A.   Materi Pembelajaran

Sikap tanggung jawab, perilaku ikhlas.

Pengertian Ikhlas

Ikhlas adalah ruh dari suatu amal perbuatan. Apabila amal perbuatan yang kita lakukan tidak disertai dengan rasa ikhlas, maka hal itu bagaikan jasad sebuah tubuh yang tidak memiliki ruh. Seperti halnya hikmah yang disampaikan oleh Ibnu Athaillah As-Sakandari.

الأعمال صور قائمة وأرواحها وجود سر الإخلاص فيها

Tak hanya itu saja, akhlakul karimah yang berupa ikhlas adalah buah dari Ihsan yaitu suatu keyakinan seseorang bahwa yang kita lakukan diketahui dan dilihat oleh Allah SWT.

Jika diartikan secara bahasa, makna Ikhlas memiliki arti membersihkan (jernih, bersih, suci dari pencemaran, suci dari campuran, baik itu berupa materi ataupun tidak). Selain itu, ikhlas juga bisa diartikan secara istilah, dimana artinya adalah membersihkan hati agar menuju kepada Allah SWT saja. Dengan kata lain, dalam melakukan ibadah, hati kita tidak boleh menuju kepada selain Allah SWT.

Contoh Perilaku Ikhlas Dalam Kehidupan Sehari Hari

1. Ikhlas Dalam Beribadah

2. Ikhlas Dalam Beramal

3. Menolong Teman

4. Tidak Pamer

5. Bekerja Dengan Ikhlas

6. Belajar Tanpa Mengeluh

7. Beribadah Karena Tuhan

8. Membantu Tetangga


contoh penugasan 

jawaban : dari gambar di atas jika kita meneladani prilaku iklas dalam kehidupan sehari-hari maka kita bersedekah tidak mengharapkan pujian karena kita berbuat kebaikan hanya karna Allah Swt 

 setelah anak soleh dan solehah memplajari materi di atas mari kita berlatih 
Penugasan 😊👇

Perhatikah gambar-gambar berikut dengan seksama!
1.
2.
3.

tuliskan maksud-maksud dari gambar tersebut !