Sunday, March 29, 2020

ayo melaksanakan solat kelas 1

       

Mata pelajaran : Akidah Ahklak

Kelas                  : 1b

Tanggal.            : 26 Maret 2020

Materi ajar. 

  Shalat  secara  bahasa  berarti  doa. 
 Secara  istilah  salat  adalah  ibadah  yang terdiri  dariperkataan  dan  perbuatan  tertentu, yang  dimulai dengan  takbir, dan  diakhiri dengan salam
 Adapun syarat shalat itu terdiri dua jenis, yaitu: sayarat sah dan syarat wajib
Sunah  `ab`ad  adalah  amalan  sunah  dalam  shalat yang  apabila  terlupakan  harus diganti dengan sujud sahwi. Sedangkan Sunah Hai`at adalah amalan sunah dalam shalat yang apabila terlupakan tidak perlu diganti dengan sujud sahwi. (Pemahaman mengenai sunah dalam salat, dapat disesuaikan dengan keadaan siswa dan guru). Adapun yang Membatalkan Shalat, antara lain:Berbicara dengan sengajaBergerak dengan banyak (3 kali gerakan atau lebih berturut-turut)BerhadatsMeninggalkan salah satu rukun shalat dengan sengajaTerbuka auratnyaMerubah niatMembelakangi kiblatMakan dan minumTertawa, dan Murtad
Tentang rukun shalat dirumuskan menjadi 13 perkara:Niat, Berdiri, bagi yang berkuasa, Takbiratul ihram: membaca "Allahu Akbar", Membaca Surat Fatihah, Ruku' dan thuma'ninah, I'tidal dengan thuma'ninah, Sujud dua kali dengan thuma'ninah, Duduk antara dua sujud dengan thuma'ninah, Duduk untuk tasyahud pertama, Membaca tasyahud akhir, Membaca shalawat atas Nabi, Mengucapkan salam yang pertama, dan Tertib.
Dalam hal bacaan shalat, guru dapat  memberi materi tambahan, atau meminta siswa menghafalkan  bacaan-bacaan salat yang telah siswa pelajari sebelumnya baik di lingkungan keluarga, maupun lembaga pendidikan formal yang pernah ditempuh siswa. (misalnya materi tentang lafaz qunut dalam salat subuh, dapat disesuaikan dengan keadaan siswa).  Sujud sahwi  adalah sujud  yang  dilakukan  karena seseorang  meninggalkan sunah ab`ad,  kekurangan  rakaat  atau  kelebihan  rakaat,  maupun  ragu-ragu  tentang  jumlah rakaat dalam shalat.

Ringkasan Materi
Kita pemeluk agam Islam. Kita taat pada ajaran agama islam. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-nya apakah kewajiban kita sebagai umat Islam?
Kewajiban umat Islam adalah melaksanakan solat. 

A. Memahami dan Melaksanakan Salat
Salat termasyk rukun Islam yang kedua salat yang dimaksud adalah salat wajib. Salat wajib ada 5, maka disebut juga salat lima waktu. 
1. Solat subuh.  2 rakaat.
2. Solat dzuhur. 4 rakaat. 
3. Solat ashar . 4 rakaat. 
4. Solat magrib 3:rakaat. 
5 solat isya. 4 rakaat. 
 Semuanya ada 17 rakaat. 
 Sebelu. Melaksanah solat hendaknya kita bersuci ( apa itu bersuci ). Bersuci adalah menghilangkan Hadas dan najis.
 Bersuci untuk badan, pakaian, dan tempat. Hendaknya mengunakan air.  Bersuci dari Hadas dan najis. Dengan mengunakan air itu di namakan berwudu. 

Salat bisa dilakukan sendiri. Bisa juga salat bersema-sama salat bersama-sama  disebut salat berjamaah. Salat sendiri dinamakan salat munfarid. Salat menyembah kepada Allah SWT. Gerakan solat sudah ada ketentuannya. Sehingga salat tidak boleh sembarangan.
Tugas anak Soleh Solehah di rumah

0 comments:

Post a Comment