peduli Sesama
    ➤ Memiliki rasa empati dan solidaritas.
    ➤ Contoh: Memberi bantuan kepada korban bencana.

  9. Sabar
    ➤ Mampu menahan diri saat menghadapi ujian atau kesulitan.
    ➤ Contoh: Tidak marah saat dikritik.

  10. Pemaaf
    ➤ Memaafkan kesalahan orang lain.
    ➤ Contoh: Tidak membalas perbuatan buruk dengan keburukan.


📖 Dalil Tentang Perilaku Terpuji (Agama Islam)

  1. QS. Al-Hujurat: 11-12
    ➤ Melarang mencela dan mengolok-olok orang lain.

  2. QS. Al-Ahzab: 21
    "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu."

  3. Hadis Nabi SAW
    “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Ahmad)


🎯 Manfaat Menanamkan Perilaku Terpuji

  • Disukai oleh Allah dan sesama manusia.

  • Membangun citra diri yang baik.

  • Meningkatkan keharmonisan dalam lingkungan.

  • Membentuk masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera.


6. Evaluasi Pengayaan 

📘 Soal Pengayaan Pilihan Ganda – Perilaku Terpuji (Kelas 2 SD)

1. Ketika teman kita terjatuh saat bermain, kita sebaiknya …
A. menertawakannya
B. membantunya bangun
C. pergi meninggalkannya
D. pura-pura tidak melihat

Kunci: B


2. Siti selalu mengucapkan “tolong” saat meminta bantuan. Perilaku Siti adalah contoh sikap …
A. sombong
B. kasar
C. sopan
D. pemalu

Kunci: C


3. Saat guru sedang menjelaskan di kelas, kita sebaiknya …
A. bermain dengan teman
B. tidur di bangku
C. mendengarkan dengan baik
D. membaca buku lain

Kunci: C


4. Ketika melihat sampah di lantai kelas, kita sebaiknya …
A. memanggil petugas kebersihan
B. membiarkannya saja
C. membuangnya ke tempat sampah
D. menendangnya

Kunci: C


5. Andi selalu meminjam barang milik temannya tanpa izin. Perilaku Andi sebaiknya …
A. diteruskan
B. diacuhkan
C. ditiru
D. diubah

Kunci: D


6. Perilaku terpuji saat bermain bersama teman adalah …
A. memaksakan kehendak sendiri
B. bermain curang agar menang
C. bekerja sama dan bergiliran
D. mengejek teman yang kalah

Kunci: C


7. Saat adik menangis karena mainannya rusak, sikap kita sebaiknya …
A. membiarkannya
B. menyalahkannya
C. menenangkannya dan membantu
D. mengambil mainannya

Kunci: C


8. Setiap pagi Budi menyapa tetangga dengan ramah. Perilaku Budi menunjukkan sikap …
A. cuek
B. ramah dan sopan
C. pemalu
D. sombong

Kunci: B


9. Jika kita bersalah kepada teman, kita harus …
A. pura-pura tidak tahu
B. meminta maaf
C. menyalahkan teman lain
D. marah

Kunci: B


10. Rani selalu mengerjakan tugas sekolah tepat waktu. Sikap Rani menunjukkan …
A. tanggung jawab
B. malas
C. acuh tak acuh
D. ceroboh

Kunci: A

0 comments:

Post a Comment