MATERI
AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
ALOKASI WAKTU :
PERTEMUAN KE 1
TANGGAL : 22-26 juli 2019
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Sebelum
memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku
siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang
sesuai dengan tema pelajaran.
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh
umat manusia.
Nabi
Muhammad saw. terkenal jujur
dalam
setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan
kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amīn.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw.
memiliki
sifat jujur.
Beliau dikenal
sebagai
pedagang
yang jujur, juga sebagai
pemimpin
yang jujur.
Nabi Muhammad saw.
menyuruh kita
selalu bersikap jujur.
Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri,
kepada orang tua, guru, dan semua orang. |
1)
Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi
berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2) Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanya tentang hal yang telah diamatinya.
Apabila peserta didik
mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus)
agar mereka mencari tahu dengan
cara menanya.
3)
Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau
siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4)
Pertanyaan peserta didik diinventarisir
guru.
5)
Selanjutnya secara individu maupun
berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa
pertanyaan.
6)
Proses
mendapatkan tanggapan dan
jawaban atau pelaksanaan
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
7) Peserta
didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
8) Selanjutnya guru
memberi penjelasan tentang
maksud gambar: Siswa-siswa yang sedang bermain menemukan
uang di halaman sekolah.
Penemuan uang tersebut
dilaporkan kepada guru. Kemudian
guru mengumumkan siapakah
yang merasa telah kehilangan uang.
9) Peserta didik
menyimak penjelasan guru
tentang kisah singkat
keteladanan Nabi Muhammad saw. terkait sikap jujur.
10) Dari hasil
menyimak kisah tersebut,
peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik
secara individu maupun secara berkelompok.
11) Peserta
didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi
Muhammad saw., sikap/perilaku
jujur dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
12) Menyampaikan hasil
diskusi baik secara
individu maupun perwakilan
kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13) Selanjutnya
ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14) Pada
rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan
“aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris
lagu tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16) Pada
rubrik “Ayo Kerjakan”
a) Peserta didik secara
sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok mengamati
dan menceritakan gambar tersebut
b) Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17)
Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrik ini bertujuan
untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menilai diri
sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi bahan pengecekan baik
oleh guru atau orang tua (rubrik interaksi guru dan orangtua).
|
0 comments:
Post a Comment