Monday, July 29, 2019

Materi Ajar Pendidikan Agama Islam


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER             : II/SATU
TAHUN PELAJARAN           :2019/2020
ALOKASI WAKTU                : PERTEMUAN KE 1
TANGGAL                             : 22-26 juli 2019

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amīn.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw.
memiliki sifat jujur.
Beliau dikenal sebagai
pedagang yang jujur, juga sebagai
pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita
selalu bersikap jujur.
Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri,
kepada orang tua, guru, dan semua orang.

1)      Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2)       Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah  diamatinya.  Apabila  peserta  didik  mengalami  kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya.
3)      Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4)      Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5)      Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6)      Proses  mendapatkan  tanggapan  dan  jawaban  atau  pelaksanaan
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
7)      Peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
8)      Selanjutnya  guru  memberi  penjelasan  tentang  maksud  gambar: Siswa-siswa yang sedang bermain menemukan uang di halaman sekolah.  Penemuan  uang  tersebut  dilaporkan  kepada guru. Kemudian  guru  mengumumkan  siapakah  yang  merasa  telah kehilangan uang.
9)      Peserta  didik  menyimak  penjelasan  guru  tentang  kisah  singkat
keteladanan Nabi Muhammad saw. terkait sikap jujur.
10)  Dari  hasil  menyimak  kisah  tersebut,  peserta  didik  diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
11)  Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhammad saw., sikap/perilaku jujur dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
12)  Menyampaikan  hasil  diskusi  baik  secara  individu  maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13)  Selanjutnya ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14)  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15)  Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16)  Pada rubrik   “Ayo Kerjakan”
a) Peserta didik secara sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok  mengamati  dan  menceritakan  gambar tersebut
b)  Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menilai diri sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi bahan pengecekan baik oleh guru atau orang tua (rubrik interaksi guru dan orangtua).


0 comments:

Post a Comment