Hari/Tanggal : Rabu,11 0ktober 2023
Kelas : 5b
Tema : Rukun Shalat
Sub Tema : Tatacara Shalat
Pembelajaran 2
Muatan Pelajaran: Agama Islam dan BP
Konmpetensi Dasar
1.4 Terbiasa melaksanakan sholat
dengan tertib
3.4 Mengenal tata cara gerakan
Sholat
4.4 Mempraktikkan tata cara
gerakan shalat
Indikator
1.4.1 Membiasakan sholat dengan tertib
2.4.1 menampilkan prilaku disiplin sebagai
implementasi pemahaman tata cara gerak
sholat.
3.4.1 menjelaskan Pengertian Sholat.
3.4.2 menyebutkan Rukun sholat,
3.4.3 memasangkan gerakan Rukun Sholat
4.4.1 Mempraktekan gerakan rukun sholat
1. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
1. Melalui kegiatan pembelajaran pendekatan saintik model pembelajaran
based learning peserta didik terbiasa melaksanakan sholat dengan tertib.
2. Melalui kegiatan pembelajaran pendekatan saintik model pembelajaran
based learning peserta didik mampu menampilkan prilaku disiplin sebagai
implementasi pemahaman tata cara gerakan sholat.
3. Melalui kegiatan pembelajaran pendekatan saintik model pembelajaran
based learning peserta didik mampu menjelasakn pengertian sholat dengan
benar.
4. Melalui kegiatan pembelajaran pendekatan saintik model pembelajaran
based learning peserta didik mampu menyebutkan rukun sholat dengan
benar
5. Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi pendekatan saintifik
model pembelajaran based learning peserta didik mampu memasangkan
urutan Rukun sholat dengan benar
6. Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode demonstrasi pendekatan
saintifik model pembelajaran basid learning peserta didik mampu
Memparktekan gerakan rukun sholat dengan benar.
2. Apersesi
baik anak soleh dan solehah pada pertemuan Hari ini kita akah belajar Tayamum sebelumnya anak soleh dan solehah belajar pengertian tayamun dan sekarang akan belajar tentang Rukun Shalat
3. Materi
Pemaaparan Video Tatacara Shalat
4.. Evaluasi
Evaluasi Materi
Soal 1. Air kencing bayi laki-laki umurnya kurang dari dua tahun termasuk najis…….
a. mutawassitah
b. mukhoffafah
c. mugallazah
d. a dan c. benar
Jawabannya: b
Soal 2. Jika kita berhadas besar cara membersihkannya melakukan……
b. mandi
b. berwudu
c. Tayamum
d. cuci tangan
Jawabannya: b
Soal 3. Tayamum dilakukan jika dalam keadaan…….
a. sehat
b. takut
c. sakit
d. puasa
Di sini ada tambahan pertanyaan untuk Adik-adik kelas 5. Jika kaliaan sudah belajar pasti bisa menjawab pertanyaan ini sengan mudah.
B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
1. Tayamum adalah bersuci dengan menggunakan ………
2. Jika tidak ada air, sebagai pengganti dari wudu dapat melakukan dengan cara ……..
3. Sebutkan 3 macam najis yaitu .......
4. Jelaskan cara tayamum ...........
5. Ada dua jenis hadas yaitu ....
6. Jika terkena najis ringan dari air kencing bayi laki-laki umurnya kurang dari dua tahun cukup membersihkannya dengan cara …….
7. Bersuci disebut juga ……..
8. Anjing dan babi tergolong najis ……….
9. Bersuci dengan air ketika hendak shalat disebut ………
10. Tulis dengan huruf arab do’a setelah wudu …………
5. Kesimpulan
Dengan mempelajari materi di atas bahwaay Tammum adalah mengusapkan debu ke muka dan kedua tangan sampai sikut dengan rukun dan syarat tertentu. Tayammum adalah pengganti wudhu dan mandi sebagai rukhsoh (keringanan) untuk orang yang tidak dapat menggunakan air
6. Penutup
demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat di pahami. baik anak soleh dan solehah pada pertemuan selanjutnya kita akan belajar Tatacara Tayamum
waasalamualikum wr wb
0 comments:
Post a Comment