Hari/Tgl : Selasa , 07 Oktober 2025
1. Menjelaskn pentingnya adab menyesal dan memaafkan
2. mengungkapkan hikmah menyatakan penyesalan dan memaafkan
3. serta menerapkan dan mempraktikakan penyesalan dan memaafkan dalam kehidupan sehari-hari.
- Maaf:Ungkapan penyesalan atas kesalahan yang telah dibuat.
- Memaafkan:Tindakan melepaskan rasa dendam dan sakit hati secara ikhlas kepada orang yang telah berbuat salah.
- Menunjukkan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan.
- Mengakui kesalahan dan berupaya memperbaiki hubungan yang rusak.
- Mendapatkan kebaikan dari Allah SWT dan meneladani Rasulullah SAW.
- Meminta Maaf:
- Mengakui kesalahan secara jujur.
- Menyesali perbuatan yang telah dilakukan.
- Menggunakan kata-kata yang baik.
- Memberi Maaf:
- Melakukannya dengan ikhlas karena Allah SWT.
- Mampu meredam amarah dan mengendalikan diri.
- Tidak menyimpan dendam atau keinginan membalas.
- Mampu meredam amarah.
- Berusaha memaafkan karena ada kepentingan tertentu (misalnya meraih rida Allah).
- Memiliki hati yang lapang dan tidak menyimpan rasa dendam.
- Meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW.
- Bagi Diri Sendiri:
- Mendapatkan ketenangan hati dan terhindar dari stres dan amarah.
- Menghapus rasa bersalah dan beban emosional.
- Mempererat persaudaraan dan hubungan dengan orang lain.
- Bagi Orang Lain:
- Menciptakan lingkungan yang lebih baik dan damai.
- Mendorong orang lain untuk juga bersikap pemaaf.
- Hikmah dari Allah SWT:
- Mendapatkan pahala besar, bahkan melebihi pahala sedekah.
- Dimuliakan dan mendapatkan rida Allah SWT.
- Meneladani sifat Allah yang Maha Pemaaf.
- 6. Evaluasi
A. Pilihan Ganda (PG)
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Arti dari kata "Al-‘Afwu" dalam bahasa Arab adalah …
a. Keadilan
b. Ampunan
c. Kebenaran
d. KetakwaanSifat Allah yang menunjukkan bahwa Allah Maha Pemaaf adalah …
a. Al-‘Adl
b. Al-Ghaffar
c. Al-‘Afwu
d. Al-HakimBerikut ini adalah contoh perilaku yang mencerminkan sifat Al-‘Afwu, kecuali …
a. Memaafkan teman yang bersalah
b. Membalas perbuatan buruk dengan keburukan
c. Menghindari permusuhan
d. Tidak menyimpan dendamDalam Al-Qur’an, perintah untuk memaafkan orang lain dapat ditemukan dalam Surah …
a. Al-Falaq
b. Al-Baqarah
c. An-Nur ayat 22
d. Al-Ma’unManfaat dari saling memaafkan dalam kehidupan sehari-hari adalah …
a. Menimbulkan permusuhan
b. Membuat hati gelisah
c. Menjaga persaudaraan dan kedamaian
d. Menambah musuh
B. Isian Singkat
Al-‘Afwu adalah sifat Allah yang artinya ________.
Contoh sikap memaafkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ________.
Saling memaafkan dapat menghilangkan rasa ________ dan ________ dalam hati.
Memaafkan adalah perbuatan yang mulia dan sangat dianjurkan oleh ________.
Dalam Islam, memaafkan lebih utama daripada ________
Hari/Tgl : Selasa, 07 Oktober 2025
Kelas : 4aTema : Indahnya KeberagamanTopik : saling menghargaiElemen/CP : AkhlakATP : Murid mampu mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tangntangan yang bis amuncul dari kergaman di indonesiaMetode : PblAlat Peraga : Ponter Mengenal berbagai macan agama di indonesia3. Capaian PembelajaranMurid mampu mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tangntangan yang bis amuncul dari kergaman di indonesia peserta didik memahami arti ideologi dsederhana dan pandangan hidup dan memahami penting menjadi kesatuan atas keberagaman4. Taujuan PembelajaranMemahami Peran Manusia Menjadi Lingkungan5. MateriMateri tentang keberagaman agama mencakup pengertiannya sebagai ragam agama yang hidup berdampingan di suatu wilayah, sejarah masuknya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu ke Indonesia, perannya dalam kehidupan masyarakat, serta pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan di tengah perbedaan keyakinan tersebut.1. Pengertian Keberagaman AgamaKeberagaman agama adalah kondisi di mana masyarakat tidak hanya menganut satu agama saja, tetapi memiliki berbagai agama berbeda yang hidup berdampingan dalam satu wilayah atau negara.2. Agama-Agama yang Ada di IndonesiaIndonesia mengakui enam agama resmi, yaitu:- Islam: Mayoritas penduduk Indonesia, dibawa oleh pedagang Arab dan Persia sejak abad ke-7 atau 8.
- Kristen: Diperkirakan masuk pada abad ke-16 melalui bangsa Eropa.
- Katolik: Dibawa oleh misionaris Portugis dan Spanyol, juga pada abad ke-16.
- Hindu: Masuk melalui pedagang India dan Tiongkok pada awal abad ke-4, ditandai dengan berdirinya Kerajaan Kutai dan Tarumanegara.
- Buddha: Masuk dari India pada abad ke-8 dan berkembang dari ajaran Tripitaka.
- Konghucu: Berasal dari ajaran Konfusius, juga masuk dan berkembang di Indonesia.
6. EvaluasiSuku, ras, dan etnis
Agama dan kepercayaan
Jenis kelamin dan identitas gender
Orientasi seksual
Status sosial ekonomi
Disabilitas
Usia
Pandangan politik atau ideologi
Tujuan Evaluasi Keberagaman
Mengidentifikasi ketimpangan atau diskriminasi yang terjadi secara sistematis maupun kultural.
Mengukur inklusivitas lingkungan — apakah semua kelompok merasa diterima dan dihargai.
Menilai efektivitas kebijakan keberagaman yang telah diterapkan.
Membuat rencana aksi atau strategi peningkatan keberagaman dan inklusi.
Contoh Aspek yang Dievaluasi
Aspek Contoh Pertanyaan Evaluasi Rekrutmen dan Kepegawaian Apakah proses rekrutmen memperhatikan representasi dari kelompok minoritas? Budaya Organisasi Apakah ada budaya kerja yang inklusif bagi semua latar belakang? Kebijakan dan Prosedur Apakah tersedia kebijakan anti-diskriminasi dan pelecehan? Pendidikan dan Pelatihan Apakah tersedia pelatihan keberagaman dan inklusi bagi staf atau anggota? Partisipasi dan Representasi Apakah kelompok minoritas mendapat kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan?
0 comments:
Post a Comment